Dikenal sebagai salah satu warisan budaya nasional, batik sampai sekarang terus digunakan sebagai pakaian banyak orang Indonesia. Tidak hanya untuk acara-acara formal seperti pernikahan, tapi juga untuk aktivitas santai sehari-hari. Kamu bisa menemukan produk katalog batik terlengkap mulai dari kain hingga baju batik dengan berbagai model di iPrice. Temukan juga beragam motif dan jenis batik dari berbagi daerah seperti batik pekalongan, batik solo, batik bali, dan masih banyak lagi. Selain katalog produk, kamu juga bisa langsung mendapatkan harga batik yang terbaik dengan menggunakan fitur pembanding harga iPrice.

Jenis-jenis Batik | Tips Memilih Batik Berkualitas

_

Daftar Harga Batik Terbaik 2021

Temukan Katalog Batik Terlengkap di iPrice Indonesia

Batik adalah kain yang digambar atau dilukis dengan menggunakan cairan lilin malam dan canting untuk menghasilkan pola-pola tertentu. Kain berpola ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya nasional Indonesia pada tahun 2009. Kini, kain khas Indonesia ini hadir dengan beragam model seperti bahan kain, atasan, dress, dan bawahan batik yang dipakai sebagai pakaian sehari-hari. Semua produk ini bisa kamu temukan di katalog batik yang ada di iPrice. Namun, sebelum beli batik, kenali juga berbagai informasi terkait di bawah ini.

Jenis Batik Berdasarkan Cara Pembuatan

Batik tulis

Batik tulis dibuat dengan cara melukiskan lilin membentuk pola-pola tertentu menggunakan canting yang kemudian diberi warna dan dijemur. Karena dilukis manual dengan tangan yang membutuhkan kesabaran, maka proses pembuatannya juga terbilang lebih lama. Karena pembuatan yang lebih rumit, harga batik jenis ini biasanya juga lebih mahal.

Batik cap

Berbeda dengan batik tulis, batik cap dibuat lebih cepat karena untuk menghasilkan pola-polanya dibuat dengan menggunakan alat cap dengan desain tertentu yang dicelupkan ke lilin dan ditekan pada kain. Motif atau pola di batik cap memiliki bentuk yang lebih seragam karena sudah menggunakan cetakan pola yang sama. Karena biasanya dibuat secara masal, harga batik jenis ini juga jadi lebih murah dibanding batik tulis

Batik printing atau batik sablon

Berbeda dengan jenis lainnya, batik sablon atau printing tidak dibuat menggunakan lilin dan canting. Proses pembuatan pola-polanya dilakukan dengan proses sablon. Walaupun harga batik jenis ini lebih terjangkau, kelemahan batik sablon atau printing ada pada kualitasnya yang cenderung lebih cepat luntur.

Jenis-jenis Batik dan Asalnya

Selain berdasarkan cara pembuatan, di katalog batik yang ada di iPrice kamu juga bisa menemukan berbagai jenis motif batik yang berbeda dari banyak daerah. Berikut beberapa contohnya:

  • Batik Parang Kusumo: Motif dari batik Solo ini punya ciri khas menyerupai gulungan ombak lautan.
  • Batik Mega Mendung: Seperti namanya, motif dari batik Cirebon ini memiliki bentuk seperti gumpalan awan yang berlapis.
  • Batik Ulamsari Mas: Menampilkan gambar ikan dan udang sebagai desainnya, motif ini jadi salah satu yang populer dari batik bali.
  • Batik Tujuh Rupa: Motif dari batik Pekalongan ini menampilkan campuran pola hewan dan tumbuhan.
  • Batik Kawung: Motif batik yang populer ini memiliki desain bulatan lonjong seperti kolang kaling yang disusun empat sisi membentuk lingkaran. Motif ini berasal dari batik Jawa Tengah dan Jogjakarta.
  • Batik Lasem: Motif batik ini dikenal dengan warna yang lebih mencolok dengan dominasi merah. Motf dari Batik Rembang ini memang kental dengan pencampuran budaya Jawa dan China.
  • Batik Cendrawasih: Motif dari batik Papua ini menampilkan keindahan burung cendrawasih dalam perpaduan warna-warna yang cantik.

Tips Memilih Batik Berkualitas

Bingung memilih produk terbaik di katalog batik yang ada di iPrice? Beberapa tips ini bisa membantu kamu memilih batik yang berkualits.

Kenali Jenis yang Mau Dibeli

Jika kamu mencari yang memiliki kualitas terbaik, maka batik tulis atau cap jadi pilihan yang tepat. Untuk membedakan jenisnya kamu juga bisa lihat pola kain secara bolak balik. Karena dibuat dengan lilin maka pola di batik tulis atau cap biasanya akan tembus di bagian depan dan belakang. Berbeda dengan batik print atau sablon yang hanya menampilkan pola dan warna di satu sisi saja. Kamu juga bisa membedakan jenis kainnya dari bau. Pada batik print bau tekstilnya lebih menyengat.

Lihat Jenis Bahan Kain

Bahan kain akan mempengaruhi kenyamanan saat dipakai. Pilih bahan yang paling sesuai kebutuhan. Misalnya untuk penggunaan sehari-hari kamu bisa cari bahan katun yang lebih mudah menyerap keringat. Sementara untuk acara formal kamu bisa cari bahan sutra yang lebih terlihat mewah. Selain dua jenis bahan ini kamu juga bisa menemukan jenis kain seperti serat nanas, mori hingga kain paris pada batik yang ingin dibeli.

Pertimbangkan Motif

Banyak motif yang bisa dipilih di katalog batik yang ada di iPrice. Kamu bisa pilih sesuai selera. Tapi kamu harus tau bahwa semakin rumit motifnya tentu semakin tinggi nilai batiknya ya.

Dapatkan Harga Batik yang Terbaik di iPrice

Selain bisa menemukan katalog batik terlengkap, di iPrice kamu juga bisa menemukan harga batik yang terbaik. Caranya mudah. Cukup pilih produk yang diinginkan lalu gunakan fitur pembanding harga yang ada untuk mendapatkan harga batik yang paling murah dari semua e-commerce se-Indonesia. Tunggu apa lagi? Yuk, beli batik di iPrice sekarang!

NEW