Olahraga sepatu roda tidak pernah habis kehilangan penggemar. Mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa masih memiliki hobi bermain sepatu roda. Simak artikel ini untuk mengetahui tips bermain sepatu roda untuk pemula.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Tren Olahraga Sepatu Roda di Indonesia

Sepatu roda mulai ramai memiliki penggemarnya sendiri di tanah air sejak era 1970-an. Pada era tersebut, remaja-remaja di berbagai kota di Indonesia seperti terkena virus sepatu roda. Di berbagai belahan kota di tanah air, mudah ditemui remaja-remaja yang sedang bermain sepatu roda. Pada era ini, sepatu roda masih memiliki roda dengan posisi 2 roda di depan dan 2 roda di belakang.

Di era 1990-an, sepatu roda kembali menjadi tren di Indonesia terutama karena adanya pengembangan dari sisi produk sepatu roda itu sendiri. Sepatu roda yang tadinya memiliki posisi roda 2 roda di depan dan 2 roda lainnya di belakang, kini memiliki posisi roda di satu garis yang sejajar atau yang lebih dikenal sebagai inline skate.

Berbeda dengan sepatu roda generasi sebelumnya, dengan menggunakan sepatu roda generasi terbaru ini, kita bisa berselancar dengan lebih cepat meskipun membutuhkan lebih banyak keseimbangan untuk bermain dengan sepatu roda ini. Tidak heran jika bermain sepatu roda akan membakar banyak kalori dan membuat Anda lebih sehat dengan cara yang menyenangkan.

Teknik Dasar Bermain Sepatu Roda

Jika Anda sudah menemukan sepatu roda yang sesuai, selanjutnya Anda perlu mengenal teknik bermain skating yang baik dan benar. Hal ini diperlukan agar Anda tidak mudah cedera saat berlatih. Teknik dasar yang penting untuk Anda ketahui adalah teknik gliding dan teknik rem. Teknik gliding adalah teknik keseimbangan saat meluncur menggunakan sepatu roda. Sedangkan reknik rem adalah teknik yang dibutuhkan agar Anda bisa berhenti meluncur dengan baik tanpa perlu berpegangan. Biasanya tiap sepatu roda tidak sama letak tumpu remnya. Kenali letak titik tumpu rem sebelum meluncur agar Anda mahir dan fleksibel mengerem dan meluncur lebih cepat.

Agar Sepatu Roda Tidak Mudah Berjamur

Salah satu masalah yang sering kali hadir di sepatu roda Anda adalah masalah jamur. Dengan keringat pada kaki ketika Anda menggunakan sepatu roda, dan juga kelembaban akan membuat sepatu roda berjamur. Berikut ini adalah tips sederhana yang bisa Anda aplikasikan agar sepatu roda Anda terhindar dari jamur.

  • Jangan biarkan sepatu roda yang Anda miliki tumpang tindih dengan sepatu lainnya. Sepatu yang tumpang tindih akan menyebabkan bentuk sepatu menjadi berbeda dan tidak lagi layak untuk digunakan. Gunakan rak kayu ataupun lemari khusus untuk sepatu agar sepatu roda Anda tetap berada di tempatnya dan tidak tumaeng tindih satu dengan lainnya.
  • Beli gel silica untuk menghindarkan sepatu dari jamur. Kondisi negara kita yang tropis memang memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi sehingga Anda membutuhkan produk lain yang membantu Anda untuk menjaga sepatu agar tetap kering. Gel silica adalah jawaban.
  • Selalu bersihkan sepatu roda dari debu. Meskipun mungkin tidak Anda gunakan sehari-hari, atau hanya Anda gunakan pada acara-acara tertentu, selalu usahakan untuk membersihkan sepatu Anda dari debu.

Ragam Sepatu Roda dan Aksesorisnya di iPrice Indonesia

Untuk menjajal hobi ini, tentu Anda membutuhkan sepasang sepatu roda dan aksesorisnya terlebih dahulu. Salah satu sepatu roda berkualitas yang bisa Anda dapatkan di iPrice Indonesia adalah sepatu roda dari WeiQiu, Power, dan Ninja. Dapatkan juga aksesoris pendukungnya seperti perlengkapan pelindung berupa helm, pelindung tangan, pelindung siku dan pelindung lutut. Ingat, keamanan olahraga adalah yang utama. Selamat bermain sepatu roda dengan aman!

NEW