Lantai merupakan bagian dari rumah yang tidak boleh terlewatkan dari kegiatan bersih-bersih karena paling sering terinjak dan tertimpa kotoran. Simak artikel ini yuk untuk tips membersihkan lantai yang benar!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Anda mungkin juga menyukai

Jenis-Jenis Kain Pel yang Terdapat di iPrice Indonesia

Berbicara soal membersihkan lantai, selain menyapunya dengan sapu kering, Anda juga tidak boleh melewatkan kegiatan pembersihkan lantai menggunakan kain pel. Pada saat mengepel lantai, Anda tidak hanya menyingkirkan debu dan kuman, tetapi juga mengurangi bau tidak sedap serta menghilangkan kotoran berminyak. Hal ini membuat rumah Anda terasa bersih dan nyaman. Ternyata jenis kain pel yang tersedia di pasaran cukup banyak, berikut ini terdapat jenis-jenis kain pel yang bisa Anda simak:

Kain Pel Biasa

Kain pel biasa merupakan selembar kain yang berfungsi untuk mengelap lantai secara manual dengan tangan. Kelebihan mengelap lantai dengan kain pel biasa adalah lantai menjadi lebih bersih secara menyeluruh karena kita mengetahui spot-spot yang kotor secara jelas. Kelebihannya Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk mengelap ubin satu persatu di rumah Anda dan mengharuskan untuk jongkok.

Kain Pel dengan Gagang Tongkat

Pel tongkat memiliki daya ungkit. Luas daerah yang bisa Anda pel dengan pel tongkat lebih besar dibandingkan dengan kain pel biasa. Sehingga memungkinkan Anda menggunakan tenaga yang lebih sedikit dalam tempo yang lebih singkat untuk membersihkan rumah Anda. Kain pel tongkat juga terbagi atas model pelnya.

Pertama adalah model tali temali yang paling standar. Tali temalinya menempel jadi satu dengan tongkat. Apabila kain pel sudah berbau dan kotor, Anda harus menggantinya dengan yang baru. Selain itu, pel model ini menghasilkan lebih banyak sampah. Pel yang berbentuk rumbai-rumbai terbuat dari tali atau kain panjang efektif untuk mengepel pojok ruangan yang sempit dan menggosok bahan-bahan yang melekat pada permukaan lantai. Namun jenis ini lebih sulit dibersikan karena tidak mudah dilepas dan dicuci.

Kedua adalah pel tongkat tempel. Pel ini tinggal Anda tempelkan ke kain lalu bisa untuk mengepel lantai. Kelemahannya adalah saat permukaan kepalanya menjadi kotor, tertutup oleh helai-helaian rambut atau benang, daya rekatnya menjadi berkurang.

Cara Mengepel Lantai dengan Benar

Sebelum Anda mengepel lantai ruangan di rumah Anda, mulailah dengan mempersiapkan area yang akan dipel. Sisihkan meja kecil, kursi, dan perabotan rumah tangga lain dari ruangan yang akan Anda pel. Gunakan sapu dan pengki atau mesin pengisap debu untuk menyingkirkan kotoran dan debu. Buang debu dan kotorannya di tempat sampah. Selanjutnya Anda bisa mengepel lantai ruangan Anda dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Isi ember dengan air dan produk pembersih lantai. Pastikan Anda menggunakan produk pembersih dalam jumlah yang tepat. Jumlah yang terlalu banyak malah bisa membuat lantai Anda licin dan tidak aman untuk anak-anak. Baca dan ikuti petunjuk pemakaian produk pembersih lantai pada kemasannya.
  • Celupkan alat pel ke dalam ember, putar beberapa kali, lalu peras supaya tidak terlalu basah. Hindari membuat genangan air di lantai.
  • Mulailah mengepel dari pojok ruang yang paling jauh dari pintu. Gerakkan alat pel dari satu sisi ke sisi lain dalam bentuk angka delapan (untuk alat pel berbentuk rumbai-rumbai tali) atau garis lurus (untuk alat pel berbahan spons).
  • Bilas lap pel di dalam emper setiap beberapa saat, peras, dan lanjutkan mengepel. Ganti air di dalam ember kalau sudah butek atau kotor.
  • Berjalanlah mundur sambil menggerakkan alat pel sampai seluruh permukaan lantai tertangani. Ingat, berjalan mundur menuju pintu supaya Anda tidak terjebak di pojokan.
  • Biarkan lantai hingga kering sepenuhnya sepenuh Anda menginjaknya lagi.

Tips: Untuk lantai kayu yang dilaminasi atau tidak, gunakan sedikit air untuk mencegah penggembungan. Lantai berbahan tegel dapat menyerap air lebih banyak tanpa menyebabkan kerusakan. Sedangkan keramik/porselen mudah menimbulkan genangan.

Dapatkan Kain Pel Secara Mudah di iPrice Indonesia

Sekarang model kain pel semakin beragam. Terdapat kain pel dengan wadah bilas otomatis yang memudahkan Anda saat memeras kain pel. Terdapat juga kain pel tongkat dengan teknologi steam cleaner yang menggunakan uap air saat membersihkan lantai Anda. Anda bisa membeli kain pel tersebut secara online di iPrice Indonesia.