Tinggalkan casing kuno yang hanya berbentuk persegi panjang polos tanpa makna. Pahami lebih lanjut tentang casing komputer di sini!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Daftar Harga Casing PC Terbaik 2019

10 Produk Terbaik Harga Toko
Cooler Master Elite 130 Rp 698.000 Blibli
Cooler Master Elite 110 Rp 569.000 Tokopedia
Corsair Carbide 400C Rp 1.300.000 Lazada
Corsair Carbide Air 240 Rp 1.425.000 Dimensi Data
Corsair Carbide SPEC-ALPHA Rp 1.210.000 Bukalapak
Corsair Graphite 380T Rp 2.040.000 Blanja
Corsair Carbide SPEC-02 Rp 1.000.000 Shopee
Corsair Graphite 780T Rp 2.536.216 Amazon
Corsair Carbide 330R Titanium Edition Rp 1.549.000 JD.ID
Corsair Obsidian 750D Airflow Edition Rp 2.699.000 Dimensi Data
Terpopuler
Cooler Master Elite 130

Termurah di Blibli Rp 735.000 Rp 698.000 Kunjungi Toko

Beragam Casing Komputer di iPrice Indonesia

Casing komputer membantu Anda dalam melindungi perangkat bagian dalam CPU agar tidak mendapat gangguan berarti ketika bekerja. Ada lima fungsi utama casing komputer selain melindungi perangkat dalam, yaitu:

  • - Sebagai struktur. Casing merupakan tempat dimana berbagai perangkat terangkai dan tersusun dengan rapi.
  • - Sebagai pelindung. Tanpa adanya casing, perangkat-perangkat seperti motherboard, power supply, kipas CPU dan semacamnya akan lebih rentan kotor dan mudah diganggu oleh hewan atau anak kecil yang dapat berakibat korslet.
  • - Sebagai pendingin. Jika Anda perhatikan, setiap casing komputer memiliki semacam ventilasi yang sejatinya berguna untuk mengeluarkan udara panas dari efek kerja CPU.
  • - Sebagai peredam suara berisik. Komponen komputer terkadang mengeluarkan suara berisik saat mengolah data yang lama atau data yang banyak. Casing akan meredam suara tersebut.
  • - Sebagai tambahan estetika. Casing komputer juga dapat mempercantik perangkat Anda dengan desain-desain yang tidak membosankan.

Hanya saja casing komputer yang digunakan pada perangkat CPU di rumah atau di kantor biasanya cuma berupa kotak hitam polos. Cenderung tidak menarik. Sebetulnya Anda dapat mengganti casing lama komputer dengan desain baru yang lebih indah secara estetika. Ada banyak desain casing yang dapat Anda temukan di toko-toko komputer maupun toko elektronik online. Di iPrice Indonesia pun Anda dapat menemukan berbagai bentuk casing yang didesain tidak monoton.

Pemilihan casing juga dipengaruhi oleh tujuan pemakaian komputer. Apakah Anda menggunakan komputer hanya untuk bekerja dengan fitur Microsoft Office? Maka akan wajar bila Anda memilih bentuk casing yang biasa-biasa saja untuk membungkus CPU komputer Anda. Namun bila Anda adalah seorang desainer grafis, maniak game, editor video dan semacamnya, maka selain membutuhkan spesifikasi komputer yang canggih, Anda juga harus mempertimbangkan casing yang dapat mendukung performa tinggi CPU. Biasanya, casing untuk pekerjaan komputer kelas berat ini memiliki fitur yang lebih memanjakan CPU. Ada casing yang menyediakan kipas ekstra dan ada casing yang memiliki indikator untuk mengetahui temperatur panas pada CPU. Ada pula casing yang menyediakan port USB dengan kecepatan tinggi sehingga bisa memindahkan data dalam sekejap.

Mengenal Beragam Jenis Casing Komputer

Casing yang beredar di pasaran kini ada banyak macamnya, tergantung pada keberadaan fitur yang diberikannya. Tapi secara umum, Anda dapat membedakan empat jenis casing bila melihat desainnya. Pertama, ada casing yang berjenis desktop. Casing ini biasanya berbentuk kotak yang berukuran lebar maksimal 40 cm dan panjang maksimal 60 cm. Biasanya casing tipe ini diletakkan langsung di bawah monitor. Ibaratnya, casing ini menjadi alas dari desktop. Meski ada yang menyebut desain casing seperti ini sudah jadul, tapi banyak yang masih menggunakannya karena cukup efisien dan tidak memakan banyak tempat.

Yang kedua yakni casing menyerupai tower. Casing ini biasanya berbentuk kotak persegi panjang dan ditaruh terpisah dari komputer. Casing seperti ini banyak digunakan pengguna komputer rumahan, kantor dan warnet. Yang ketiga adalah casing game. Casing bertipe ini biasanya berbentuk paling nyeleneh karena memiliki banyak fitur dan slot hardware. Ukurannya juga lebih besar dibandingkan casing tower dan casing desktop. Yang ke empat, ada tipe casing mini ITX. Casing ini mulai dikenalkan pada industri komputer pada tahun 2012. Belakangan sangat populer dipakai pengguna komputer karena ukurannya yang kecil dan memiliki beban ringan.