Dapatkan aneka popok dewasa Lifree dengan harga termurah di iPrice Indonesia! Klik artikel ini untuk mengetahui penyebab kebocoran urin.

Diaper Lifree
Kebersihan & Perawatan Tubuh Lifree
_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Mengenal Jenis dan Penyebab Kebocoran Urin Pada Wanita

Tidak banyak wanita yang paham mengenai kebocoran urin. Kebocoran urin berbeda lho, dengan kebiasaan suka buang air kecil. Kebocoran urine juga tidak hanya dialami oleh wanita yang sudah lanjut usia, wanita usia berapapun dapat mengalami kebocoran urin. Sebenarnya, apa itu kebocoran urin? Kebocoran urin adalah ketika tubuh Anda tidak dapat lagi menahan urin yang ingin keluar secara otomatis. Kalau pada wanita normal mereka dapat menahan urin ketika kebelet buang air kecil, jangankan menahan urin, wanita yang mengalami kebocoran urin dapat buang air kecil kapanpun! Gerakan yang menekan perut, walau sedikit apapun dapat membuat urin keluar. Hal ini tentu membuat hidup terasa tidak nyaman, merepotkan dan terkadang membuat malu.

Kebocoran urin disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggul yag berada di bagain bawah panggul. JIka otot dasar panggul seseorang sehat, walaupun ada tekanan pada perut maka struktur otot dasar panggul akan secara otomatis merapatkan lubang kemih sehingga mencegah kebocoran urin. Maka dari itulah wanita dengan otot dasar panggul yang mengendur akan mengalami kebocoran urin.

Jenis-jenis Kebocoran Urin

Kebocoran urin atau inkontinensia urin yang sering dialami oleh wanita terdiri atas dua jenis, yaitu inkontinensia stres dan inkontinensia dorongan. Inkontinensia stres adalah jenis kebocoran urin yang paling umum dialami oleh wanita, dapat terjadi oleh wanita muda maupun lanjut usia. Jenis kebocoran urin ini terjadi ketika perut terkena tekanan meskipun tidak ada rasa ingin buang air kecil, seperti bersin, batuk atau ketika menuruni tangga.

Sementara itu, inkontinensia dorongan adalah jenis kebocoran urin yang biasanya dialami oleh wanita lanjut usia. Wanita yang mengalami jenis kebocoran urin ini tidak dapat menahan urin mereka sehingga bocor di tengah jalan ketika akan ke toilet.

Selain kedua jenis kebocoran urin yang telah kami sebutkan di atas, masih ada juga jenis-jenis kebocoran urin lainnya yaitu inkontinensia luapan dan inkontinensia total. Inkontinensia luapan terjadi ketika kandung kemih penuh dengan tumpukan sisa urin sehingga urin keluar sedikit-sediki namun sering. Wanita yang mengalami inkontinensia luapan juga akan selalu merasa ada sisa urin yang mengganjal walaupun sudah buang air kecil.

Untuk inkontinensia total, kebocoran urin ini sudah parah sehingga penderita akan sering buang air kecil, termasuk malam hari ketika tidur. Nah, bisa dibayangkan bukan, betapa menderitanya wanita yang mengalami kebocoran urin?

Berbagai Penyebab Kebocoran Urin

Berikut adalah berbagai penyebab kebocoran urin berdasarkan jenisnya:

Inkontinensia Dorongan
Penyebab kebocoran urin ini berhubungan dengan otot yang melapisi dinding kandung kemih. Otot-toto tersebut mengalami tekanan secara berlebihan sehingga membuat seseorang sering buang air kecil. Beberapa hal yang menyebabkan inkontinensia dorongan adalah terlalu banyak minum alkohol dan minuman berkafein, konstipasi, infeksi saluran kemih dan kelainan saraf.
Inkontinensia Stres
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebocoran urin ini terjadi ketika terjadi tekanan dalam kandung kemih yang sangat kuat dan tidak mampu ditahan oleh uretra sehingga urin menjadi bocor. Melemahnya uretra wanita dapat disebabkan oleh proses melahirkan, obesitas, Parkinson atau kerusakan uretra akibat operasi.
Inkontinensia Luapan
Penyebab jenis kebocoran kandung kemih ini adalah membesarnya kelenjar prostat, adanya batu pada kandung kemih, konstipasi serta kerusakan saraf.
Inkontinensia Total
Pada kasus kebocoran urin jenis ini, kandung kemih seorang wanita tidak mampu menampung urin sama sekali. Umumnya, kondisi gangguan kandung kemih ini dialami sejak lahir atau pernah cedera pada saraf tulang belakang. Selain itu, jika terdapat lubang diantasa kandung kemih dan vagina maka dapat menyebabkan inkontinensia total.

Selain penyebab-penyebab yang telah disebutkan, ada beberapa kebiasaan yang juga dapat membuat wanita sehat mengidap kebocoran urin. Beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kebocoran urin adalah suka menekan perut kuat-kuat untuk menuntakan buag air kecil dan sering pergi ke toilet meskipun tidak ingin buang air kecil. Selain itu, jika Anda sudah selesai buang air kecil tapi suka mengejan untuk memastikan tidak ada lagi urin yang tersisa, kebiasaan ini dapat menyebabkan kebocoran urin, lho! Sama halnya dengan orang yang suka sembelit dan mengejan di toilet setiap hari.

Oleh karena itu, ketika buang air kecil kendurkan saja otot dasar panggul dan biarkan urin keluar secara alami. Dengan begini, Anda akan terhindari dari kebocoran urin.

Empat Latihan untuk Melatih Kekuatan Otot Dasar Panggul

Apa yang harus dilakukan jika Anda mengidap kebocoran urin? Selain minum obat dan memakai popok dewasa seperti popok Lifree, Anda juga dapat melakukan gerakan latihan yang dapat menguatkan otot dasar panggul seperti:

Posisi Berbaring Telentang – Berbaringlah telentang dengan kedua kaki terbuka selebar bahu, lalu tekuk kedua lutut Anda. Rapatkan anus, saluran kemih dan otot vagina selama lima detik lalu secara perlahan angkat bagian bawah tubuh ke atas selama lima detik. Selanjutnya, rilekskan tubuh. Ulangi gerakan tersebut selama 1 menit sebanyak 10 kali.

Posisi Duduk – Duduklah di lantai dengan punggung bersandar pada dinding lalu tekuk sedikit kedua lutut Anda. Letakkan salah satu telapak tangan pada bagian pangkal paha (dekat selngkangan) lalu gunakan ujung jari utnuk mencari otot dasar panggul Anda. Jika sudah menemukan posisi otot dasar panggul, lakukan langkah yang sama dengan posisi berbaring telentang selama 1 menit sebanyak 10 kali.

Lifree Indonesia, Popok Dewasa Produksi Unicharm

Lifree pertama kali diproduksi oleh Unicharm dan masuk ke Indonesia pada tahun 2008, merupakan satu-satunya popok dewasa sekali pakai bermodel celana di Indonesia. Selain popok dewasa bermodel celana, sekarang sudah ada popok dewasa bermodel perekat, keduanya dijual secara online dengan harga termurah di iPrice Indonesia. Beberapa pilihan popok dewasa Lifree yang terlaris adalah Lifree Lifree Popok Celana Daya Serap Extra Ukuran L - 12 pcs, Lifree Popok Celana Ekstra Serap M 20 dan Lifree Popok Celana Ekstra Serap M 5.

Segera dapatkan popok Lifree yang Anda butuhkan dengan harga termurah di iPrice Indonesia! Selamat berbelanja!

NEW