Sibukkan dirimu dengan aktivitas hobi yang mengasah otak seperti yoyo dan rubik cube dari Moyu. Simak artikel ini untuk informasi lebih lanjut.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Bermain Yoyo Lagi!

Salah satu mainan yang sempat populer di era tahun 90-an adalah Yoyo. Sebenarnya, mainan ini sudah diperkenalkan mulai tahun 1920. Biasanya, anak cowok yang sering memegang mainan ini. Kemudian mereka juga sering bersaing saat bermain. Tidak hanya menghibur atau sebagai mainan saja, Yoyo ternyata bermanfaat bagi otak bagi pemainnya, lho!

Memang agak susah-susah gampang untuk bermain Yoyo. Akan tetapi hal ini setimpal dengan manfaat yang didapat. Seorang psikolog klinis bernama Mat Saat Baki mengungkap bahwa Yoyo mampu mengoptimalkan kedua belahan otak baik otak kanan maupun kiri. Jadi, jangan anggap bahwa Yoyo hanya sebatas permainan.

Selain itu, bermain Yoyo ternyata efeknya hampir sama dengan aktivitas bermain catur. Hal ini terjadi karena membutuhkan konsentrasi ketika bermain Yoyo. Ditambah lagi, trik dalam permainan Yoyo juga bisa meningkatkan kemampuan logika. Bahkan, orang yang sering bermain Yoyo juga lebih terbuka dengan pengalaman baru.

Sang ahli juga mengungkap bahwa bermain Yoyo melibatkan empat aktivitas secara bersama-sama. Keempat aktivitas itu adalah konsentrasi, koordinasi tangan dan mata, kreativitas, dan ketangkasan tubuh. Bahkan sang ahli juga percaya bermain Yoyo mampu tingkatkan kemampuan akademik.

Bagi kamu yang mulai tertarik untuk bermain Yoyo lagi, kamu bisa membeli ragam yoyo menarik di toko online Moyu yang terdapat di iPrice Indonesia!

Permainan Lain yang Mengasah Otak: Rubik

Meski masing-masing orang dikaruniai tingkat kecerdasan yang berbeda, namun nggak berarti hasil tes IQ yang kamu dapatkan sudah mutlak dan nggak bisa diubah lagi. Sama seperti skill lainnya, kecerdasan juga bisa dilatih dan ditingkatkan. Caranya, nggak selalu harus sekolah mahal-mahal, tapi cukup dengan berlatih untuk memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Kadang beberapa hobi cenderung disepelekan oleh banyak orang tua. Sebagai contohnya adalah Rubik’s cube atau yang populer cukup dengan sebutan rubik. Banyak anak menghabiskan waktunya bermain rubik. Sementara, para orang tua merasa khawatir dengan keadaan anak mereka. Tanpa mereka sadari bahwa ternyata bermain rubik juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat tersebut? Check this out!

Menjaga Sel-Sel Tetap Hidup

Hasil penelitian dari Scientific American menunjukkan bahwa terdapat ribuan sel-sel baru yang dihasilkan dalam otak orang dewasa setiap harinya, terutama di hippo campus, struktur yang terlibat dalam pembelajaran dan memori. Dalam beberapa minggu, kebanyakan dari neuron baru tersebut akan mati, kecuali si manusia ditantang untuk belajar sesuatu yang baru, terutama yang membutuhkan upaya besar, yang salah satunya adalah dengan memecahkan rubik.

Menjaga Pikiran Tetap Tajam di Usia Tua

Penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kita dalam aktivitas mental melalui permainan dan teka-teki dapat membantu menjaga pikiran kita tetap tajam di usia tua. Salah satu aktivitas mental ini tentu adalah permainan rubik.

Memelihara Memori Jangka Pendek

Manfaat lainnya dari rubik adalah memelihara memori jangka pendek. Selain rubik melengkapi teka-teki silang dan permainan papan juga memiliki manfaat yang sama.

Meningkatkan Konsentrasi

Rubik juga membantu dalam meningkatkan konsentrasi. Perhatikan bagaimana anak Anda harus memusatkan pikiran untuk memilih cara tercepat dalam menyelesaikan rubik-nya.

Mengasah Kesabaran

Rubik membuat anak-anak lebih sabar karena untuk menjadi seorang ahli rubik dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain kesabaran, anak juga akan belajar tentang ketekunan dan disiplin untuk meraih kesuksesan.

Simak Juga Permainan Mengasah Otak Lainnya…

Ternyata banyak juga lho permainan mengasah otak yang bisa kamu coba selain rubik dan yoyo. Apa saja permainan tersebut?

Catur

Jenis olahraga sekaligus permainan satu ini dipercaya sejak lama dapat meningkatkan kinerja sekaligus mencerdaskan otak. Olahraga ini dapat dimainkan baik oleh anak-anak maupun dewasa. Catur dapat mengembangkan daya ingat dan memacu kemampuan taktis pemainnya dalam menyusun strategi. Selain itu catur dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas dengan memaksa kamu berpikir untuk membuat berbagai kombinasi dalam bertahan dan melawan.

Puzzle

Permainan satu ini dapat membantu kamu dalam menggunakan nalar dan daya ingat dalam menyusun setiap kepingan puzzle membentuk sebuah gambar. Semakin sering kamu memainkan puzzle yang sama, waktu yang dibutuhkan semakin sedikit. Tantang diri kamu dengan puzzle yang memiliki tingkat kerumitan semakin tinggi untuk membantu daya nalarmu.

Sudoku

Permainan sudoku cukup terkenal di Indonesia dan juga diklaim sebagai permainan yang mencerdaskan otak. Pada dasarnya dalam suatu kotak kamu wajib mengisikan sebuah angka tetapi angka yang sama tidak boleh berada pada sat ugaris vertikal dan horizontal. Permainan ini menekankan pada kemampuan berpikir logika dan menuntut kreatifitas mencari solusi penyelesaian seiring dengan bertambahnya level kesulitan. Di sini baik otak kiri maupun otak kanan sama sama bekerja secara sistematis dan kreatif.

Teka Teki Silang

Permainan satu ini sudah banyak dikenal sebagai permainan yang bisa mencerdaskan otak serta menambah pengetahuan. Teka teki silang dapat dijadikan salah satu jenis olahraga otak karena melatih pemainnya untuk mengingat, berpikir, serta berkonsentrasi. Penguasaan kosa kata pun menjadi manfaat lainnya, selain itu teka teki silang juga bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan dan alternatif dalam bersantai.

Dapatkan Ragam Permainan Seru dan Melatih Otak Moyu di iPrice Indonesia

Permainan merupakan hobi yang seru untuk mengusir rasa bosan dan suntuk, untuk itulah bagi kamu yang suka menyenai permainan yang dapat melatih otak sekaligus seperti yoyo dan rubik, dapatkan secara online di Moyu yang tersedia di iPrice Indonesia.

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari MoYu Indonesia

Puzzle MoYu Jigsaw Puzzle MoYu Board Game MoYu
NEW