AC atau air conditioner adalah salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan terutama di negara beriklim tropis untuk mendinginkan ruangan. Terdapat berbagai jenis pendingin ruangan yang bisa kamu temukan di pasaran berdasarkan fungsi, ukuran hingga merk-nya. Beberapa merk yang terkenal itu seperti Sharp, Panasonic, Samsung, dan lain-lain. Jika kamu ingin beli AC untuk kebutuhan rumah, simak dulu ulasan lengkap mengenai rekomendasi AC, harga AC hingga tips memilih pendingin ruangan di bawah ini.

Rekomendasi Merk AC | Tips Memilih AC

_

Daftar Harga AC Terbaik 2021

10 Produk Terbaik Harga Toko
Sharp AC AH-A5UCY Rp 2.448.900 Tokopedia
Sharp AC AH-A9UCY Rp 2.725.000 Tokopedia
Sanken SAC-55 Rp 1.340.000 Lazada
Sharp AH-A5SEY Rp 2.950.000 Tokopedia
Polytron PAC 05VX Rp 2.559.000 Tokopedia
Sharp PJA-36 Rp 923.000 Shopee
Sharp AH-A18UCY Rp 2.200.000 Shopee
Sharp Jetstream PCI AH-AP5SSY Rp 3.189.000 Shopee
Panasonic AC Standard CS/CU-YN9WKJ Rp 2.421.000 Bukalapak
Midea AC120-16AR Rp 1.149.000 Tokopedia
Terpopuler
Sharp AC AH-A5UCY

Termurah di Tokopedia Rp 2.448.900 Kunjungi Toko

Panduan Membeli AC

Membeli pendingin ruangan untuk dipasang di rumah tidak boleh asal. Tidak hanya harus mempertimbangkan harga AC yang sesuai budget, kamu juga harus memikirkan jenis yang sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Rekomendasi Merk AC

AC Daikin

Daikin adalah AC asal Jepang yang dikenal dengan fitur yang hemat energi (low watt), dengan tampilan yang simpel dan juga tahan lama. Untuk kamu yang sedang mencari AC Daikin, ada beberapa tipe yakni AC Daikin Inverter, AC Daikin Non-inverter, dan AC Daikin Low Watt.

AC Sharp

AC Sharp juga jadi salah satu merek AC di Indonesia. Selain awet dipakai bertahun-tahun, AC Sharp juga punya fitur Plasmacluster yang bisa menghilangkan jamur, virus, bau, serta zat alergen dari udara di ruangan. Selain itu, AC Sharp juga hemat listrik (low watt) dengan fitur Auto Swing yang menciptakan hembusan angin ke seluruh ruangan dalam waktu singkat.

AC Panasonic

Selain dikenal dengan berbagai produk elektronik, Panasonic juga mengeluarkan AC yang ramah lingkungan, tahan lama, dan sudah lulus uji SNI. Model AC Panasonic juga terlihat lebih elegan dibandingkan dengan merek lainnya, baik itu untuk AC 1 PK, AC 1/2 PK, dan tipe yang lain. Selain itu, merk pendingin ruangan yang satu ini juga cocok untuk kamu yang punya dana terbatas karena harga AC yang ditawarkan cukup ekonomis.

AC Electrolux

Selain terkenal dengan mesin cuci Electrolux, merek ini juga mengeluarkan produk AC Electrolux yang hadir dengan fitur handal dan harga lebih terjangkau. Dengan fitur unggulan I Feel, AC Electrolux ini bisa mengatur suhu di rungan di mana remote AC berada.

Jenis AC yang Dijual Online

iPrice Indonesia menawarkan beberapa jenis AC yang dapat kamu beli secara online, yaitui:

  • AC Dinding: AC dinding adalah tipe yang menempel di dinding seperti yang sering kamu ujumpai di rumah. Kamu dapat menemukan ragam merek AC dinding di iprice Indonesia meliputi Mitsubishi, Sanyo dan Daikin.
  • AC Portable: AC portable adalah AC yang dapat dibawa ke mana-mana. Tergantung dari ukurannya, AC portable biasanya diletakkan di lantai atau di atas meja. Dapatkan AC portable merek Yangunik, Fan dan Ripple secara online di iprice Indonesia.
  • AC Langit-Langit: AC langit-langit adalah tipe yang menempel pada langit-langit, seperti yang sering kamu jumpai di kantor dan shopping mall. Tersedia AC langit-langit yang diproduksi oleh Daikin di iprice Indonesia.

Tips dan Cara Memilih AC yang Bagus

  • Sesuaikan ukuran PK dengan kebutuhan ruangan, semakin tinggi PK maka semakin baik juga kemampuan dalam mendinginkan ruangan. Berikut ini perkiraan berapa PK yang kamu butuhkan untuk ruangan:
    • AC 1/2 PK = Ukuran ruangan 10m2
    • 3/4PK = Ukuran ruangan 14m2
    • AC 1 PK = Ukuran ruangan 18m2
    • 2PK = Ukuran ruangan 36m2
  • Cek fitur hemat energi (low watt) pada AC yang sudah kamu incar. Di mana kamu bisa pilih yang hemat energi sehingga tidak terlalu mahal saat membayar listrik.
  • Pilih AC sesuai dengan kebutuhan. Ada 3 tipe ya, di antaranya tipe standard, low watt, dan juga inverter yang mana akan berpengaruh pada penggunaan listrik kamu.
  • Pertimbangkan budget. Misalnya harga AC 1/2 PK cocok untuk kamu yang mencari harga miring. Meski begitu saat memilih harga AC yang murah, kamu juga harus tetap mengecek fitur tambahan yang ditawarkan produk tersebut, misalnya penghilang bau dan juga mengurangi virus dari udara.
  • Cek garansi dan juga baca review after sales atau setelah penjualan dari customers sebelumnya tentang merek yang kamu inginkan ya! Jangan sampai hanya tergiur dengan harga AC yang murah saja!

Dapatkan Harga AC yang Terbaik dan Termurah

Harga AC di pasaran tentu bervariasi berdasarkan jenis, fungsi, fitur hingga merk-nya. Misalnya, harga AC 1/2 PK akan berbeda dengan harga AC 1 PK. Harga AC 1/2 PK biasanya akan lebih murah karena kebutuhan dayanya juga lebih kecil.

Tertarik beli AC? Kamu bisa langsung beli AC di iPrice Indonesia. Fitur pembanding harga iPrice akan membantu kamu menemukan harga AC yang terbaik dan termurah dari berbagai e-commerce di Indonesia. Terdapat juga kupon diskon yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan harga AC yang lebih murah lagi. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang!

Pertanyaan Seputar AC

Apa beda AC Standard, AC Low Watt atau AC Inverter?

  • AC Standard menawarkan fitur-fitur standar pendingin ruangan. Harga AC jenis ini biasanya juga lebih terjangkau. Kelemahan jenis pendingin ruangan ini ada pada penggunan daya listriknya yang terbilang tinggi.
  • AC Low Watt adalah AC yang mengutamakan komsumsi listrik yang rendah. Meski lebih hemat listrik namun AC ini terkadang butuh waktu yang lebih lama untuk mendinginkan ruangan dengan maksimal. Tipe ini cocok digunakan untuk rumah dengan daya listrik rendah atau untuk penggunaan di ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup.
  • AC Inverter memiliki teknologi inverter yang mendorong kinerja mendinginkan ruangan dengan cepat namun dengan penggunaan daya listrik yang lebih efisien. Harga AC ini biasanya yang lebih mahal dibanding tipe lainnya.

AC 1/2 PK Berapa Watt?

AC jenis 1/2 PK biasanya membutuhkan daya 320 hingga 400 watt sehingga cocok untuk kamu yang mencari AC hemat listrik. Karena daya yang lebih kecil maka harga AC 1/2 PK juga umumnya lebih murah dibanding harga AC 1 PK.

Apa AC 1/2 PK yang bagus?

Selain unggul karena harga AC1/2 PK yang terjangkau, ada beberapa tipe AC 1/2 PK yang bagus untuk menunjang kebutuhanmu seperti:

  • SHARP AH-A5UCY: Konsumsi daya hanya 350 watt. Terdapat beberapa fitur yang mendukung seperti ex-fan function, self diagnosis, dan turbo cooling.
  • Akari 05D3 LW: Jenis pendingingin ruangan ini hanya membutuhkan konsumsi daya hingga 360 watt. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah 5 Flows dengan teknologi 3D untuk hembusan udara ke kiri, atas, kanan, bawah dan depan secara bersamaan sehingga ruangan lebih cepat dingin.
  • Midea Forest 5 MSFO-05CRLN2: Konsumsi dayanya hanya 329,7 watt. Keunggulan ada pada kemampuan mendinginkan yang lebih cepat.
  • LG Split Dualcool Smart E06SV4: Konsumsi daya yang dibutuhkan 495 watt. Memiliki fitur watt control untuk pengaturan konsumsi daya listrik yang bisa disesuaikan ke beberapa tingkatan.
  • Aqua Japan AQA-KCR5ANC: Daya yang dibutuhkan 320 Watt. Fitur yang ditawarkan adalah evaporator dan kondensor dari tembaga dan lapisan Blue Fin untuk meningkatkan efektivitas pendinginan dan mencegah kerusakan dari karat.
NEW