Hidup jadi lebih mudah dengan USB OTG! Jika kamu belum mengenal USB OTG, informasi selengkapnya ada pada artikel ini!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

USB OTG alias USB On-The-Go, Apa Benar Sesuai dengan Namanya?

Ada berbagai macam USB di pasaran. Sebagian orang merujuk USB sebagai flashdisk, tapi sebenarnya USB adalah kabel penghubung antara sebuah perangkat dengan perangkat lainnya. Biasanya, untuk memindahkan data dari sebuah perangkat dan memindahkannya, kamu membutuhkan komputer atau laptop. Bagaimana jika saat itu kamu tidak memiliki laptop tapi ingin memindahkan data dari flashdisk ke HP? Aduh, sangat merepotkan! Lagipula, masa harus menyalakan laptop untuk memindahkan data? Tenang saja, kamu bisa memakai USB OTG!

USB On-The-Go alias USB OTG adalah sebuah koneksi USB yang memugkinkan sebuah perangkat untuk membaca data dari koneksi USB tanpa memerlukan komputer atau laptop. Bagi para pemilik HP Android, sebagian besar Android terbaru sudah mendukung fitur USB OTG sehingga kamu bisa memindahkan data dari flashdisk atau harddisk ke HPmu, dan sebaliknya. Ini adalah fungsi utama dari USB OTG. Fungsi lainnya dari USB OTG adalah memberikan pengalaman bermain game di Android yang lebih seru karena kamu bisa memakai joystick gamepad!

Sebelumnya, kamu harus mengecek terlebih dahulu apa Android millikmu dapat mendukung USB OTG. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melihat informasi spesifikasi pada kotak HP atau tablet. Kamu juga bisa mengecek hal ini pada kolom spesifikasi secara online, seperti di iPrice Indonesia. Jika kamu berencana membeli HP Android baru, ada baiknya kamu memilih HP yang telah dilengkapi dengan fitur ini. Biasanya, perangkat yang dapat mendukung USB OTG memiliki logo pada kotaknya. Masih ragu? Gunakan saja aplikasi USB OTG Checker yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini dapat memberitahu apakah gadget-mu mendukung USB OTG atau tidak.

Macam-macam Kegunaan USB OTG Indonesia

Untuk menggunakan USB OTG, kamu membutuhkan kabel konektor alias adapter dari USB OTG tersebut. Kabel USB OTG bisa kamu dapatkan di toko dan secara online di iprice Indonesia dengan harga murah meriah. Kamu juga bisa mendapatkan aneka diskon menarik setiap harinya, lho! Beberapa pilihan kabel USB OTG yang bisa kamu dapatkan adalah OTG Cable Connection Kit Mobile Phone / Kabel – Putih, OTG Kabel USB Samsung Galaxy Tab - Iphone 3G/ 3GS – Hitam, OTG Premium USB Adapter Kabel Micro – Hitam dan OTG USB Cable for Android + iRing Stand Mobile Phone.

Selain murah, kabel USB OTG yang tersedia secara online dalam koleksi handphone & tablet OTG juga berkualitas sehingga awet dan tahan lama. Seiring dengan meningkatnya popularitas USB OTG, sekarang sudah banyak penjual yang menawarkan flash disk beserta USB OTG. Biar lebih komplit, gitu! Tentu saja harga paket ini lebih mahal dari USB OTG biasa karena desainnya menjadi lebih simple dan tanpa kabel. Beberapa pilihannya adalah OTG Flash Disk Vgen 8 Gb, OTG New Double Use Android USB Flash Drive Pen DriveUSB 2.0 Pendrive Flash Drive Micro USB Stick (16 Gb, Blue) dan OTG Flashdisk For Android 8 Gb.

Lalu, apa saja kegunaan dari USB OTG? Jika kamu memiliki HP atau tablet Android yang sudah mendukung USB OTG, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti menghubungkan flash disk atau harddisk langsung ke Android. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa mentransfer data dari flash disk atau harddisk ke Android secara langsung tanpa memerlukan komputer atau laptop. Dengan begini, kamu dapat menghemat waktu, tempat dan tenaga. Bagi kamu yang hobi bermain game dengan HP, tingkatkan pengalaman bermain game-mu dengan USB OTG! Dengan USB OTG, kamu bisa main game di Android dengam menggunakan joystick. Ada beberapa game yang lebih mudah dan seru jika dimainkan dengan joystick. Kamu jadi tidak perlu membawa Xbox atau Playstation kemana-mana, deh! Cukup HP Android, USB OTG dan joystick!

Nah, bagi kamu yang suka bekerja dengan HP, tentunya mengetik email, surat atau artikel dengan keyboard virtual dari HP sangat memakan waktu. Dengan USB OTG, kamu bisa menghubungkan gadget Androidmu kepada keyboard dan mouse! Mengetik jadi lebih cepat dan nyaman, deh! Jika kamu ingin lebih ringkas lagi, bisa memilih wireless mouse dan wireless keyboard. Jaman sekarang, semuanya bisa serba ringkas! USB OTG juga memungkinkanmu mencetak dokumen dan foto langsung dari Android ke printer, lho! Tinggal colok USB OTG pada printer dan gadget Android, kamu bisa mencetak dokumen tersebut. Sebagai catatan tambahan, ada beberapa merek printer seperti Canon yang mengharuskan kamu menginstall aplikasi khusus. Maka, dapatkan dulu aplikasi khusus ini dari Google Play Store. Tenang saja, aplikasi ini gratis.

Bagi kamu yang hobi fotografi dan memilik kamera DSLR, kamu akan sangat membutuhkan USB OTG! USB OTG juga dapat kamu manfaatkan sebagai controller untuk kamera DSLR. Kamu dapat melihat tayangan kamera DSLR secara langsung lewat gadget Androidmu sehingga tampilan kamera menjadi lebih besar dan jelas. Untuk memakai fitur ini, kamu harus meng-install aplikasi DSLR Controller. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur lainnya seperti focus, control shutter speed, capture dan lain-lain. DSLR Controller dapat digunakan untuk beberapa kamera Canon, Nikon dan Sony. Namun, aplikasi yang ini tidak gratis, tapi dijual dengan harga sekitar sembilan puluh ribu rupiah.

Masih tersedia juga koleksi komputer OTG, audio & hi-fi OTG, aksesoris mobil OTG dan lainnya di iPrice Indonesia.

Anda mungkin juga menyukai

NEW