Selai cokelat dengan campuran rasa hazelnut ini sudah cukup lama menjadi teman sarapan banyak orang di dalam negeri. Tapi, tunggu dulu, seberapa jauh anda mengenal Nutella? Anda dapat mengetahui hal-hal lain mengenai Nutella yang tidak banyak dibicarakan di artikel berikut.

Makanan & Minuman nutella
Pakaian nutella
Handphone & Tablet Nutella
_

Apa yang Anda Tidak Ketahui Tentang Nutella Indonesia

Selai cokelat ini sudah dikenal luas di dalam negeri sebagai pelengkap sarapan. Bahkan, tidak sedikit yang mengkonsumsi Nutella tanpa disertai makanan lainnya, mungkin Anda adalah salah satunya. Jika Anda adalah salah satu penggemar militan Nutella, mungkin informasi berikut membuat Anda semakin mencintai selai cokelat ini.

Nutella Dan Perang Dunia II

Mungkin benar apa yang dikatakan oleh Walt Disney, tragedi yang terjadi dalam hidup kita seharusnya menjadi pelumas kreatifitas. Demikian yang terjadi pada selai cokelat Nutella yang awalnya dibuat untuk menggantikan cokelat yang sulit ditemui pada masa Perang Dunia II. Diciptakan oleh Pietro Ferrero pada masa 1940-an, pria Italia mencari cara untuk menggantikan cokelat, atau setidaknya membuat campuran cokelat dengan sesuatu yang terasa enak untuk dimakan. Pietro menemukan bahwa hazelnut, yang banyak ditemukan di dataran Eropa, bisa dicampur dengan cokelat dan rasanya pun enak.

Banyak yang mengira karena campuran hazelnut inilah yang membuat Pietro memberi nama produk selai cokelatnya sebagai Nutella, meskipun hingga saat ini, tidak ada yang tahu sejarah asli nama Nutella.

Pada awalnya, Nutella dipasarkan tidak dalam kemasan toples seperti sekarang ini, melainkan dalam bentuk batang. Namanya pun belum Nutella, tapi “Pasta Giadunja”. Baru di tahun 1964, Pietro mengganti nama selai cokelatnya dengan “Nutella”.

Nutella Selai Favorit di Seluruh Dunia

Tidak berlebihan rasanya jika Nutella mengklaim selai cokelatnya sebagai selai terfavorit. Karena di tahun 2014, akun Facebook resmi Nutella memiliki lebih dari 30 juta penggemar. Akun Facebook Nutella berada di peringkat ke dua di seluruh dunia untuk kategori makanan; peringkat pertama diduduki oleh Oreo.

Jika anda belum bisa membayangkan berapa banyak orang yang menyukai Nutella, ada analogi lainnya. Menurut data yang dirilis oleh U.S. Census Bureau, satu bayi lahir setiap 8 detik. Sebagai perbandingan, satu toples Nutella terjual setiap 2,5 detik.

Hingga saat ini, Nutella sudah dipasarkan di lebih dari 75 negara, termasuk Indonesia. Dan sudah tentu, ada berjuta-juta orang yang sudah termasuk ke dalam pecandu Nutella; nggak boleh sarapan tanpa Nutella. Bahkan, jika semua toples Nutella yang terjual di seluruh dunia selama setahun dikumpulkan bisa menutupi luas lapangan bola.

Nutella Indonesia Punya Hari Spesial

Ya, kalau Anda tidak tahu tentang hari spesial dimana semua orang merayakan keberadaan Nutella sebagai teman sarapan, Anda tidak sendiri. Jadi setiap 5 Februari diperingati sebagai hari Nutella sedunia. Biasanya, di tanggal ini orang-orang akan berbagi resep yang makanan yang bisa menggunakan Nutella, ataupun kenangan-kenangan mereka dengan Nutella. Mengapa Nutella begitu penting hingga memiliki hari spesial yang dirayakan oleh semua orang di seluruh dunia? Ternyata selai cokelat ini memang disukai oleh semua orang tanpa mengenal status sosial dan gender. Mulai dari Lady Gaga hingga Heidi Klum pernah menunjukkan kecintaannya kepada selai cokelat ini di depan publik.

Nutella Indonesia Sekarang

Kini Nutella tidak hanya menjadi teman untuk sarapan saja. Banyak orang yang sudah mengkreasikannya dengan jenis makanan dan minuman lain. Yang paling tekenal adalah milkshake Nutella. Banyak kafe dan restoran yang menyediakan menu ini selain milkshake yang sudah biasa kita kenal. Selain itu, Nutella pun kini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kue karena rasanya yang sudah dikenal baik oleh publik.

Keberhasilan Nutella ini membuat penciptanya, Pitero Ferrero mendirikan perusahaan yang khusus membuat produk makanan, dengan nama Fererro. Selain produk andalannya, Nutella, Ferrero juga membuat produk cokelat lainnya yang juga dikenal di seluruh dunia, Ferrero Rocher.

Nutella di Indonesia

Tidak ada yang tahu persis kapan Nutella mulai dipasarkan di Indonesia. Pada awalnya, penggemar Nutella di Indonesia hanya bisa mendapatkan produk selai cokelat ini melalui penjual independen yang biasanya menjual produknya dengan cara online. Maklum, Nutella hingga saat ini memang masih produk impor dan tidak memiliki pabriknya sendiri di dalam negeri. Selain mencari Nutella melalui penjual independen, penggemar Nutella di Indonesia juga biasanya mendapatkan selai cokelat ini dengan menitip ke kerabat yang sedang berpergian ke luar negeri.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, Nutella bisa didapat dengan mudah di pasaran. Varian yan ada di Indonesia adalah selai cokelat biasa dan juga Nutella Go, yang dapat dinikmati langsung dengan biskuit di dalam kemasannya.

Tidak mau ketinggalan dengan tren mencampurkan Nutella ke dalam makanan lainnya, tren ini pun ditemui di Indonesia. Belakangan ini, orang-orang di kota besar dihebohkan dengan Martabak manis yang menggunakan Nutella sebagai bahan pelengkap.

Setelah hebohnya martabak manis yang menggunakan Nutella, demam menggunakan Nutella sebagai bahan utama membuat produk makanan belum juga surut. Contohnya, ada juga yang mengkreasikan Nutella sebagai topping pizza, alih-alih menggunakan saus tomat, daging asap dan juga keju seperti pizza yang selama ini kita kenal.

Ternyata kehadiran Nutella memang membuat kita menjadi lebih kreatif dalam mengolah makanan sehari-hari. Apa saja jenis makanan yang bisa Anda buat menggunakan Nutella? Mungkin ini dapat menginspirasi Anda dalam mengkreasikan makanan yang sudah Anda kenal:

Nutella Brownies
Bahan yang Anda butuhkan sama dengan bahan untuk membuat brownies konvensional, yaitu: tepung terigu, gula pasir, margarin dan juga telur ayam. Hanya saja, jika biasanya kita menggunakan cokelat bubuk atau pun cokelat leleh, kini kita menggunakan Nutella sebagai penggantinya.
Nutella Ice Cream
Salah satu makanan yang paling mudah untuk dibuat. Caranya, Anda dapat menyiapkan pisang cavendish yang sudah dibekukan di dalam freezer selama seharian terlebih dahulu. Setelah itu, campur pisang beku dengan susu segar dan juga Nutella menggunakan mixer. Jika sudah tercampur rata, masukan adonan ke dalam freezer. Jika adonan sudah dirasa padat, Anda dapat menikmati es krim Nutella buatan sendiri.
Sus Isi Nutella
Untuk membuat makanan ini mungkin sedikit membutuhkan niat dan usaha. Pertama-tama, Anda harus membuat roti dari kue sus. Bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, butter atau margarin, telur dan gula. Campur dengan menggunakan mixer. Anda harus membentuk adonan ini menjadi seperti roti, dan panggang adonan di dalam oven hingga menjadi roti. Jika roti sudah siap, Anda dapat menggunakan Nutella sebagai isi dari roti.
Pancake Nutella
Bahan yang anda butuhkan untuk membuat pancake adalah tepung terigu, telur ayam, butter/margarin, susu segar, soda kue, dan juga gula. Campur bahan-bahan ini hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Buat pancake menggunakan penggorengan yang anti lengket. Setelah pancake jadi, Anda dapat mengoleskan Nutella di atas pancake yang masih hangat.
Pisang Nutella Keju
Jika Anda bukan tipe yang suka memasak, menu ini cocok untuk Anda karena sangat mudah untuk membuatnya. Bahan yang Anda butuhkan adalah pisang yang sudah dikupas, keju cheddar, dan juga Nutella. Panggang pisang yang sudah dikupas hinga kecokelatan. Kemudian oleskan Nutella dan juga taburi keju cheddar. Mudah bukan?

Daftar di atas baru sebagian contoh makanan yang bisa dikreasikan dengan Nutella. Ada banyak lagi menu makanan yang bisa Anda kreasikan dengan selai cokelat hazelnut ini. Anda juga bisa mendapatkan toaster dan oven yang dapat membantu membuat kreasi makanan dengan Nutella. Dengan Nutella, sarapan Anda tidak lagi membosankan!

NEW