Kategori Produk
Produk
Kupon
Trend
Wishlist
Hemat Sekarang!
Kategori
×
×
Keinginan Anda akan kami penuhi!
Pantau terus dan jadilah yang pertama memakai wishlist kami:
Wishlist adalah catatan belanja yang bermanfaat, dijamin!
Sepatu Roda  >   >   >  Aksesoris Sepatu Roda
1,487 Produk

Aksesoris Sepatu Roda

Bermain sepatu roda memang menyenangkan, tapi tentu bukan olahraga main-main yang bisa diremehkan. Buat kamu yang sedang belajar bermain sepatu roda, simak artikel ini untuk mengetahui tips bermain sepatu roda dengan aman.

Hindari Cedera Saat Bermain Sepatu Roda

Bermain sepatu roda memang menyenangkan terutama bagi Anda yang senang menikmati permainan seru. Akan tetapi, permainan sepatu roda bisa berbahaya jika Anda tidak memperhatikan aspek keselamatan saat bermain. Mulai dari luka ringan seperti memar hhingga kematian akibat gegar otak karena terjatuh dan tertabrak. Untuk itulah Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum bermain sepatu roda.

Pilih Medan yang Aman dan Nyaman

Tempat paling aman untuk bermain sepatu roda biasanya berada di arena khusus sepatu roda seperti di taman kota atau area bersepeda yang terbebas dari lalu lintas sepeda motor. Penyebab kecelakaan terparah biasanya terjadi akibat tertabrak kendaraan bermotor atau cedera otak karena terjatuh tanpa menggunakan perlengkapan keselamatan yang cukup.

Arena bermain sepatu roda juga harus memiliki permukaan yang halus dan tidak licin serta memiliki penerangan yang cukup. Area bermain juga harus bebas dari sampah berserakan yang bisa membuat Anda tergelincir dan tersandung. Penggunaan sepatu roda di jalan hanya disarankan pada jalan-jalan yang sudah ditutup dari arus lalu lintas. Permainan di jalan kompleks harus berada di area yang terbebas dari kendaraan dan harus disertai palang pengaman. Jangan bermain sepatu roda di area blind spot seperti di belokan yang menghalangi pandangan pengendara yang mungkin melintas.

Siapkan Semua Perlengkapan Aksesoris Pelindung

Selalu gunakan perlengkapan pelindung berupa helm, pelindung tangan, pelindung siku dan pelindung lutut saat bermain sepatu roda. Perlengkapan seperti ini banyak didapat di toko-toko sepeda/seperta roda maupun toko-toko online seperti di iPrice Indonesia.

Gunakan perlengkapan yang sesuai dengan umur dan ukuran tubuh Anda agar tidak longgar dan tidak mengganggu gerakan selama bermain sepatu roda. Jangan lupa untuk mengenakan sepatu roda yang sesuai dengan ukuran kaki Anda karena menggunakan sepatu roda yang terlalu ketat atau longgar akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam bermain.

Selain itu kenali karakteristik sepatu roda yang akan Anda pakai. Umumnya sepatu roda terbagi menjadi dua macam, yakni inline skate (sepatu dengan roda yang letaknya sejajar) dan two-line skate yaitu sepatu yang terdiri dari empat buah roda (dua buah di belakang dan dua buah di bagian depan). Jika Anda masih pemula disarankan untuk memilih two-line skate karena lebih seimbang sehingga Anda tidak mudah jatuh.

Teknik Dasar Bermain Sepatu Roda

Jika Anda sudah menemukan sepatu roda yang sesuai, selanjutnya Anda perlu mengenal teknik bermain skating yang baik dan benar. Hal ini diperlukan agar Anda tidak mudah cedera saat berlatih. Teknik dasar yang penting untuk Anda ketahui adalah teknik gliding dan teknik rem. Teknik gliding adalah teknik keseimbangan saat meluncur menggunakan sepatu roda. Sedangkan reknik rem adalah teknik yang dibutuhkan agar Anda bisa berhenti meluncur dengan baik tanpa perlu berpegangan. Biasanya tiap sepatu roda tidak sama letak tumpu remnya. Kenali letak titik tumpu rem sebelum meluncur agar Anda mahir dan fleksibel mengerem dan meluncur lebih cepat.

Aksesoris Sepatu Roda yang Perlu Anda Miliki

Seperti namanya, pelindung siku digunakan untuk melindungi siku Anda dari benturan. Tak peduli apakah Anda baru belajar bermain sepatu roda atau merupakan pemain sepatu roda yang handal, pelindung siku sangat penting agar jika sewaktu-waktu Anda terjatuh, siku Anda tidak terbentur dan tidak retak. Setelah memiliki pelindung siku, jangan lupa untuk memakai pelindung lutut juga. Pelindung lutut sangat penting agar tempurung lutut Anda tidak memar, terluka atau retak saat terjatuh. Jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, pelindung lutut dapat mencegah kaki Anda patah.