Sepeda anak sangat bervariasi mulai dari model dan peruntukannya, mulai dari sepeda anak roda tiga, pushbike, sepeda BMX anak, dan masih banyak lagi. Harga sepeda anak juga bermacam-macam, bergantung pada material penyusun rangka, jenis model sepeda anak, dan aksesoris yang menyertai.

Jenis sepeda anak

Merk sepeda anak terbaik

Tips memilih sepeda anak

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Daftar Harga Sepeda Anak Terbaik 2020

10 Produk Terbaik Harga Toko
United Aurora Sepeda Anak Rp 1.141.000 Lazada
Family Sparks Sepeda Anak Rp 1.100.000 Lazada
Evergreen Magnesium Sepeda Anak Rp 1.283.000 Shopee
United Joyfull Sepeda Anak Rp 800.000 Tokopedia
United Nexi Blink Sepeda Anak Rp 1.796.900 Lazada
Pacific Ben 10 Sepeda Anak Rp 935.000 Lazada
United Molly Sepeda Anak Rp 1.105.000 Lazada
Element Spiderman Sepeda Anak Rp 900.000 Tokopedia
Genio Sakura Sepeda Anak Rp 585.000 Tokopedia
United Thomas Sepeda Anak Rp 1.082.700 Lazada
Terpopuler
United Aurora Sepeda Anak

Termurah di Lazada Rp 1.141.000 Kunjungi Toko

Berapa harga Sepeda Anak yang Bagus?

Harga sepeda anak yang bagus berkisar pada Rp 1.000.000 ke atas. Lebih detailnya, harga sepeda BMX anak mulai dari Rp 900.000 saja, pushbike dengan rangka ringan dijual dengan harga Rp 1.200.000 ke atas, hingga sepeda anak 12 inci dijual dengan harga mulai Rp 1.000.000 di pasaran.

Apa itu Sepeda Anak?

Sepeda anak adalah sepeda yang khusus dirakit untuk kemampuan motoric anak-anak, mulai dari 18 bulan hingga 6 tahun. Material penyusun, ukuran ban, dan model sepeda anak sangat beragam. Seperti sepeda anak roda 3, sepeda anak roda 4 atau pushbike, BMX anak, hingga sepeda roadbike anak untuk umur tertentu. Harga sepeda anak juga bervariasi sesuai dengan merek, bahan penyusun rangka, model, ukuran ban, aksesoris atau dekorasi, dan juga jenis garansi.


Apa saja jenis sepeda anak berdasarkan usia?

Sepeda anak berfungsi untuk menyalurkan energi anak, melatih rasa percaya diri, serta melatih keterampilan anak. Karena itulah ada berbagai jenis sepeda anak berdasarkan kelompok usia yang harus kamu ketahui :

1. Sepeda Roda Tiga

Untuk anak usia : 18 bulan ke atas

Sepeda roda tiga merupakan sepeda anak yang memiliki tiga roda, pedal, rantai, engkol, rem, dan gir. Sepeda anak ini biasanya digunakan anak yang sudah bisa duduk dengan stabil tanpa sabuk pengaman. Pedal sepeda ini melatih kemampuan kaki anak untuk mengayuh sepeda. Sepeda ini punya banyak macam warna dan desain. Sepeda anak perempuan umumnya berwarna pink dengan banyak hiasan, sementara sepeda anak laki-laki umumnya berwarna hitam atau biru dengan banyak tulisan.

2. Sepeda Balance Bike / Pushbike

Untuk anak usia : 18 bulan ke atas

Balance Bike adalah sepeda anak yang terdiri dari rang dan roda, tidak memiliki pedal, rantai, engkol, rem, dan gir. Sepeda ini dikendalikan menggunakan kaki anak, bukan dengan pedal. Balance Bike sangat ringan dan mudah dikendarai anak dibandingkan sepeda roda tiga atau sepeda dengan roda tambahan. Sepeda Balance Bike mengajarkan anak untuk mengkoordinasi setir sekaligus melatih keseimbangan sebelum transisi ke sepeda roda dua.

3. Sepeda Anak 12 - 14 Inci

Untuk anak usia : 2 - 4 tahun

Sepeda anak 12 - 14 inci adalah sepeda dengan diameter roda 12 - 14 inci. Sepeda 12 inci isanya dilengkapi dua roda kecil tembahan di belakang untuk membantu anak mengayuh sepeda tanpa bantuan orang dewasa. Sepeda ini dilengkapi dengan rem torpedo di roda belakang yang berfungsi menghentikan sepeda jika pedal dikayuh ke belakang. Beberapa sepeda anak 12 - 14 inci juga didesain dengan rem tangan, namun umumnya anak usia dua hingga empat tahun belum bisa mengontrol rem tangan sehingga cukup berbahaya. Sebaiknya pastikan sepeda anak memiliki rem torpedo.

4. Sepeda Anak 16 - 18 Inci

Untuk anak usia : 4-6 tahun

Sepeda anak 16 - 18 inci merupakan sepeda untuk anak yang sudah terbiasa menggunakan sepeda atau sudah percaya diri menggunakan sepeda benar-benar tanpa bantuan orang dewasa. Rangka sepeda ini umumnya terbuat dari baja atau alumunium, lengkap dengan roda kecil dan dan rem torpedo. Sepeda 16 - 18 inci ini cocok untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh anak ketika mengayuh sepeda sambil mempertahankan keseimbangan. Rem tangan pada sepeda ini bertujuan untuk melatih kekuatan yang pas untuk mengerem. Menariknya untuk sepeda ini, kamu bisa melepas roda kecil dan menjadikannya sepeda roda dua untuk anak yang benar-benar sudah ahli menjaga keseimbangan.

5. Sepeda BMX Anak Kecil

Untuk anak usia : 6 tahun ke atas

Sepeda BMX adalah sepeda motorcross atau sepeda off-road yang digunakan untuk ajang kecepatan dan akrobatik. Desain sepeda ini memang diadopsi dari sepeda BMX orang dewasa. Umumnya banyak orangtua yang memberikan sepeda BMX anak kecil ini untuk anak laki-laki. Sepeda ini memungkinkan anak untuk bereksplorasi lebih jauh dengan sepeda. Namun tetap perhatikan keselamatan anak, ya.

Setelah anak berusia lebih dari 6 tahun, kamu sudah bisa mulai memberikan sepeda anak SD. Harga sepeda anak SD tidak berbeda jauh dengan sepeda anak kecil atau sepeda balita. Hanya saja sepeda anak sd umumnya peunya rangka yang lebih kokoh dan berat sehingga tentu harganya kerap lebih tinggi.

Harga Sepeda Anak

Harga sepeda anak bervariasi mulai dari harga Rp 300.000 hingga Rp 2.000.000.

Merk Sepeda Anak Terbaik

Berikut beberapa merk sepeda anak terbaik dengan kualitas yang terjamin :

  • Sepeda Anak Polygon
  • Sepeda Anak Wimcycle
  • Sepeda Anak Aviator
  • Sepeda Anak United
  • Pushbike Thrill
  • Strider Balance Bike
  • Genio Balance Bike
  • London Taxi Pushbike

Tips Memilih Sepeda Anak-Anak

Ketika memilih sepeda untuk anak-anak, perhatikann beberapa hal berikut sebelum membelinya :

  • Pilih sepeda sesuai dengan usia atau tinggi anak
  • Rangka sepeda harus ringan sehingga mudah digunakan anak
  • Pilih sepeda dengan rem torpedo untuk anak yang baru mulai belajar naik sepeda, sepeda dengan rem tangan hanya untuk anak yang sudah ahli menggunakan sepeda saja
  • Kaki anak harus menapak tanah dengan mantap dan bukan jinjit
  • Saat duduk di sadel sepeda, pastikan kaki anak dapat mengayuh sepeda dengan nyaman
  • Pastikan anak dapat memegang handle dengan nyaman dan baik saat duduk

Mudah kan tipsnya? Selain mengikuti langkah di atas untuk memilih sepeda anak. Pastikan juga kamu membelikan pelindung anak untuk bersepeda seperti helm sepeda anak dan decker.

NEW