Simak tips singkat untuk memahami variasi dari sepatu dan faktor yang mempengaruhi harga sepatu hanya di artikel berikut.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Tips Mengenali Variasi Sepatu Persembahan dari Merrell Indonesia

Rasa-rasanya perkembangan model sepatu di tanah air memang sedang pesat. Saking pesatnya, sampai kita-kta yang konsumen ini mungkin sedikit tertinggal untuk mengetahui beragam model sepatu. Nggak hanya model sepatu untuk wanita, sepatu pria pun memiliki banyak model yang banyak. Nah untuk Anda yang sedang mencari model sepatu, artikel ini tepat untuk Anda karena akan membahas beragam model sepatu yang bisa Anda temui di pasaran, apa yang membedakan, dan tentu saja bagaimana cara merawat sepatu-sepatu yang ada di rumah Anda. Yuk, simak!

Variasi Sepatu Oxford dan Sepatu Derby

Jenis sepatu Oxford hadir untuk pria dan wanita, karena memang modelnya yang cenderung terlihat semi-formal dan unisex. Nah, tapi apa itu sepatu oxford? Istilah Oxford dalam arti yang tradisional itu ditandai dengan hal yang lebih spesifik yaitu adanya lubang tali–tali sepatu yang terpasang di bagian sepatu. Sehingga sepatu Oxford ini memiliki tali sepatu yang tertutup. Dan sepatu Oxford ini cocok dipakai pada acara resmi sehingga bisa terlihat lebih berkelas dengan tampilan model sepatu yang bentuknya ramping. Meskipun demikian, sepatu Oxford kini sudah berkembang menjadi jenis sepatu yang bisa digunakan untuk tema kasual.

Nah, kalau Anda memperhatikan jenis-jenis sepatu masa kini, tentu Anda mengenal jenis sepatu derby. Jenis sepatu ini memang lebih sering digunakan untuk konsumen pria. Sepatu Derby adalah jenis sepatu yang tidak punya jahitan tali sepatu yang tertutup seperti Oxford. Jenis tali sepatu Derby ini terbuka dan lebih mudah saat ingin memakai dan melepaskannya, Memang agak sulit untuk membedakan antara sepatu Oxford dan sepatu Derby, kecuali jika Anda melihat bagaimana sepatu digunakan.

Variasi Sepatu Brogue

Selain sepatu Oxford dan sepatu Derby, kini juga dikenal satu jenis sepatu lainnya; sepatu Brogue. Sama dengan sepatu Oxford, sepatu Brogue pun sesuai untuk pria dan wanita dengan model yang cenderung unisex. Brogue awalnya dirancang di Skotlandia dan Irlandia sebagai sepatu yang cocok untuk dipakai saat bekerja di luar ruangan. Karena kebanyakan orang–orang yang berada di pedesaan Irlandia dan Skotlandia, mereka banyak yang bekerja di luar ruangan sehingga mereka membutuhkan sepatu yang dapat dipakai di luar ruangan dan tahan ketika dipakai. Tidak heran jika sepatu Brogue yang ada di pasaran memang terbuat dari kulit asli.

Variasi Konstruksi Sepatu

Bukan hanya merek yang membedakan harga dari sepatu. Ternyata konstruksi sepatu yang membedakan harga masing-masing sepatu. Tahukah Anda konstruksi sepatu terdiri dari 3 faktor? Berikut adalah ulasan lengkap mengenai tiga faktor konstruksi sepatu.

  • Upper: Bagian ini biasanya dibuat dari kanvas atau kulit, bagian yang mana merupakan bagian yang secara keseluruhan menutupi kaki bagian atas. Meskipun bagian upper bisa dibagi lagi menjadi beberapa anatomi seperti vamp, heel, eyelet, dll, tapi kayaknya kita gunakan kata upper aja dulu ya buat menggambarkan bagian atas sepatu yang menutupi hampir seluruh kaki.
  • Insole: Bagian yang satu ini terletak di dalam sepatu, tepatnya bagian injakan kaki. Pada kebanyakan sepatu, insole bisa dilepas dan diganti.
  • Outsole: Ini bagian bawah sepatu yang mana menjadi tulang punggung dalam melindungi telapak kaki pemakai. Atau sering juga disebut sol sepatu.

Selain tiga faktor di atas, konstruksi sepatu terdiri dari tiga jenis. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Variasi Cementing

Metode ini merupakan metode termurah, tercepat, dan paling umum untuk menyatukan sol pada sepatu. Ketika bagian upper sudah selesai didesain dan dikerjakan, maka pengerjaan dengan metode ini adalah dengan menyatukan sol dengan lem dan tanpa jahitan.

Metode ini sangat murah, cepat, dan membuat harga sepatu jadi lebih bersaing dibanding sepasang sepatu yang dijahit. Metode ini juga menjadi metode yang cocok untuk sepatu kasual dengan sol berkaret. Metode cementing bisa menjadi metode yang baik untuk sepatu sneakers, chukka, dan beragam sepatu ber-sol karet.

Meskipun murah dan pengerjaannya cepat, metode ini pasti memengaruhi masa pakai dari sebuah sepatu. Dengan metode ini, Brothers gak bisa melakukan resoling. Di saat upper dan outsole-nya mulai terpisah, maka sepatu lebih baik untuk ditinggalkan ketimbang direparasi.

Variasi Black Welting

Di antara dua metode jahit sepatu, blake merupakan metode paling simpel dan paling umum. Merupakan sebuah revolusi industrial karena penjahitan diselesaikan dari sisi dalam sepatu.

Berhubung metode ini lebih simpel ketimbang goodyear welted, makanya sepatu dengan metode ini lebih murah dari sepatu goodyear welted. Dengan metode ini, sepatu jadi memungkinkan untuk di-resoling saat outsole-nya rusak. Berhubung sole dengan blake stitches memiliki lapisan yang lebih sedikit dari pada goodyear welted, makanya sepatu dengan sole ini lebih fleksibel.

Meskipun sepatu blake welting bisa di-resole, tapi dia membutuhkan mesin tertentu untuk melakukannya, Bro. Makanya sepatu dengan metode ini agak lebih sulit dan kadang lebih mahal untuk di-resole ketimbang goodyear welt. Meski sedikitnya lapisan membuat sole lebih fleksibel, hal ini juga membuatnya tidak terlalu tahan air. Air akan mudah masuk melalui sole dan bisa membanjiri sepatu.

Variasi Goodyear Welting

Teknik ini merupakan yang tertua, sangat intensif, dan tentunya paling tahan lama dari ketiga teknik konstruksi sepatu. Teknik ini bisa dikerjakan dengan mesin atau tangan serta beberapa langkah.

Penjahitan dua lapis membuatnya sangat mudah untuk melakukan resole. Sebab bagian solnya menjadi jeda antara insole dan outsolenya, menghilangkan sole lama dan menempelkannya dengan yang baru bisa dilakukan dengan bantuan mesin atau tangan dan tanpa perlu mesin spesifik. Lapisan ekstra membuat sepatu ini menjadi lebih anti kemasukan air.

Karena tambahan material dan dibutuhkan tenaga kerja, sepatu goodyear welted menjadi lebih mahal. Jadi setelah mengetahui berbagai informasi mengenai sepatu, sudah tahu sepatu Anda yang Anda akan beli?

Lengkapi Koleksi Sepatu Pria Anda dengan Ragam Produk Merrell di iprice Indonesia

Untuk Anda yang gemar melengkapi koleksi sepatu milik pribadi Anda, tentu tips untuk mengenali variasi sepatu di atas sudah sering Anda dengar. Untuk melengkapi koleksi sepatu Anda, iprice Indonesia kini menghadirkan beragam produk sepatu dengan brand Merrell bisa Anda dapatkan secara online. Merrell adalah brand yang menghadirkan koleksi sepatu lengkap dengan berbagai model dan juga dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

  • Merrell – Jungle Moc Pewter yang merupakan jenis sepatu slip-on yang terbuat dari bahan suede yang memberikan kesan kasual dan santai bagi penggunanya
  • Merrell – Mootopia Lace Blond yang merupakan jenis sepatu toe-fitting yang merupakan jenis desain terbaru yang akan menyesuaikan dengan bentuk kaki pemakainya.
  • Merrell – Mootopia Low yang merupakan jenis sepatu loafer yang hadir dengan bahan suede sehingga membuat tampilan Anda klasik.

Belanja online kini memang menjadi tren tersendiri bukan hanya di dunia, tetapi juga di Indonesia. Sejak kemunculan internet, kini memang banyak hal yang berubah secara cepat dan juga signifikan, salah satu yang paling terlihat adalah cara orang berbelanja.

Jika dulu berbelanja dikaitkan dengan pergi ke luar rumah menuju toko untuk memilih barang diinginkan, kini proses tersebut digantikan dengan berbelanja melalui layar ponsel ataupun layar komputer Anda. Berbelanja online memungkinkan Anda untuk melihat berbagai jenis barang yang inginkan tanpa harus pergi ke toko fisik.

Kini beragam jenis produk tersedia di iprice Indonesia. Mulai dari peralatan elektronik untuk rumah tangga hingga koleksi tas dan koleksi sneaker Merrell, sepatu olahraga Merrell dan sepatu boot Merrellbisa Anda temukan di iprice Indonesia. Menariknya lagi, selain memberikan kemudahan, iprice Indonesia pun memberikan berbagai penawaran serta potongan harga yang menarik hanya untuk Anda.

Selamat Berbelanja!

Anda mungkin juga menyukai

Gender

Merrell untuk Pria
NEW