Segala hal yang berbau glow in the dark atau dapat menyala saat gelap memiliki ketertarikan tersendiri. Toko online Luminous menjual berbagai macam barang glow in the dark seperti jam tangan, sepatu, tas, dekorasi rumah, hingga pakaian. Simak artikel ini untuk informasi lebih lanjut!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Jenis-Jenis Bahan Glow in The Dark

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat benda glow in the dark, lebih baik Anda mengetahui lebih dulu jenis-jenis bahan yang membuat benda dapat menjadi luminous atau glow in the dark. Bahan-bahan tersebut memiliki sifat dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini terdapat tiga jenis bahan yang bisa Anda buat sebagai bahan utama glow in the dark:

Bahan Fosfor

Bahan fosfor umumnya berupa bubuk yang dapat diolah dan dibentuk sesuai selera dengan bahan tertentu. Sifat fosfor adalah menyerap dan menyimpan cahaya dari sumber seperti matahari maupun lampu, setelah itu fosfor akan memberikan reaksi memancarkan cahaya saat keadaan lingkungan menjadi gelap.

Dari hasil laboratorium, bahan fosfor diklaim mampu menyala hingga 18 jam, namun yang dapat dilihat secara kasat mata hanya kurang lebih 5 jam saja, namun dapat bercahaya kembali setelah menyerap cahaya selama tidak tertutup oleh lapisan benda atau partikel berwarna lainnya. Sayangnya bahan fosfor hanya mampu bercahaya selama 1 jam saja di dalam ruangan, bila Anda ingin mendapati durasi waktu yang lama gunakanlah area terbuka seperti di teras atau di taman.

Sinar Ultraviolet

Untuk jenis ini, benda glow in the dark tersebut hanya mampu bersinar bila tersorot sinar ultraviolet. Jenis benda tersebut dapat bercahaya secara terus menerus selama masih tersorot cahaya ultraviolet. Tingkat terang yang dihasilkan tergantung dari seberapa besar cahaya ultraviolet yang diserapnya, selain itu kondisi redup ruangan juga sangat berpengaruh pada kekuatan cahaya yang dihasilkan.

Pada jenis ultraviolet biasanya digunakan untuk acara pesta/glow in the dark party seperti di diskotik atau klub malam. Selain itu jenis bahan glow in the dark ini bisa digunakan untuk materi edukasi serta sebagai dekorasi dan karya seni lainnya.

Reflective

Benda ini merupakan salah satu jenis glow in the dark yang paling banyak digunakan. Sifatnya yaitu dapat bercahaya/bersinar setelah tersorot cahaya maupun infra merah layaknya mata kucing. Umumnya jenis glow in the dark ini diaplikasikan dalam bentuk Scotled, hal ini sangat bermanfaat demi menjaga keselamatan di malam hari, seperti untuk marka jalan yang telah menggunakan jenis bahan ini sebagai penanda pada malam hari.

Cara Membuat Cat Glow in The Dark

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, glow in the dark berarti bersinar dalam gelap, yaitu berupa benda yang terbuat dari bahan yang mengandung partikel yang mampu bercahaya saat lingkungan gelap. Umumnya benda glow in the dark mengandung bahan fosfor yang mampu bercahaya setelah menyerap cahaya dari luar baik dari lampu maupun matahari. Jika Anda membeli bubuk fosfor tersebut, tingkat penerangan benda yang Anda buat bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Berikut ini terdapat langkah-langkah untuk membuat cat glow in the dark di rumah:

Belilah Bubuk Berpendar dalam Gelap

Anda dapat menemukan bubuk berpendar dalam gelap atau bubuk fosfor secara online atau di toko-toko perlengkapan kerajinan tangan dan seni. Bubuk ini tersedia dalam berbagai macam warna dan ukuran partikel. Partikel yang berukuran lebih besar akan berpendar lebih terang, namun juga menghasilkan cat lebih kasar yang akan menciptakan tampilan berbintik-bintik. Partikel yang lebih kecil menghasilkan cat yang lebih halus, tetapi tidak mampu berpendar seterang partikel bubuk yang lebih besar.

Pilihlah Media Cat

Cat ini yang akan Anda campurkan dengan bubuk fosfor. Jika Anda ingin catnya tidak terlihat saat terkena cahaya, pilihlah cat bening, seperti gel akrilik. JIka Anda ingin melihat cat saat terkena cahaya, pilihlah cat akrilik atau tempera dengan warna yang Anda sukai. Pastikan media cat yang Anda punya dapat dicampur dengan bubuk fosfor.

Tempatkan Bubuk Fosfor ke dalam Mangkuk

Anda perlu memasukkan bubuk fosfor ke dalam cat dengan perbandingan 1:5 (atau bubuk berpendar dengan volume sebanyak 20% ke dalam media cat).

Tuangkan Cat ke dalam Mangkuk

Campurkan media cat Anda secara perlahan dengan bubuk di mangkuk Anda. Aduklah campuran dengan berhati-hati. Anda bisa menambahkan lebih banyak cat untuk mendapatkan kekentalan yang lebih ringan. Bubuk fostor memang tidak akan larut di dalam cat, jadi aduk-aduk saja hingga tidak ada lagi gumpalan yang tersisa.

Cat Glow in The Dark Anda Siap Digunakan

Sebagian besar cat glow in the dark harus segera digunakan. Tergantung dari kombinasi bubur atau medianya, campuran yang Anda buat mungkin memiliki ketahanan yang lama atau mungkin juga tidak. Karena itu, pastikan Anda membuat campuran yang Anda dapat gunakan dalam satu jam. Jika Anda ingin menyimpan cat, tuangkan ke dalam wadah yang dapat disegel dan pastikan untuk mengaduknya dengan baik sebelum kembali menggunakannya. Selamat bereksperimen!

Ragam Barang Glow in The Dark dari Luminous di iPrice Indonesia

Luminous menjual berbagai macam barang yang bisa berpendar. Meskipun tidak semua benda bersifat glow in the dark, namun Luminous menyediakan barang yang memiliki lampu LED yang bisa menyala. Contohnya adalah sepatu LED warna-warni yang sangat nyentrik saat digunakan. Anda juga bisa membeli tas yang motif atau gambarnya dapat berpendar dalam gelap. Bagi Anda yang ingin memiliki hiasan dinding glow in the dark, Luminous juga menyediakan ragam wall sticker yang bisa bercahaya saat Anda mematikan lampu. Segera dapatkan ragam benda glow in the dark dari Luminous di iPrice Indonesia. Selamat berbelanja!

NEW