Tren rambut warna-warni memang tidak pernah mati. Bagi kamu yang ingin bergaya nyentrik, kamu bisa mencoba mewarnai rambutmu dengan cat rambut Manic Panic. Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengecat rambut dengan benar.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Cara Mengecat Rambut dengan Benar

Orang Indonesia umumnya memiliki rambut berwarna hitam pekat dan jarang sekali melihat orang Indonesia yang memiliki warna-warna terang seperti blonde atau orange. Tentu bagi sebagian orang, rambut berwarna hitam sangat membosankan. Sehingga tidak heran bila beberapa orang memilih untuk mengecat rambutnya demi mendapatkan warna yang diinginkan.

Namun mengecat rambut sebenarnya tidak semudah yang diperkirakan. Banyak orang yang asal-asalan mengecat rambut yang kemudian malah merugikan mereka sendiri. Mengecat rambut tanpa prosedur dan perawatan yang benar hanya akan membuat rambutmu rusak seperti kering, rontok, dan kusam. Selain itu, produk-produk yang digunakan untuk mengecat rambut juga berpengaruh terhadap kerusakan rambut, lho! Maka dari itu, jika kamu belum benar-benar paham mengecat rambut, sebaiknya pahami dulu prosedurnya agar rambut indahmu tidak rusak. Berikut ini terdapat cara mengecat rambut dengan benar:

Pilih Cat Rambut Berkualitas

Sekarang ini tersedia banyak sekali produk cat rambut yang ada di pasaran. Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari yang dibawah 10 ribu hingga di atas 100 ribu. Namun untuk rambut sebaiknya jangan coba-coba. Pilihlah cat rambut berkualitas yang warnanya tahan lama, seperti cat rambut Manic Panic yang warnanya bisa tahan hingga sebulan. Kamu juga bisa memilih cat rambut Manic Panic formula “Amplified” yang warnanya bisa tahan 30% lebih lama dari seri “Classic”.

Gunakan Petroleum Jelly Untuk Melindungi Kulitmu

Jika kamu tidak mau terkena cat saat proses pengecatan, lindungi wajah dan lehermu dengan Vaseline petroleum jelly. Ingat bahwa cat ini bersifat semi-permanen yang bisa dibersihkan dengan air hangat dan sabun saat terkena kulit. Selain petroleum jelly, kamu juga bisa menggunakan selotip atau baju lapis untuk melindungi leher dan pakaianmu.

Mulailah Pengecatan dengan Benar

Ambil satu bagian rambut dan berikan sejumlah cat rambut Manic Panic pada bagian tersebut. Berikan sedekat mungkin dengan kulit kepala (jika kulit kepala kena cat, jangan khawatir karena catnya akan hilang saat dicuci dengan sampo). Gunakan kuas cat supaya warnanya merata ke seluruh bagian rambut yang diinginkan.

Setelah mengaplikasikan cat rambut Manic Panic ke bagian rambut, sisirlah semua rambut yang telah dicat. Berhenti pada setiap bagian ketika muncul busa berbuih. Lalu biarkan selama 30-60 menit sehingga cat rambut Manic Panic menyerap sempurna ke batang rambutmu. Setelah itu, blow dry semua rambut yang telah dicat. Biasanya, ketika rambut sudah selesai ujungnya akan seperti jerami dan akar rambut agak berwarna.

Setelah diblow dry, biarkan selama beberapa saat. Abaikan petunjuk dalam kemasan. Cat rambut sebaiknya didiamkan selama mungkin terlebih dahulu. Jangan khawatir karena cat rambut Manic Panic terbuat dari bahan-bahan dasar sayuran dan alami, sehingga biarkanlah selama 1-3 jam. Setelah dibiarkan, bilas rambutmu menggunakan air dingin. Air dingin membantu warna cat rambut akan lebih awet dan tidak cepat kusam. Bilas sampai air bilasan berwarna jernih atau warnanya hanya tersisa sedikit. Pastikan semua bagian rambut sudah dibilas sepenuhnya.

Cara Mudah Perawatan Rambut yang Diwarnai

Rambut yang sudah pernah mengalami proses kimia seperti diwarnai tentunya lebih rentan terkena masalah rambut seperti rambut kering dan mudah rontok. Oleh karena itu, diperlukan cara khusus untuk merawat rambut berwarna kamu agar tidak mudah rusak dan warnanya lebih tahan lama. Berikut ini terdapat tips perawatan rambut berwarna agar tetap sehat:

Menggunakan Sampo Khusus

Jika rambut kamu diwarnai, pastikan kamu menggunakan produk perawatan rambut berupa sampo yang dibuat khusus untuk rambut berwarna yang dapat menutrisi rambutmu. Salah memilih sampo akan membuat mengurangi pigmen rambut yang diwarnai sehingga warna rambutmu pun lebih cepat memudar. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan sampo anti ketombe karena kandungan zat kimia yang cukup keras di dalamnya akan membuat rambut berwarnamu menjadi kering dan kusam.

Jangan Lupa Menggunakan Kondisioner

Perawatan rambut yang normal pun sebenarnya membutuhkan kondisioner, apalagi rambut yang sudah pernah melalui proses kimia dari pengecatan rambut. Tentunya rambut berwarna harus mendapatkan perlindungan ekstra seperti menggunakan produk kondisioner. Kondisioner sangat diperlukan untuk menjaga agar rambutmu tetap lembab, serta tidak mudah kering dan rontok. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner setelah keramas.

Berikan Nutrisi Tambahan

Pemberian nutrisi sangat penting untuk menjaga rambut berwarna kamu tetap sehat. Usai mandi dan keramas, jangan lupa untuk selalu menggunakan serum atau vitamin rambut. Waktu terbaik untuk menggunakan serum adalah saat rambut dalam keadaan setengah kering, karena pada saat itu nutrisi dalam serum akan lebih mudah menyerap hingga ke akar rambut. Kamu juga bisa memberikan nutrisi tambahan dengan melakukan perawatan rambut berupa masker rambut sekali atau dua kali seminggu.

Kurangi Penggunaan Alat Penata Rambut

Rambut berwarna cenderung lebih sensitif daripada rambut biasa yang belum mengalami proses kimia. Oleh karena itu penggunaan alat penata rambut yang mengeluarkan panas seperti hair dryer dan catokan akan menurunkan protein pada rambut yang akhirnya dapat menyebabkan rambut kering.

Keramas dengan Air Dingin

Mandi dengan air panas memang dapat merilekskan otot-otot tubuh setelah beraktivitas seharian. Namun air panas ini ternyata akan memberi dampak buruk bagi kesehatan rambut. Keramas dengan air panas dapat mengurangi kelembaban dan memperlebar kutikula rambut, sehingga membuat rambutmu lebih cepat mengalami kerusakan.

Dapatkan Produk Cat Rambut Manic Panic di iPrice Indonesia

Ingin memiliki rambut berwarna biru? Atau berwarna hijau terang seperti rambut Joker yang diperankan oleh Jared Leto di film Suicide Squad? Dengan menggunakan cat rambut Manic Panic, semua impian warna rambutmu akan terwujud. Segera dapatkan produk cat rambut Manic Panic terlengkap hanya di iPrice Indonesia.

NEW