Kipas angin berdiri merupakan solusi praktis untuk memberikan kesegaran sekaligus ruangan yang leluasa di rumah. Simak artikel ini untuk mengetahui cara membersihkan kipas angin berdiri dengan benar.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Daftar Harga Kipas Angin Berdiri Terbaik 2019

10 Produk Terbaik Harga Toko
Cosmos 16-XDC Rp 185.000 Shopee
Cosmos 16-SDB Rp 226.500 Blibli
Miyako KSB-18 Rp 340.400 Shopee
Midea FS40-10N Rp 219.900 Blibli
Miyako KST-18RC Rp 427.000 Lazada
Cosmos 16-WFCR Rp 35.000 Bukalapak
Cosmos 16-SNQ Rp 47.500 Bukalapak
Maspion PW-453 Rp 285.000 Tokopedia
Maspion PW-507 Rp 530.000 Bukalapak
Cosmos 12-CWF Rp 63.000 Tokopedia
Terpopuler
Cosmos 16-XDC

Termurah di Shopee Rp 185.000 Kunjungi Toko

Yuk Secara Rutin Bersihkan Kipas Angin di Rumah Anda

Bagi Anda yang tidak terlalu suka menggunakan air conditioner di rumah, pastinya Anda lebih memilih kipas angin sebagai sumber kesegaran udara di rumah Anda. Meskipun begitu Anda harus waspada dengan debu-debu yang kerap menempel di bagian sela-sela kipas angin. Membiarkan penumpukkan debu yang sangat tebal di sela-sela kipas, selain sangat mengganggu pemandangan, juga dapat mengundang banyak penyakit. Misalnya dapat memicu alergi debu dan udara kotor yang dihasilkannya.

Membersihkan dan merawat kipas angin secara rutin tidak hanya membantu memastikan kipas angin tetap bekerja lancar dan tampak bersih terawat, tetapi juga menjaga kualitas udara tetap bersih di dalam rumah. Debu-debu yang menempel pada kipas angin bisa tertiup kembali ke udara dan terhirup penghuni rumah. Hal ini tentu saja tidak bagi bagi penderita gangguan pernapasan dan alergi.

Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Benar

Untuk membersihkan kipas angin, Anda perlu melepas beberapa bagiannya untuk dapat dibersihkan secara terpisah. Supaya Anda tidak kehilangan hak Anda selama masa garansi, sebaiknya Anda hanya melepas bagian-bagian yang tidak bersegel garansi. Kotak yang menyimpan komponen listrik dan dinamo kipas angin biasanya bersegel. Hindari merusak segel garansi tersebut.

Kipas angin berdiri merupakan jenis kipas angin berbentuk parabola, sama seperti kipas angin duduk, kipas angin dinding, dan kipas angin meja. Jenis kipas angin ini memiliki bilah-bilah putar di dalam jeruji berbentuk parabola. Bilah-bilah dan jeruji inilah yang sering menjadi tempat debu menempel. Berikut ini terdapat perlengkapan yang harus Anda persiapkan sebelum membersihkan kipas angin Anda:

  • Obeng

Obeng berguna sebagai kunci untuk membuka mur atau baut yang terdapat pada bagian kipas angin tersebut.

  • Kuas bersih dan kering

Kuas adalah alat yang akan Anda gunakan untuk membersihkan bagian sela-sela bodi dan mesin kipas angin. Anda bisa menggunakan kuas yang biasa untuk mengecat rumah namun ukurannya yang kecil saja.

  • Sabun cuci piring cair

Sabun cuci piring cair berguna untuk membersihkan debu-debu, lemak, dan kotoran secara tuntas. Sabun ini juga berguna untuk membunuh bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan penyakit pada kipas angin Anda.

  • Spons cuci piring

Spons ini berguna untuk menngelap bilah-bilah kipas angin Anda dengan sabun cuci piring sehingga memudahkan Anda untuk membersihkan bagian-bagian kipas angin.

  • Lap bersih

Lap bersih berguna untuk mengelap bilah-bilah kipas angin setelah dicuci menggunakan sabun sekaligus untuk membilasnya sehingga tidak ada sisa-sisa sabun yang tersisa.

Setelah ada menyiapkan peralatan tersebut, berikut ini terdapat langkah-langkah perawatan dan membersihkan kipas angin berdiri Anda:

  1. Matikan kipas angin dan lepas kabelnya dari sumber listrik
  2. Jeruji depan dan belakang pada sebagian kipas angin saling terkait oleh beberapa baut. Sedangkan pada sebagian model kipas angin yang lain, kedua jeruji hanya saling mengunci tanpa baut. Lepaslah semua jeruji-jeruji ini sehingga bagian penutupnya terlepas sepenuhnya.
  3. Pisahlah bilah-bilah putar dari badan kipas angin.
  4. Gunakan kuas untuk menyingkirkan debu pada kedua bagian yang sudah dilepas tersebut. Lakukan di luar rumah atau di atas tempat sampah sehingga debu bisa langsung terbuang ke tempatnya.
  5. Rendam keduanya di ember berisi air bercampur sabun cuci piring cair, contohnya menggunakan Sunlight.
  6. Singkirkan debu pada jeruji belakang dan bagian-bagian lain pada badan kipas angin.
  7. Cuci jeruji depan dan bilah-bilah putar memakai spons cuci piring. Bilas hingga bersih.
  8. Seka kedua bagian tersebut dengan lap sampai kering lalu rakit kipas angin Anda kembali.

Dapatkan Kipas Angin Berdiri di iPrice Indonesia

Sekaranga ragam kipas angin di pasaran sangat banyak, terutama jenis kipas angin berdiri. Anda bisa memilih kipas angin berdiri favorit Anda di iPrice Indonesia. Terdapat kipas angin dari merek-merek terkenal seperti Cosmos, Miyako, dan Panasonic. Anda juga bisa menggunakan fitu Bandingkan Harga untuk mendapatkan kipas angin berdiri termurah, lho! Selamat belanja!

Anda mungkin juga menyukai

Eksplor lebih banyak dari Peralatan/Kipas Angin/Berdiri

Dinding Exhaust Meja Langit-langit Portable Bladeless
Positif Seller NEW