Toko online Panda menyediakan berbagai macam barang yang identik dengan gambar binatang asal Cina ini. Simak artikel ini untuk mengetahui fakta tentang hewan panda.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Mengenal Panda, Binatang yang Paling Dicintai

Sebagai unofficial maskot negara Cina dan lambang organisasi non-profit yang bergerak dalam pelestarian hewan-hewan liar, World Wildlife Fund, panda adalah salah satu hewan yang paling dicintai di dunia. Panda juga merupakan salah satu hewan yang statusnya sudah langka di dunia, yaitu hanya sekitar 1600 ekor yang hidup di alam liar. Upaya konservasi dan program pemuliaan saat ini sedang dilakukan untuk mengembalikan populasi panda ke habitat asli mereka di hutan pegunungan Cina barat daya.

Panda ditandai dengan warna hitam dan putih, telinga, moncong mulut, mata, bahu dan kakinya berwarna hitam sedangnya sisany berwarna putih. Bulu tebal mereka membuat mereka merasa hangat di zona pegunungan yang basah dan dingin. Ketika merangkak, panda memiliki tinggi antara 60-100 cm dan panjang antara 1-2 meter. Berat badan mereka antara 100-115 kg, dengan panda jantan yang lebih besar dari betina.

Salah satu ciri-ciri evolusi menarik dari panda yang menonjol adalah tulang pergelangan tangan mereka yang bertindak seperti ibu jari. Hal ini membantu panda memegang bambu sementara mereka mengunyah dengan gigi geraham mereka yang kuat. Bambu menjadi makanan khas panda. Karena nilai gizi yang rendah pada bambu, panda perlu makan sekitar 10-20 kg bambu per harinya. Kadang-kadang panda akan memakan makanan lain, termasuk tikus kecil, telur, ikan dan flora lainnya. Bambu memang dapat menyediakan jumlah air, namun panda tetap harus meminum air segar setiap hari.

Ketika panda berumur antara 4-8 tahun, mereka menjadi dewasa dan mampu bereproduksi. Namun, panda betina hanya bisa hamil saat 2-3 hari di setiap musim semi. Dalam waktu yang singkat ini, panda jantan dan panda betina akan menemukan satu sama lain melalui aroma dan panggilan mirip dengan kambing atau domba. Mereka tidak mengaum seperti beruang pada umumnya.

Sekitar 95-160 hari mengandung, panda betina akan melahirkan. Anak panda yang baru lahir memiliki mata yang masih buta, berbulu sedikit, berbentuk kecil, dan memiliki berat hanya 85-140 gram. Karena benar-benar tidak berdaya, anak panda tidak bisa bergerak banyak selama hampir tiga bulan. Ibu pandan akan sangat protektif dan berhati-hati dalam merawat anaknya.

Status Konservasi Panda

Karena kenyataan bahwa panda memiliki kesulitan untuk bereproduksi membuat populasi mereka sangat sulit untuk bertambah. Panda saat ini diklasifikasikan pada IUCN Red List sebagai spesies yang terancam punah.

Salah satu alasan utama panda menjadi hewan yang terancam punah adalah kerusakan habitat mereka. Karena penduduk di Cina terus tumbuh, habitat panda akan diambil alih oleh pembangunan, mendorong mereka ke daerah-daerah yang lebih kecil dan kurang layak huni. Perusakan habitat juga menyebabkan kekurangan pangan. Panda memakan beberapa jenis bambu yang mekar pada waktu yang berbeda tiap tahunnya. Jika salah satu jenis bambu dihancurkan oleh pembangunan, maka akan mengakibatkan peningkatan resiko kelaparan bagi panda.

Suaka margasatwa telah didirikan oleh pemerintah Cina untuk memastikan panda memiliki rumah. Para peneliti terus mempelajari bagaimana panda berkembang biak dalam upaya untuk meningkatkan populasi.

Fakta Unik Profesi Perawat Panda

Merawat panda ternyata membutuhkan cara khusus, tidak dapat sembarangan. Di Cina, staf kebun binatang bahkan memperkerjakan perawat panda yang dianggap menjadi profesi unik. Berikut terdapat fakta unik pekerjaan seorang perawat panda.

Kuasai Beragam Skill

Panda memang dikenal sebagai hewan jinak, manja, dan friendly. Makanya secara umum perawat panda nggak sekedar memberi makan, tapi juga memberi perhatian khusus. Seperti ikut main bersama, menggendong, bahkan memeluk panda ketika mereka ketakutan. Uniknya, perawat panda juga memakai konstum layaknya panda. Pemakaian kostum bertujuan agar panda tidak merasa terancam dengan kehadiran perawat di dekatnya. Pemakaian kostum panda ini hanya dilakukan waktu melakukan pemindahan lokasi perawatan panda.

Namun begitu, syarat untuk menjadi perawat panda ternyata bermacam-macam. Dilansir dari China Daily, perawat panda harus memiliki pengalaman dasar merawat hewan ala veterinarian, kemampuan menulis, hingga fotografi.

Menyita Banyak Waktu

Kalau Anda mengira kerja jadi perawat panda itu asik dan senang-senang terus, Anda salah. Sebab pekerjaan ini banyak menyita waktu. Hal ini ditutukan oleh Michael Livingstone, seorang perawat panda dari Kebun Binatang Edinburgh, Skotlandia, seperti yang dilansir Guardian. Para perawat panda ini menjaga panda 7 hari seminggu, dan selama 24 jam sehari. Maka dari itu mereka membutuhkan banyak perawat panda untuk bekerja bergantian merawat panda-panda tersebut. Namun walaupun menyita banyak sekali waktu, para perawat panda mengaku senang dan menganggap pekerjaan ini sebagai berkah.

Penghasilan Tinggi

Bekerja dengan waktu padar dan skill esktra, rasanya tidak heran jika gaji seorang perawat panda sangat menjanjikan. Di Cina, gaji seorang perawat panda mencapai 32.000 USD setahun atau setara dengan 35 juta rupiah per bulan.

Tampil Lebih Cute dengan Pakaian Bermotif Panda

Seperti yang kita tahu, panda merupakan binatang lucu dengan kerap kali dijadikan sebagai motif dalam desain pakaian. Motif-motif berbentuk panda ini kemudian “menjelma” menjadi atasan, pakaian, tas, sepatu, hingga hiasan kamar tidur. Berbagai macam pakaian bermotif panda seringkali diasosiasikan dengan sifat lucu, imut, dan menggemaskan. Ada pula sebagian orang yang sangat fanatik dengan motif panda dan memakai pakaian motif panda dari atas hingga bawah. Sekarang kamu juga bisa mendapatkan aneka pakaian dan aksesoris lucu bermotif panda di iPrice Indonesia, lho!

NEW