Mixer adalah inovasi teknologi yang memudahkan kegiatan memasak. Fungsi pengaduk ini beragam, mulai dari mencampur adonan sampai menghemat waktu, tenaga, dan membuat kegiatan masak menjadi lebih efisien. Harga mixer di pasaran sangat beragam sehingga alat ini bisa dipakai untuk kamu yang pandai memasak maupun baru ingin mencoba. Kamu bisa membuat adonan kue, biskuit, sampai inovasi minuman manis. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang produk ini, baca informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini ya!

Tentang Mixer | Tips untuk Pemula | Harga Mixer Terbaik

_

Daftar Harga Mixer Terbaik 2021

10 Produk Terbaik Harga Toko
Philips HR 1559 Rp 420.000 Lazada
Miyako HM-620 Rp 124.000 LazMall by Lazada
Miyako SM-625 Rp 223.000 LazMall by Lazada
Philips HR1538/80 Rp 605.400 Tokopedia
Maspion MT1150 Rp 152.170 Bukalapak
Philips HR-1552 Rp 298.000 LazMall by Lazada
Philips HR 1559 Hijau Rp 481.000 Tokopedia
Philips Turbo Mixer 9595 BY Rp 1.040.000 Tokopedia
Oxone Stand Mixer OX-855 Rp 1.924.900 LazMall by Lazada
Philips HR1530/80 Rp 359.000 Lazada
Terpopuler
Philips HR 1559

Termurah di Lazada Rp 420.000 Kunjungi Toko

Informasi Seputar Mixer yang Wajib Kamu Tahu

Sejarah Mixer

Tahukah kamu? Mixer pertama kali diciptakan dari pengamatan adonan roti yang diaduk dengan sendok logam. Herbert Johnson, seorang insinyur hebat, terinspirasi dari sendok logam ini dan mengembangkannya menjadi mesin pengaduk listrik setelah melalui 7 tahun pengamatan. Berawal dari ide itu, inovasi-inovasi mulai dikembangkan seiring dengan banyaknya kebutuhan dalam dunia baking.

Ragam Mixer

Berikut berbagai jenis mesin pengaduk adonan yang bisa kamu temukan di pasaran:

  • Whisk: Whisk adalah bentuk pengaduk adonan paling sederhana untuk jumlah yang sedikit. Kamu bisa menggunakan whisk untuk mengocok telur atau krim.
  • Hand mixer: Pengaduk adonan praktis berukuran kecil.
  • Stand mixer: Pencampur adonan dengan tambahan mangkuk.
  • Dough mixer: Disebut juga sebagai horizontal dough mixer untuk pemakaian skala besar seperti membuat mie atau pangsit.
  • Spiral mixer: Pengaduk adonan sistem ganda dengan mangkuk berputar untuk hasil yang lebih halus.
  • Planetary mixer: Pencampur adonan dengan dudukan dan beater berputar yang sesuai untuk berbagai jenis adonan.

Apa Bedanya Stand Mixer dan Hand Mixer?

Berikut perbedaan kedua jenis alat pencampur listrik yang paling sering dijumpai di pasaran:

  • Stand Mixer:

Pengaduk jenis berdiri ini dilengkapi dengan wadah adonan seperti mangkuk yang tidak perlu dipegangi selama proses mixing karena bisa berputar sendiri. Adonan kue pun tidak akan tumpah karena wadah ini memiliki daya tampung yang cukup besar. Meski pemakaiannya lebih mudah, harga pengaduk ini lebih mahal daripada hand mixer.

  • Hand Mixer:

Alat pencampur adonan jenis ini biasa digunakan untuk keperluan rumahan. Bedanya, mixer tangan tidak punya wadah adonan dan juga penyangga. Dengan berat yang cukup ringan, harga mixer ini lebih murah. Namun, tangan kamu akan rentan untuk merasa pegal karena harus memegangi pengaduk ini selama proses mixing.

Tiga Tips Seputar Mixer untuk Pemula

Tips Memilih Mixer Sesuai Kebutuhan

Mixer adalah peralatan dapur yang sangat penting ketika membuat kue. Dengan mixer kue berkualitas, adonan kue menjadi rata, mulus dan lembut. Kalau kamu bingung harus memilih jenis yang mana, simak dulu tips berikut ini!

  • Level Kecepatan. Hal utama yang perlu kamu perhatikan saat memilih alat pengaduk listrik adalah fitur pengatur kecepatannya. Dengan kecepatan yang bisa ditingkatkan, kamu bisa mencampur, menguraikan, dan mengembangkan bermacam tekstur adonan pula. Umumnya, ada 3 pengaturan kecepatan pada pengaduk. Namun, untuk mendapatkan tekstur adonan yang lebih halus, kamu bisa cari mixer berkualitas dengan pengaturan kecepatan hingga 10 level.
  • Besar Mangkuk Adonan. Jika kamu memiliki toko roti atau sering membuat adonan kue dalam jumlah yang besar, kamu membutuhkan standing mixer agar tangan tidak pegal. Kamu bisa pilih mangkuk yang besar untuk mengaduk banyak adonan sekaligus. Namun, untuk kebutuhan rumah tangga dalam skala yang lebih kecil, kamu bisa memakai hand mixer agar lebih praktis.
  • Daya Listrik. Konsumsi daya pada pengaduk adonan juga harus kamu perhatikan, apalagi kalau kamu menggunakannya setiap hari. Konsumsi daya mixer kue bervariasi, mulai dari 40W sampai dengan 250W. Semakin tinggi konsumsi daya yang digunakan, semakin tinggi pula tagihan listrik bulanan kamu ya!

Tips Menggunakan Mixer Kue untuk Pemula:

  • Mulai penggunaan mixer kue dari kecepatan paling rendah. Perlahan naikkan kecepatan mixer menjadi lebih tinggi.
  • Supaya suara mixer kue tidak terlalu berisik, gunakan handuk untuk meredam suaranya. Hanya selimuti perangkat dengan handuk atau kain tebal.
  • Jangan mencuci alat pengaduk listrik dengan air mengalir, ya! Cukup gunakan lap yang sedikit dibasahi untuk membersihkan pengaduk agar tidak mudah rusak. Sementara untuk tangkai mixer kue, kamu bisa mencucinya dengan air. Sebelum digunakan kembali, pastikan tangkainya sudah kering.

Tips Membuat Kue Anti Gagal

Ada kalanya kamu gagal dalam membuat kue, ada pula kalanya kamu berhasil. Salah satu cara membuat kue agar berhasil dan enak adalah teliti saat membaca resep. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • Kelengkapan bahan. Perhatikan dulu bahan-bahan kue. Apabila kamu tidak bisa mendapatkan semua bahan dengan lengkap, maka pilihlah resep kue yang lain. Mengganti atau mengurangi bahan bisa membuat kue kamu gagal dan tidak enak, lho!
  • Kualitas bahan. Kue yang enak juga ditentukan dari kualitas bahan. Misalnya, kue yang dibuat dengan mentega bermutu dan kue yang dibuat dengan margarin, rasanya pasti berbeda.
  • Jumlah bahan. Gunakan timbangan untuk mengukur bahan-bahan untuk membuat kue. Hal ini sangat penting agar kamu berhasil membuat kue.
  • Kebersihan alat. Sebelum kamu mulai mengaduk, mengayak, memotong dan lain-lain, pastikan peralatan dapur bersih serta kering agar kue kamu tetap higienis. Peralatan dapur yang basah dapat mempengaruhi keberhasilan kue. Misalnya, mengocok telur dalam wadah yang basah akan membuat telur tersebut tidak mengembang dengan sempurna.
  • Jenis bahan. Ada berbagai macam tepung terigu, seperti terigu berprotein rendah, terigu berprotein tinggi dan lain-lain. Setiap makanan atau kue membutuhkan jenis terigu yang berbeda. Untuk roti, gunakan terigu protein tinggi. Terigu protein sedang cocok digunakan untuk membuat cake sementara terigu protein rendah biasanya digunakan untuk membuat kue kering.
  • Teknik masak. Cara membuat kue lainnya agar berhasil dan enak adalah tidak melelehkan mentega hingga mendidih. Panaskan mentega dengan api kecil dan matikan api sebelum mentega benar-benar cair agar minyak pada mentega tidak terpisah.

Nah, tidak semua adonan dapat kamu kocok dengan mixer kue, ya! Dalam buku masak biasanya ditemukan istilah ‘mengocok’ dan ‘mengaduk’. Keduanya istilah ini berbeda. Jika instruksi dalam resep tersebut adalah mengocok, maka kamu bisa menggunakan whisk. Jika mengaduk, cukup gunakan sendok besar atau spatula. Aduklah adonan hingga dasar mangkuk agar bahan tercampur rata dan tidak mengendap.

Temukan Harga Mixer Terbaik dengan iPrice

Sudah memutuskan mau beli stand atau hand mixer? Kira-kira merek mana yang cocok untuk kamu? Dengan iPrice, Kamu bisa pilih mixer kue berkualitas dari berbagai merek seperti Bosch, Philips, Oxone dan masih banyak lagi. Jangan lewati promo dan diskon menarik setiap harinya.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan harga mixer murah kualitas bagus yang dijual oleh berbagai e-commerce agar mendapatkan harga termurah di iPrice Indonesia! Segera dapatkan mixer kue yang kamu inginkan dan selamat berbelanja!

NEW