Bagi Anda yang membuka usaha servis untuk rumah dan lainnya, dapatkan aneka peralatan servis Lakoni di iPrice Indonesia! Klik artikel ini untuk mendapat tips merawat AC rumah.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Tips Agar AC Rumah Selalu Dingin

Sekarang ini, hampir sebagian besar orang tidak bisa hidup tanpa AC, apalagi yang tinggal di kota-kota besar. Dimana-mana pasti ada AC. Ketika memilih alat transportasi mau yang ber-AC, pergi ke mal dan restoran juga ber-AC, kampus, sekolah dan kantor pun ber-AC. Memang benar, orang Indonesia paling takut panas, termasuk panas mahatari karena membuat kulit menjadi hitam! Oleh karena inilah banyak orang Indonesia yang memasang AC di rumah. Tidak cukup memasang AC di kamar tidur, banyak juga orang yang memasang AC di ruang keluarga. Dalam satu rumah bisa terdapat 2-4 buah AC! Wah, banyak sekali, ya? Dingin seperti rumah igloo, dong? Hehe! Eits, memiliki AC di rumah bukan berarti rumah akan senantiasa dingin. Bagaimana jika AC di rumah tiba-tiba tidak berfungsi atau tidak dingin? Apakah Anda pernah mengalami AC mengeluarkan udara yang panas, padahal seharusnya dingin? Jika iya, waktunya memanggil tukang servis AC.

Agar AC rumah dapat berjalan dengan baik sepanjang tahun, Anda harus memanggil tukang servis AC untuk melakukan pengecekan secara rutin. Misalnya, dua kali setahun. Dengan begini tukang servis akan mengetahui apakah ada bagian yang rusak atau harus diganti Freon-nya dan sebagainya. Nah, sebelum AC di rumah Anda rusak, yuk, ketahui dulu tips agar AC rumah selalu dingin!

Ketahui Ukuran PK AC
Hal ini tidak banyak diketahui orang awam. Biasanya, ketika memilih AC, orang akan melihat merek dan berbagai fitur canggih yang ditawarkan oleh AC tersebut. Misalnya, dapat mendinginkan ruangan dengan cepat, dapat mengeluarkan ion, hemat listrik dan lain-lain. Saat memilih AC untuk di rumah, hal pertama yang harus Anda laukan adalah mengetahui ukuran PK alias PaardeKracht AC rumah Anda. Nah, ukuran PK AC inilah yang nantinya akan disesuaikan dengan ukuran ruangan di rumah Anda. Mengapa? Jika ukuran PK AC lebih besar jauh daripada ukuran ruangan, maka ruangan akan trasa terlalu dingin. Sama halnya jika PK AC terlalu kecil berbanding ukuran ruangan di rumah, maka AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan sehingga lama-lama menjadi rusak.
Pastikan Ruangan Tertutup Rapat
Ada sebagian orang yang menganggap kalau membuka jendela dan menyalakan AC sekaligus maka ruangan akan cepat menjadi dingin. Ada juga yang berpendapat menyalakan AC dan kipas angin secara bersamaan dapat membuat ruangan menjadi lebih dingin. Kedua hal ini salah. Jika membuka jendela, pintu atau lainnya tentu saja ruangan tidak akan menjadi dingin dan AC harus bekerja lebih keras. Sementara itu, jika menyalakan AC dan kipas angina secara bersamaan, yang terasa hanyalah angina dari kipas angin. Setelah kipas angin dimatikan, AC akan bekerja dari awal untuk mendinginkan ruangan. Ini namanya boros listrik!
Matikan AC Sebelum Keluar Rumah
Hal ini sangat penting. Jangan lupa untuk mematikan AC sebelum Anda keluar rumah, walaupun hanya sebentar. Bagaimana jika tiba-tiba ada urusan mendadak dan Anda pergi dari pagi sampai malam? Mesin AC akan bekerja terus-menerus, deh! Nah, maka dari itu selalu matikan AC sebelum keluar rumah agar menghemat energi dan menghemat biaya listrik.
Hemat dengan Fitur Timer
Ada kalanya Anda betah berada di rumah selama berjam-jam. Entah mendesain, bermain game, nonton film seri atau bercinta, bisa saja dilakukan dari pagi hingga malam dengan AC yang selalu menyala. Tahukah Anda bahwa AC sebaiknya dinyalakan maksimal 5 jam? Hal ini agar mesin AC dapat beristirahat dan AC tetap awet. Jika Anda takut kelupaan, gunakan fitur timer pada AC agar dapat mati secara otomatis setelah 5 jam. Dengan begini, mesin AC akan tetap terawat.
22 Derajat Celcius - Suhu AC Terbaik
Jika Anda adalah orang yang sangat mudah berkeringat dan merasa panas, hindari mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius! Jika Anda sering melakukan hal ini, mesin AC akan menjadi panas sehingga AC menjadi rusak. Aturlah suhu AC setidaknya 22 derajat celcius. Oh ya, suhu 22 derajat celcius juga merupakan suhu ruangan yang paling oke lho, untuk iklim Indonesia!
Servis AC Secara Rutin
AC harus diservis secara rutin, sama sperti mobil dan motor. Membersihkan bagian dalam AC secara rutin sangat baik agar AC berjalan dengan lancar dan ruangan tetap dingin. Jangan lupa untuk mengecek freon dalam AC secara rutin. Jika freon AC Anda bocor atau berkurang, maka AC akan menjadi kurang dingin. Untuk menjaga agar freon AC dalam kondisi ok, Anda dapat memanggil tukang servis AC setiap 6 bulan sekali. Selain freon AC, cek juga blower yang terletak di luar gedung dan bersihkan secara rutin agar mendapat sirkulasi udara yang segar.

Produk Lakoni Terlaris di iPrice Indonesia

Berikut adalah aneka produk Lakoni yang dijual secara online di iPrice Indonesia dengan harga murah:

Peralatan – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka peralatan Lakoni seperti vacuum cleaner, mesin cuci untuk servis dan peralatan lainnya dengan harga murah. Beberapa pilihan produk peralatan Lakoni yang terlaris adalah Lakoni Jet Cleaner / High Pressure Washer / Cuci Steam DAYTONA 100, Lakoni Falcon 160e Trafo Las MMA Inverter, Lakoni Laguna 70 Jet Cleaner High Pressure Mesin Steam Cuci AC – Hitam dan Lakoni Electric Spray Paint Gun Fantasy 150PS.

Otomotif – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual produk otomotif Lakoni dengan harga murah seperti Lakoni Gojek Imola 150 kompresor Udara Compressor 1.5Pk dan Lakoni Imola 125 Compressor Direct 1 HP.

Segera dapatkan peralatan Lakoni dan produk otomotif Lakoni termurah di iPrice Indonesia! Selamat berbelanja!

NEW