Bola voli Mikasa merupakan bola yang paling awet walau rutin digunakan untuk berolahraga. Simak artikel ini untuk mengetahui manfaat olahraga bola voli.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Daftar Harga MIKASA Terbaik 2021

Terpopuler
-40% Mikasa Bola Voly Mv2200

Tersedia di Shopee Rp 270.000 Rp 450.000 Kunjungi Toko

Manfaat Olahraga Bola Voli Untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga bola voli mungkin bukan cabang olahraga yang populer di kalangan masyarakat dan lebih dikenal sebagai olahraga profesional yang dipertandingkan dalam sebuah turnamen. Walaupun tidak begitu populer, olahraga voli umumnya masih diajarkan di sekolah-sekolah dan merupakan permainan yang cukup asyik untuk dimainkan.

Olahraga ini juga tidak kalah menyehatkan dibandingkan dengan olahraga lain, lho. Salah satu manfaat olahraga bola voli adalah untuk meningkatkan stamina tubuh karena permainannya yang memiliki tempo yang cepat dan intens. Gerakan-gerakan olahraga voli seperti receiving, smash, blocking, memiliki manfaat untuk menguatkan tulang dan otot pada tubuh, sehingga resiko penyakit osteoporosis bisa diperkecil.

Secara bersamaan, olahraga voli bisa memanjangkan tulang belakang dan menambah tinggi badan Anda apabila dilakukan pada usia yang muda atau sebelum pertumbuhan berhenti. Secara khusus olahraga bola voli juga bisa meningkatkan dan mengembangkan koordinasi antara otak, mata, dan juga motorik Anda. Hal ini dikarenakan dalam permainan voli dibutuhkan strategi untuk membaca gerakan lawan dan juga membaca gerakan bola.

Selain itu, Anda akan terlatih untuk dengan cepat apa yang dilihat oleh mata diterjemahkan dengan aksi melalui gerakan motorik, seperti tangan dan kaki untuk mencegah bola lawan masuk ke arena tim Anda. Voli juga melatih kecepatan serta keseimbangan seseorang yang berpengaruh terhadap penerimaan bola dan juga arah memukul bola ke arena lawan. Bagaimana? Olahraga bola voli ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh, bukan?

Jenis-Jenis Bola Voli Mikasa

Salah satu elemen dalam olahraga bola voli yang tidak boleh dilewatkan tentu saja adalah bolanya. Bola voli Mikasa memiliki karakteristik yang membal dan juga berbentuk bulat berukuran tidak terlalu besar. Bola yang digunakan untuk voli indoor dan voli outdoor ternyata berbeda, terutama untuk kepentingan pertandingan atau turnamen. Kesamaan di antara keduanya adalah bola voli Mikasa memiliki kualitas bagus yang terbuat dari bahan kulit atau kulit sintetis pada kulit luarnya. Sementara itu, pada bagian kulit dalamnya menggunakan bahan karet dan sejenisnya agar bola bisa membal. Ukuran bola di antara kedua jenis voli tersebut juga tidak jauh berbeda.

Tekanan pada bola voli indoor lebih besar dibandingkan bola outdoor. Hal ini disebabkan agar bola voli outdoor bisa melayang di udara dengan lebih ringan apalagi dengan hembusan angin yang bisa mempengaruhi daya ambang bola. Kemudian, untuk warnanya, warna bola voli indoor cenderung lebih kalem dan bisa dikombinasikan dari beberapa warna. Sementara itu, bola voli outdoor memiliki warna yang lebih terang dan kontras seperti oranye, kuning, atau pink agar dengan mudah terlihat di langit yang cerah akan sinar matahari.

Cara Memilih Bola Voli Berkualitas Bagus

Kualitas Kulit Bola

Kulit bola voli yang baik adalah yang kencang dan tidak berkeriput. Kulit yang berkualitas terbuat dari bahan kulit tebal, namun empuk. Sedangkan untuk kualitas kulit nomor dua biasanya dibuat dari bahan semi plastik yang mudah robek jika terkena goresan benda tajam.

Pantulan Bola

Saat memilih bola voli, coba pantulkan bola tersebut ke lantai atau dinding. Jika pantulan bola lebih dari setengah jarak awal saat memantulkan, kualitas bola dapat dikatakan baik.

Berat Bola

Sebenarnya sudah ada ukuran standar untuk berat bola voli, tapi ada beberapa merk bola voli yang tidak sesuai standar. Coba perhatikan berat bola yang tertera di keterangan. Jangan memilih bola voli yang terlalu ringan atau terlalu berat. Berat ideal bola voli adalah 9 sampai 10 ons dengan tekanan antara 4.5 sampai 6 pon.

Memilih bola voli Mikasa juga bisa dilihat dari labelnya apakah super touch atau pro touch. Bola voli Mikasa dengan label super touch memiliki bobot yang lebih ringan, namun tidak banyak disukai untuk pertandingan profesional atau resmi. Karena saat dipukul bola memiliki tekstur yang lebih lembut dan hasilnya tidak membal seperti yang diinginkan. Sementara itu, bola voli Mikasa dengan label pro touch lebih disukai karena meski terasa lebih keras ketika dipukul dengan tangan, bola ini bisa melayang di udara lebih baik dan tidak mudah terbawa hembusan angin yang bisa merubah arah pukulan sebenarnya.

Cara Merawat Bola Voli Mikasa

Sama dengan peralatan olahraga lainnya, bola voli Mikasa pun perlu dirawat sedemikian rupa agar tetap awet dipakai dan tahan lama. Berikut ini terdapat tips dan cara merawat bola voli Mikasa yang bisa ikuti:

Cara Membersihkan Bola

Setelah digunakan, biasanya bola voli Mikasa Anda menjadi kotor. Bersihkan permukaan bola menggunakan air. Jika lumpur yang menempel cukup tebal, Anda bisa menggunakan sikat untuk menggosoknya. Setelah benar-benar bersih, selanjutnya lap bola voli Mikasa Anda menggunakan kain kering. Anda tidak perlu menjemur bola di bawah terik matahari karena dapat merusak kulit bola. Selain itu, sebaiknya Anda tidak merendam bola voli Mikasa terlalu lama saat mencucinya.

Cara Menyimpan Bola

Jika tidak dipakai, simpan bola voli Mikasa Anda menggunakan jaring kemudian digantung. Hindari menyimpan bola voli Mikasai di lantai, karena suhu lantai mudah berubah sehingga dapat berdampak pada tekanan bola. Perubahan tekanan bola tentu akan mempengaruhi performa bola saat digunakan dalam permainan.

Perhatikan Isi Angin Bola

Seringkali bola voli Mikasa yang disimpan terlalu lama akan kempis. Anda bisa menambah angin dengan menggunakan pompa sepeda manual. Bola voli juga rawan mengalami kebocoran karena terkena benda tajam. Biasanya terdapat beberapa toko olahraga yang menyediakan layanan servis bola voli dengan cara menambalnya. Namun bola voli yang pernah ditambal tidak akan mulus 100% dan kualitas performanya juga berkurang.

Dapatkan Bola Olahraga Berkualitas Terbaik dari Mikasa di iPrice Indonesia

Bagi Anda yang gemar berolahraga seperti voli, basket, sepak bola, dan lain-lain yang membutuhkan bola yang berkualitas dan sesuai dengan standar internasional, pilihlah bola dari Mikasa. Mikasa menyediakan ragam bola untuk berolahraga, seperti bola voli Mikasa, bola basket Mikasa, bola sepakbola Mikasa, hingga bola rugby. Dapatkan hanya di iPrice Indonesia.

NEW