Tinggalkan headlamp, tinggalkan flashlight di ponsel! Lampu senter Nitecore dapat memenuhi kebutuhan penerangan Anda. Tautan ini akan memandu Anda dalam memilih lampu senter.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Daftar Harga NITECORE Terbaik 2020

Lampu Senter Nitecore, Lupakan Gelap Cerahkan Malam

Tanpa disadari, keberadaan lampu senter secara perlahan mulai terpinggirkan oleh fitur flashlight yang ada pada hampir semua ponsel di masa sekarang. Lalu, mengapa kita masih membutuhkan sebuah lampu senter di dalam keseharian yang serba modern ini?

Agaknya, kebutuhan penerangan kita menjadi jauh lebih praktis ketika kita membawa ponsel. Ukuran ponsel yang tipis dan tidak memakan banyak tempat tentunya tidak akan memberatkan beban.

Tapi, kebutuhan lampu senter sebetulnya masih cukup krusial. Flashlight pada perangkat ponsel hanya cukup untuk dipakai untuk memenuhi kebutuhan penerangan ringan sehari-hari. Flashlight pada ponsel memiliki cahaya dan jarak penyinaran yang terbatas.

Bila Anda menggunakan flashlight pada ponsel untuk berjalan dalam kegelapan di tengah hutan, maka kecil kemungkinan untuk dapat mengamati sekitar dengan seksama.

Contoh lain, ketika Anda membutuhkan penerangan yang memadai untuk melihat objek yang memiliki radius jarak lebih dari 10 meter, maka Anda tak akan dapat mengandalkan fitur di ponsel.

Belum lagi bila ponsel memiliki daya baterai yang tidak terlalu awet. Apakah Anda rela berbagi daya baterai ponsel untuk berlama-lama menyalakan flashlight? Kami rasa tidak.

Atas semua kondisi itu, maka lampu senter merupakan jawaban yang tepat. Dengan menggunakan lampu senter, Anda tak perlu khawatir ponsel menjadi lowbatt. Dengan menggunakan lampu senter, Anda dapat lebih leluasa menyinari medan yang lebih luas.

Beranggapan bahwa lampu senter merupakan benda yang tidak praktis? Coba scroll ke halaman atas, Anda akan menemukan banyak varian lampu senter yang dibuat Nitecore. Mulai dari yang berukuran lebih kecil dari telapak tangan, berbentuk seperti mainan kunci, hingga kekuatan penyinaran yang dapat bertahan hingga berjam-jam dipakai tanpa henti.

Memilih Lampu Senter Tak Sesulit Memilih Presiden Indonesia

Belakangan, lampu senter tak hanya kalah pamor oleh keberadaan fitur flashlight yang ada di ponsel pintar. Lampu senter juga mulai kalah bersaing dengan keberadaan headlamp. Kepopuleran headlamp juga didasari atas kepraktisan.

Anda tinggal memasang headlamp di lingkaran kepala tanpa perlu memberi beban pada tangan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda orang yang lebih memlih lampu senter atau headlamp?

Tapi sekali lagi, untuk beberapa hal headlamp tidak dapat memberi pencahayaan yang lebih baik dari sebuah lampu senter. Karena itu, lampu senter masih menjadi pilihan yang baik, terutama bila Anda ingin memiliki sinaran cahaya yang lebih luas.

Memang ada banyak tipe lampu senter di pasaran. Tapi memilih lampu senter yang sesuai kebutuhan bukanlah sebuah hal yang sulit. Saat memilih lampu senter, pertimbangkanlah beberapa hal berikut ini:

  • Kapan Anda akan menggunakan perangkat lampu senter.
  • Pilihlah lampu senter yang nyaman digenggam.
  • Pilihlah lampu senter yang memiliki tuas pengontrol sinar bila Anda bekerja di tempat yang sensitif dengan panas dan cahaya.
  • Pertimbangkanlah level sinar yang dipancarkan lampu senter.
  • Daya baterai sebesar apa yang Anda butuhkan untuk sebuah lampu senter.
  • Berat dan ukuran lampu senter.

Memahami Performa Sebuah Lampu Senter

Dimulai sejak tahun 2009, perangkat lampu senter memiliki satu standar khusus yang dapat memperlihatkan performa alat penerangan itu. Standar itu dinamai dengan ANSI FL1. Apa saja yang masuk dalam standariasi ANSI FL1?

Light Output

Takaran sinar yang ada pada lampu senter disebut sebagai lumens. Bila Anda membutuhkan lampu senter untuk kebutuhan membaca, maka alat yang berukuran 20 lumens sudah cukup ideal. Jika Anda memerlukan lampu senter untuk kegiatan luar ruangan seperti berkemah, naik gunung atau berburu malam hari diΒ­ hutan, maka pilihlah alat yang berukuran lebih dari 1000 lumens hingga 2000 lumens.

Beam Distance

Β­Jarak sinar juga cukup krusial untuk Anda pertimbangkan. Biasanya, setiap lampu senter mencantumkan keterangan jarak sinarnya dalam ukuran meter. Bila kebutuhan penerangan Anda adalah untuk berjalan saat malam hari, maka pilihlah lampu senter yang dapat menjatuhkan sinar hingga jauh.

Run Time

Biasanya memiliki ukuran dalam jam. Perlu Anda ingat, ketahanan cahaya juga dipengaruhi oleh jenis baterai yang Anda gunakan. Biasanya, cahaya yang dikeluarkan lampu senter semakin lama akan semakin berkurang seiring dengan menurunnya daya yang ada pada baterai karena pemakaian.

Water Resistance

Lampu senter juga dapat tahan air loh. Biasanya, lampu senter yang tahan air mencantumkan keterangan water resistance dalam ukuran IPX. Lampu senter yang memiliki ketahanan terhadap air akan sangat bermanfaat, terlebih bila Anda berkegiatan di luar ruangan. Anda tidak perlu khawatir lampu senter akan rusak ketika menggunakannya di bawah hujan.

Apa Itu Lumens?

Lumens adalah satuan untuk mengindikasikan ukuran terang atau gelapnya cahaya. Besaran lumens selaras dengan cahaya yang dipancarkan. Semakin besar angka lumens yang diterakan pada sebuah lampu senter, maka cahaya yang dipancarkan akan semakin besar pula.

Trik Sederhana Agar Lampu Senter Awet

Meski lebih banyak dipakai untuk kegiatan luar ruangan, bukan berarti lampu senter tak perlu perawatan. Jangan serta merta Anda memiliki lampu senter yang tahan air, maka Anda beranggapan alat penerangan itu tak butuh perawatan. Berikut langkah senderhana untuk menjaga keawetan lampu senter:

  • Ketika tidak digunakan, simpanlah lampu senter di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat fisik lampu senter dapat selalu prima.
  • Usahakan lampu senter tidak terbanting. Getaran yang disebabkan oleh bantingan akan membuat rusak bagian dalam lampu senter. Lampu senter yang hanya memilliki bodi plastik lebih rentan rusak.
  • Jangan mendiamkan lampu senter terlalu lama agar mesinnya tidak berkarat. Kelamaan disimpan juga dapat membuat rusak baterai lampu senter. Setidaknya, gunakan dalam sekali seminggu.
NEW