Bagi Anda yang fitness mania, pasti mengetahui pentingnya mengonsumsi protein tambahan. Anda bisa memilih sumber protein dari Myprotein. Sebelum mengonsumsinya, penting untuk mengetahui dulu jenis-jenis protein di artikel ini.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Myprotein Indonesia: Jenis-Jenis Protein yang Perlu Anda Ketahui

Kalau membahas tentang fitness, maka protein is the King. Ya protein adalah rajanya dalam pembentukan otot meski nutrisi lain seperti karbohidrat dan lemak baik juga tidak kalah penting. Saking pentingnya, di dalam industri suplemen fitness sampai mengeluarkan berbagai macam diversifikasi produk proteinnya. Ada yang dilabeli dengan nama whey protein, ada yang dilabel dengan amino, dan yang terakhir ada lagi produk bernama BCAA. Sebagai fitness pemula pasti bingung dengan segala nama di atas. Orang mau punya otot saja repotnya bukan main ya. Untuk itu, kita akan membahas apa saja perbedaan protein, whey protein, amino, dan BCAA agar sebagai pemula kita bisa mengeluarkan dana Anda untuk suplemen yang Anda perlukan.

Secara umum perbedaan istilah-istilah diatas bisa digambarkan sebagai berikut: Protein > asam amino > BCAA. Protein kalau dipecah-pecah menjadi asam amino yang kalau dipilah lagi menjadi BCAA. Maksudnya senyawa protein adalah satu kesatuan utuh dimana di dalam protein terdapat berbagai macam asam amino sebagai penyusunnya. BCAA (Branch Chain Amino Acids) adalah 3 asam amino yang khusus dipilih dari sekian banyak asam amino di dalam protein. Hal ini dilakukan agar penyerapannya pada tubuh bisa lebih cepat dan fokus dalam pertumbuhan otot maksimal.

Catatan, ketika protein masuk ke tubuh, tubuh harus memecah terlebih dahulu protein-protein ini menjadi asam amino. Baru setelah dalam bentuk asam amino, tubuh bisa dengan mudah menyerap nutrisi ini. Saat asam amino masuk ke tubuh, tubuh tidak perlu lagi memproses asam amino karena protein dalam bentuk yang lebih instan ini sudah jadi dan bisa langsung diserap tubuh.

Protein

Bahasan yang harus Anda tahu pertama kali adalah tentang protein. Protein adalah salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh (selain karbohidrat dan lemak baik). Fungsi protein banyak sekali terutama dalam dunia fitness antara lain untuk pertumbuhan otot dengan memperbaiki jaringan otot yang rusak karena latihan, selain juga memperbaiki sel-sel tubuh lain yang mengalami kerusakan (protein seperti nutrisi yang bisa bikin awet muda). Protein bisa didapat dari makanan yang ada di sekitar kita baik hewani terutama dari daging (unggas, ternak, ikan), telur, susu, maupun protein dari nabati seperti dari kedelai, sayur, spirullina, dll. Kandungan protein yang ada di dalam tiap bahan makanan tidak sama, ada yang tinggi dan ada yang rendah.

Whey Protein

Whey protein adalah salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Whey ini biasanya berbentuk suplemen susu bubuk sehingga mudah untuk dikonsumsi. Whey protein didapat dari pemrosesan bahan makanan seperti susu, daging, dan kedelai. Dibandingkan dengan susu murni, daging atau kedelai, tentu kandungan protein di dalam whey ini lebih tinggi. kadarnya tentu berbeda-beda tergantung tingkat pemrosesannya masing-masing. Semakin diproses, disaring dan di filtrasi tentu kandungan proteinnya semakin tinggi dan harganya biasanya semakin mahal.

Whey protein concentrate dan whey protein isolate merupakan contoh produk yang berasal dari susu sapi yang sudah diolah, disaring dan dipisah dari karbohidrat dan lemak. Sehingga tidak heran kandungan proteinnya lebih tinggi sekitar 60% keatas dengan kandungan karbohidrat dan lemak yang lebih rendah. Whey protein isolate adalah produk lanjutan hasil dari pemrosessan, penyaringan dan pemisahan whey protein concentrate dari karbohidrat dan lemak. Tidak heran jika kandungan protein di dalam whey protein isolate ini lebih tinggi lagi dengan kandungan karbohidrat dan lemak yang minimal. Kandungan proteinnya mulai dari 70% sampai 90%.

Asam Amino

Amino sebenarnya berasal dari istilah asam amino yang dikenal di dalam ilmu nutrisi. Asam amino ini adalah bentuk yang lebih sederhana dari protein. Istilah amino ini kemudian dipakai oleh produsen suplemen untuk menamai produk mereka yang memiliki kandungan protein murni tanpa karbohidrat dan lemak.Di dalam protein terdapat nutrisi yang lebih kecil sebagai penyusunnya yaitu asam amino. Selain itu asam amino dibagi menjadi dua jenis yaitu asam amino esensial dan juga asam amino non esensial. Asam amino ini esensial ada banyak jenisnya seperti triptofan, treonin, metionin, lisin, leusin, isoleusin, fenilalanin, dan valin.

BCAA

Membahas BCAA sangat erat kaitannya dengan amino di pembahasan sebelumnya. Pada amino kita sudah mengenal asam amino esensial antara lain: triptofan, treonin, metionin, lisin, leusin, isoleusin, fenilalanin, dan valin. Di dalam BCAA, apalagi kalu kita bicara suplemen fitness BCAA, maka hanya ada 3 asam amino yang dipakai. Asam amino ini antara lain: leusin, isoleusin, dan valin. Hanya ada 3 asam amino ini di dalam BCAA karena fungsi dari 3 asam amino ini lebih terfokus kepada pembentukan dan recovery otot bagi Anda. Sehingga protein BCAA ini sangat cocok dikonsumsi setelah workout yang cukup intens untuk memperbaiki sel-sel otot Anda.

Anda dapat menemukan berbagai macam perlengkapan dan kebutuhan olahraga seperti peralatan gym dan nutrisi tambahan di iPrice Indonesia. Myprotein merupakan brand penyedia protein tambahan yang dirancang khusus untuk meningkatkan massa otot, menyembuhkan otot dari latihan beban yang berat, hingga untuk mencegah kehilangan massa otot. Konsumsilah protein dari Myprotein ini secara teratur untuk mendapatkan tubuh segar dan bugar yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari MyProtein Indonesia

Whey Protein MyProtein Susu Protein MyProtein
NEW