Naik
5642 produk ditemukan

Nikon telah memiliki reputasi yang sangat baik di dunia fotografi global. Apa yang membuatnya sedemikian populer? Simak artikel ini untuk ulasan lebih lengkapnya! Anda juga bisa menemukan rekomendasi kamera untuk pemula di artikel itu.

kenapa harus menggunakan lens cap?kamera bisa dengan mudah tersenggol kemudian jatuh, lensanya akan mudah terbentur dan juga tergores. alasan terbesar mengapa kita perlu selalu memasang lens cap adalah untuk melindungi lensa dari kerusakan jika kecelakaan semacam diatas tadi terjadi. lens cap harus selalu terpasang saat sedang tidak digunakan. membeli tutup lensa tentu jauh lebih murah dibandingkan membeli lensa baru.manfaat:melindungi dari goresan: karena lensa harganya mahal, maka perlu perlindungan yang benar. apalagi kacanya bisa tergores benda apapun.melindungi dari benturan: karena kamera biasanya ditenteng kemana-mana, maka selalu mudah terbentur dan tertarik.meindungi dari debu: seperti yang disebutkan sebelumnya, lensa itu mahal, dan efek dari tumpukan debu dan kotoran adalah merusak fungsi lensa.melindungi dari jari: ada banyak orang yang senang melihat-lihat kamera seperti anak-anak dan orang-orang lain yang secara tidak sadar suka menyentuh bagian depan lensa sehingga bisa menyebabkan tertinggalnya jejak jari atau goresan.melindungi dari cairan: kita tidak selalu memotret di tempat kering, air dan cairan lain bisa memercik ke lensa dan menyebabkan goresan atau kerusakan.kekurangan:mudah hilang: karena ukurannya yang kecil, lens cap bisa dengan mudah hilang saat sedang tidak terpasang.harus selalu dipasang dan dilepas: saat memotret, kita harus melepasnya dari lensa lalu kemudian memasangnya lagi saat kamera tidak sedang digunakan. beberapa orang merasa ini sangat merepotkan.sebagai seorang fotografer, kita bisa lihat sekarang bahwa jelas sebuah tutup lensa atau lens cap adalah asesori kecil yang sangat penting meskipun kadang terasa merepotkan.regards,macro's owner Selengkapnya

Mengapa Nikon Merajai Pasar Fotografi Indonesia?

Banyak orang di Indonesia menggunakan kamera buatan Nikon sebagai alat kegiatan fotografinya. Tak sulit menemukan keberadaan kamera Nikon di tangan para fototografer profesional hingga pemula di kelas basic photography. Nikon (bersama Canon) tak hanya merajai bidang fotografi di Indonesia, level internasional juga telah dibius dengan kecanggihan teknologi kameranya. Memang di masa sekarang telah banyak produsen baru yang menawarkan kamera, namun agaknya para fotografer masih cenderung memilih Nikon atau Canon. Nah sebenarnya apa yang membuat produsen kamera ini dapat berada di puncak komoditi kamera digital?

  1. Nikon (dan Canon) memiliki banyak varian kamera yang bisa mengakomodir kebutuhan pengguna. Tidak semua pengguna kamera adalah mereka yang menjadi fotografer profesional. Tidak semua pengguna juga memiliki banyak uang untuk membeli kamera profesional yang berharga mahal. Nikon (dan Canon) mengerti akan kebutuhan penggunannya. Karena itu mereka menciptakan banyak pilihan kamera agar bisa dipakai oleh fotografer pemula, menengah maupun fotografer profesional. Variasi kamera juga menghadirkan variasi harga yang tergantung pada ketersediaan fitur. Karena itu seorng pemula dapat membeli kamera murah untuk pemula tanpa harus terpaksa membeli produk mahal yang sejatinya diperuntukkan pada profesional.
  2. Ketersediaan aksesoris dan lensa yang beragam membuat orang-orang lebih memilih produk Nikon (dan Canon). Bila memilih produk yang tidak populer, bisa jadi akan sulit menemukan aksesoris dan lensa yang cocok. Nikon menyediakan lensa dengan banyak varian level dan harga sehingga orang-orang lebih mudah menentukan pilihan.
  3. Kualitas kamera Nikon sudah teruji di berbagai medan. Nikon menjadi langganan official camera untuk ajang Olimpiade hingga kejuaraan olahraga skala Asia Tenggara.
  4. Ciri khas F-Mount pada bodi kamera Nikon memungkinkan semua jenis lensa yang pernah dibuat Nikon dari masa kemasa tetap dapat dipakai pada kamera terbaru. Karena itu, orang-orag yang memiliki koleksi lensa Nikon di masa lalu tidak perlu lagi membeli lensa baru untuk dipakaikan pada kamera terkini.
  5. Teknologi Perfect Focus System (PFS) membuat keakuratan pada lensa Nikon untuk membidik gambar menjadi lebih baik. Teknologi PFS ini sendiri juga dipakai pada produk mikroskop yang digunakan para peneliti bidang biologi.

Perbedaan Canon dengan Nikon

Hingga kini, masih banyak orang yang begitu penasaran untuk mencari tahu mana yang lebih baik antara Canon dan Nikon. Banyak calon fotografer pemula bingung ketka dihadapkan pada nama Nikon atau Canon. Tidak akan ada yang salah ketika Anda meninggalkan satu nama untuk memilih nama brand lain. Tapi bila Anda masih tetap memaksa untuk mengetahui apa saja perbedaan antara dua brand yang telah menjadi pemuncak industri kamera sejak lama itu, maka inilah yang bisa kami utarakan:

  1. Sistem pemrosesan gambar.

Apakah Anda tipikal orang yang tidak ingin menghabiskan waktu untuk proses retouch pada gambar? Atau sebaliknya, apakah Anda orang yang memiliki passion lebih untuk proses retouch? Bagi orang-orang dengan tipe pertanyaan pertama, Canon adalah kamera yang ideal karena sistem pemrosesan gambar di dalam kamera Canon mendukung semacam proses editing dan retouch langsung dari kamera. Tapi jangan salah, tidak ada aplikasi Adobe dan sejenisnya yang disertakan Canon ke dalam kameranya. Sistem kerja pemrosesan gambar pada Canon mampu menjaga frame rate yang cepat sehingga membantu “menghaluskan” gambar saat proses berlangsung di dalam kamera. Sedangkan sistem kerja pemrosesan gambar pada Nikon tidak semaksimal Canon. Namun Nikon menghasilkan gambar RAW yang lebih optimal sehingga para penggunanya dapat mengedit gambar menjadi lebih maksimal di aplikasi pengolah foto seperti Adobe Photoshop maupun Adobe Lightroom.

  1. Ketahanan kamera.

Pada dasarnya, umur sebuah kamera dipengaruhi oleh beberapa faktor. Entah itu cara pemakaian, cara perawatan atau hal teknis seperti daya tahan kamera. Bila menarik perbedaan ketahanan, produk kamera Canon dapat diandalkan lebih lama dibanding Nikon. Untuk jangka panjang, kamera Canon dapat mengakomodir banyak jenis foto dari berbagai jenis objek dalam situasi yang bervariasi. Pilihan lensa yang dibutuhkan untuk kebutuhan foto yang beragam pada kamera Canon juga lebih bervariasi dan terjangkau dibandingkan lensa produksi Nikon. Pengandaiannya, Canon dapat bertahan dari keausan lebih lama dari pada Nikon. Tapi bila perspektif Anda adalah untuk membuat foto dari keperluan dan objek yang lebih spesifik, maka jatuhkanlah pilihan Anda pada Nikon. Misalnya, Anda membutuhkan kamera hanya untuk kegiatan foto studio yang bermain dengan pencahayaan. Nikon dapat mengakomodir sensitivitas cahaya yang lebih baik.

Dan satu hal lagi, mitosnya perbedaan antara Canon dan Nikon adalah tentang tonal warna.Setting gambar standar pada Nikon akan menghasilkan warna yang dingin dan datar. Sedangkan pada Canon menghasilkan warna yang hangat dan magenta-ish. Meski ada perbedaan ini dan itu, namun sejatinya perbedaan tersebut tidak akan banyak berpengaruh pada proses belajar fotografi yang Anda tekuni. Anda patut menggaris bawahi bahwa tingkat kefamilliaran dan kenyamananlah yang terpenting ketika memilih kamera.

Daftar Kamera DSLR Nikon Untuk Pemula

Memilih kamera DSLR kelas pemula bukanlah hal sulit. Mengingat Anda ingin mempelajari dasar-dasar fotografi, maka akan penting bila Anda juga dapat menghasilkan berbagai tipe foto. Entah itu foto lanskap, portrait, makro, arsitektural dan lain-lain. Maka, bila Anda ingin membeli kamera, pastikan juga kamera itu telah dilengkapi lensa kit yang memiliki range 18-55 mm. Lensa ini dapat mengakomodir Anda menghasilkan berbagai tipe foto. Nah, untuk tahun 2017 sendiri ada sejumlah produk kamera Nikon kelas pemula yang bisa Anda pertimbangkan. Dilansir dari TechRadar.com, berikut daftarnya:

  1. Nikon D5300

Kemampuan kamera ini dalam menghasilkan foto high resolution tidak ada duanya. Ada sensor 24,2 megapiksel di dalamnya. Kamera ini juga telah dilengkapi fitur GPS, yang sangat mendukung bila Anda gunakan ketika mengambil foto di alam terbuka.

  1. Nikon D3400

Kamera ini memiliki resolusi 224,2 megapiksel yang dapat memotret foto dengan kecepatan 5 foto per detik. Keutamaan kamera ini terletak pada baterainya yang tahan lama dan titik fokus yang akurat ketika Anda memotret menggunakan single-shoot AF.

Kategori Produk

Elektronik

Fashion

Outdoor

Rumah Tangga

Mainan & Anak

Kesehatan

Otomotif

Lihat semua