Pencatu daya atau biasa disebut power supply unit ini merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. Simak artikel ini untuk mengetahui mengapa kamu memerlukan alat ini!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Daftar Harga Power Supply Terbaik 2020

10 Produk Terbaik Harga Toko
Corsair HX750 Rp 2.142.000 Tokopedia
Corsair RM650x Rp 1.705.000 Shopee
Corsair HX850 Rp 2.395.000 Tokopedia
Cooler Master V1000 Rp 1.800.000 Lazada
Corsair AX860i Rp 3.395.000 Shopee
Cooler Master V850 Rp 1.736.000 Shopee
EVGA 750 GQ Rp 1.840.000 Shopee
EVGA 500B Bronze Power Supply Rp 750.000 Shopee
Cooler Master V1200 Rp 2.700.000 Tokopedia
Corsair RM650i Rp 1.850.000 Tokopedia
Terpopuler
Corsair HX750

Termurah di Tokopedia Rp 2.142.000 Kunjungi Toko

Inilah Alasan Mengapa Kamu Butuh Power Suppy Unit untuk Komputermu

Power Supply Unit (PSU) atau bisa disebut alat pencatu daya berfungsi untuk mengubah tegangan listrik agar bisa digunakan oleh komputer. Besarnya listrik yang mampu ditangani pencatu daya ditentukan oleh daya yang dihitung dengan satuan watt. Komponen power supply kadang hanya dijadikan komponen pelengkap saja tanpa memperhatikan kegunaan dari pencatu daya itu sendiri. Padahal jika dilihat dari fungsinya, alat pencatu daya memiliki peranan dan fungsi yang sangat vital. Kalau ibarat tubuh, alat pencatu daya merupakan jantungnya. Semua daya dan tenaga yang dibutuhkan oleh semua perangkat komputer disuplai atau diberikan oleh perangkat alat pencatu daya ini. Jika salah sekali jika Anda berpikir kalau alat pencatu daya ini tidak penting dan asal-asalan membeli. Jika Anda salah menentukan alat pencatu daya, akibatnya komponen di dalam komputer akan cepat rusak dan tidak awet.

Pada dasarnya fungsi utama dari alat pencatu daya ini adalah mengubah aliran listrik arus bolak-balik (AC) yang tersedia dari aliran listrik PLN menjadi arus listrik searah (DC) yang dibutuhkan oleh komponen pada komputer. Pencatu daya termasuk dari bagian power conversion. Dengan mengkonversi input listrik AC menjadi DC, alat pencatu daya memberikan arus listrik atau tegangan arus DC sesuai yang dibutuhkan. Alat pencatu daya juga dapat menghasilkan arus listrik DC yang lebih merata, dapat mengendalikan arus listrik atau tegangan agar tetap terjaga dan perubahan kenaikan temperatur dan perubahan tegangan daya input.

Pencatu daya merupakan komponen yang sangat penting karena fungsinya yang sangat krusial yaitu mengubah arus listrik yang ada di rumah Anda menjadi arus listrik yang lebih kecil dan menyuplai komponen-komponen lainnya yang ada di dalam CPU seperti harddisk, motherboard, dan lain-lain. Jika Anda memiliki banyak piranti lain yang terhubung ke komputer, maka Anda membutuhkan power supply yang lebih bertenaga. Komponen lain misalnya kartu grafis berukuran besar, jumlah harddisk dan cd-room yang lebih dari satu.

Cara Memilih Power Supply yang Bagus untuk Komputer

Sekarang Anda sudah mengetahui kan betapa pentingnya komponen pencatu daya terhadap komputer Anda? Berikut beberapa tips dalam memilih alat pencatu daya yang bagus untuk komputer:

  • Ada harga ada kualitas

Tentu hal ini merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Biasanya pencatu daya yang berkualitas memiliki harga yang lebih mahal dibanding pencatu daya biasa. Harga dari pencatu daya yang berkualitas umumnya rentang Rp. 500.000 hingga Rp. 2.000.000. Untuk daya yang lebih besar, dipastikan harganya lebih mahal lagi. Harga mahal ini merupakan kompensasi dari komponen pencatu daya yang berkualitas bagus dan lebih tahan lama.

  • Bobot pencatu daya lebih berat

Secara fisik, bobot pencatu daya yang berkualitas baik memiliki bobot yang lebih berat dibanding pencatu daya biasa. Hal ini disebabkan karena alat pencatu daya yang bagus menggunakan bahan-bahan pilihan, misalnya kabelnya menggunakan serat tembaga yang lebih tebal, memiliki kapasitor yang lebih banyak dan lilitan kabel pada kumpangannya pun lebih banyak. Selain itu, alat pencatu daya yang baik biasanya menggunakan kabel berlapis yang sering disebut dengan cable sleeving.

  • Memiliki UL number

Nomor UL merupakan tanda keabsahan produsen alat pencatu daya. Dengan mengetahui identitas produsen atau pabrik dari alat pencatu daya tersebut membuat kita dapat mengetahui apakah kualifikasi produknya telah bersertifikasi internasional. Nomor UL ini dapat dicek secara online.

Ragam Produk Pencatu Daya di Iprice Indonesia

Anda dapat memilih dan membeli alat pencatu daya sesuai kebutuhan Anda di iPrice Indonesia. Berikut beberapa produk yang tersedia:

  1. Corsair RM650x
  2. EVGA 430W
  3. Cooler Master V1000

Dapatkan produk pencatu daya impianmu dengan harga termurah di iPrice Indonesia. Pencatu daya yang tersedia terdiri dalam berbagai macam warna seperti hitam, putih, gold, dan biru.

NEW