Harga Tenda di Indonesia

6,499 Produk

Mencari tenda untuk kemping di gunung atau di belakang rumah atau di bumi perkemahan? Kenali tenda kemping yang cocok untuk kebutuhan Anda di artikel ini.

Atur berdasarkan: Popularitas Harga
×
Kami sedang berupaya menyiapkan fitur ini untuk Anda. Simak selalu!

Daftar Harga Tenda Terbaik 2018

10 Produk Terbaik Harga Toko
Explorer 1P Beta Tent Tenda - Orange [1 Orang] Rp 990.000 Blibli
Magnum 4 Tenda - Tosca [Kap. 4 Orang] Rp 1.205.000 Blibli
Tenda superlight for 2 person Rp 555.000 Lazada
Monodome Pro Tenda [2 Orang] Rp 600.000 Blibli
NH P3 Kit Series Tent Camping Tenda - Green [2 Orang] Rp 750.000 Blibli
tenda multi hut Rp 700.000 Tokopedia
Paket Perlengkapan Naik Gunung 01 tanpa tenda Rp 1.100.000 Lazada
tenda summertime Rp 600.000 Tokopedia
Promo Tenda Camping Monodome 2 Ultralight - Biru Rp 344.000 Lazada
tenda rei not eiger great outdoor Rp 349.000 Tokopedia

Tenda Apa yang Ideal Untuk di Gunung Indonesia?

Harga tenda tidak selalu dapat mencerminkan kemampuannya. Tenda yang efisien tidak mesti harus mahal. Yang murah pun belum tentu berguna. Sebelum memutuskan pilihan pada tenda tertentu, Anda mestilah mempertimbangkan untuk berkegiatan seperti apa tenda itu digunakan nantinya.

Ada empat jenis tenda yang bisa dibedakan berdasarkan kebutuhan, yakni:

  • - Tenda Bivak. Tenda jenis ini berbentuk paling sederhana karena biasanya dibuat pada saat darurat menggunakan ponco atau jas hujan yang diikatkan pada pohon.
  • - Tenda Dome. Bentuknya yang menyerupai dome membuat tenda ini menjadi populer dengan istilah tenda Tenda ini biasa dipakai untuk kegiatan outdoor mendaki gunung karena ringan, ringkas dan frame yang kuat saat didirikan. Pemasangannya juga cukup mudah.
  • - Tenda Pramuka. Tenda ini dapat menampung orang dalam jumlah banyak. Hanya saja, proses pendirian tenda ini cukup sulit, terlebih bila dikerjakan oleh satu orang.
  • - Flysheet. Tenda ini biasanya digunakan untuk melengkapi tenda jenis lain karena lebih berfungsi sebagai pelindung/atap.

Apakah Anda mencari tenda terbaik yang bisa dipakai untuk keperluan outdoor di pegunungan? Atau Anda hanya ingin melakukan kemping di halaman depan rumah? Tidak semua tenda cocok digunakan untuk kemping di atas gunung. Beberapa tenda hanya mampu mengakomodir kegiatan di kaki gunung. Beberapa yang lainnya hanya cukup untuk bertahan dari udara malam di halaman perumahan Anda.

Seiring meningkatnya minat untuk mendaki gunung, maka banyak produsen perlengkapan outdoor membuat tenda dengan beragam kualitas, fungsi dan harga. Maka, jangan buru-buru dalam memilih tenda. Kejelian Anda dalam memilih tenda (khususnya tenda untuk kemping di gunung-gunung Indonesia) bisa dimulai dengan memperhatikan sejumlah hal di bawah ini.

Bahan Tenda

Bila Anda ingin membeli tenda untuk mendaki gunung, pertimbangkanlah tenda yang dibuat dari bahan nylon karena bahan ini sangat ringan, kuat dan elastis. Nylon juga tahan terhadap panas dan rembesan air sehingga ketika cuaca panas atau hujan sekalipun, Anda tetap bisa leluasa beristirahat di dalam tenda. Proses pengeringan bahan ini juga lebih cepat dibanding bahan katun. Ketika kemping di gunung, tenda yang kering akan sangat krusial karena bukan hanya berhadapan dengan panas atau hujan tapi juga harus bertahan dari lembabnya udara.

Tinggi Tenda

Mengapa Anda harus memperhatikan tinggi sebuah tenda untuk digunakan mendaki gunung? Gunung yang tinggi juga memiliki intensitas angin yang kencang. Bila Anda membawa tenda yang cukup tinggi ke atas gunung maka kemungkinan mendapat terjangan angin juga akan lebih tinggi. Karena itulah banyak tenda yang didirikan di atas gunung tidak lebih tinggi dari dada orang dewasa.

Kelengkapan Flysheet

Untuk menekan harga, banyak tenda yang dijual terpisah dengan flysheet. Padahal keberadaan flysheet sama pentingnya dengan tenda itu sendiri. Di atas gunung, flysheet sangat berguna untuk menjaga tenda utama dari terpaan angin, guyuran hujan dan meneduhkan tenda dari sinar matahari. Tenda juga akan mudah lembab bila tidak dilapisi flysheet. Hal ini tentu akan berimbas pada kesehatan pendaki di dalam tenda yang bisa kedinginan bahkan lebih buruk menjadi hipotermia.

Vestibule Tenda

Pernahkah Anda melihat bagian depan tenda yang seperti teras, lengkap dengan semacam atap/kanopi? Itulah yang dinamai dengan bagian vestibule. Bagian ini banyak fungsinya, mulai dari tempat menaruh sepatu hingga dapat menjadi dapur masak ketika hujan karena terlindung oleh ata/kanopi di bagian atasnya. Sayangnya tidak semua tenda memiliki fasilitas ini.