Oven merupakan salah satu peralatan dapur paling penting untuk memasak. Peralatan dapur yang biasa disebut alat panggang ini punya fungsi utama untuk memanggang makanan. Biasanya penggunaan alat panggang ini adalah untuk memanggang kue, roti, membakar ayam, ikan, dan lainnya. Jenis serta sumber dayanya sendiri bermacam-macam. Namun yang paling populer adalah oven listrik dan gas. Terdapat juga beberapa jenis oven listrik dan gas tergantung dengan fungsinya seperti oven kue ataupun oven toaster. Mau tahu lebih lanjut tentang produk ini? Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Jenis-jenis Oven | Pertimbangan Memilih Oven Listrik atau Gas | Rekomendasi Merk Oven untuk Segala Kebutuhan

_

Daftar Harga Oven Terbaik 2021

10 Produk Terbaik Harga Toko
Kirin KBO-190LW Rp 589.900 Bukalapak
Kirin KBO-200RAB Rp 756.000 Lazada
Kirin KBO-200RA Rp 749.900 LazMall by Lazada
Maspion MOT600 Rp 406.000 Lazada
Oxone OX-858 Rp 645.000 Lazada
Kirin KBO-100M Rp 348.000 LazMall by Lazada
Sharp EO-28LP-K Rp 679.000 Lazada
Kirin KBO-90M Rp 340.000 Lazada
Kirin KBO-160LL Oven Rp 498.000 Lazada
Oxone OX-858BR Rp 714.000 LazMall by Lazada
Terpopuler
Kirin KBO-190LW

Termurah di Bukalapak Rp 589.900 Kunjungi Toko

Oven, Peralatan Dapur Penting untuk Memanggang dan Baking

Oven merupakan peralatan dapur yang berfungsi untuk memanggang atau membakar makanan (baking dan roasting) dengan menggunakan sumber energi listrik atau gas. Peralatan dapur yang biasa disebut sebagai alat panggang ini umumnya juga dilengkapi dengan kipas untuk meratakan suhu panas supaya masakan matang merata.

Peralatan dapur satu ini kerap tertukar fungsinya dengan microwave. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu perbedaannya.

Perbedaan Oven dan Microwave

Berikut perbedaan mendasar dari oven listrik atau oven gas dengan microwave:

  1. Alat panggang berfungsi untuk memanggang dan mamatangkan makanan, sementara microwave hanya memanaskan makanan saja.
  2. Suhu microwave lebih tinggi dibandingkan alat panggang. Perbedaannya sampai 50 derajat celcius.
  3. Daya listrik microwave lebih besar sehingga waktu memanaskan lebih cepat. Sementara alat panggang, baik listrik dan gas, dayanya kecil sehingga proses memanaskan dan pematangan butuh waktu yang lama.
  4. Microwave ukurannya kecil. Kapasitas maksimalnya mampu menampung hingga 30 liter saja. Sementara oven listrik dan oven gas memiliki variasi ukuran beragam, dari kecil hingga besar.

Jenis-jenis Oven

1. Oven Gas atau Oven Konvensional

Oven gas atau oven konvensional memiliki desain menyatu dengan set kompor dengan tungku di atasnya. Alat ini biasanya menggunakan baik tenaga gas maupun tenaga listrik dan umumnya dapat kamu temui di rumah tangga kelas menengah ke atas.

Kelebihannya adalah pintu yang lebih rapat sehingga mampu mengunci panas lebih maksimal. Dengan rak yang besar, kamu bisa memasak dalam jumlah yang banyak. Alat panggang gas umumnya digunakan oleh profesional maupun usaha rumahan. Harga oven jenis ini tentu tidak murah, tetapi sangat efisien untuk membuat makanan dalam skala besar.

2. Oven Listrik

Oven listrik merupakan alat panggang paling praktis karena cukup menyambungkan ke sumber listrik dan kamu sudah bisa memanggang. Ukuran alat panggang bertenaga ini cukup bervariasi mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, bahkan ada yang merangkap sebagai microwave.

Keunggulan alat panggang listrik adalah adanya fitur pengatur suhu dan waktu sehingga kamu bisa mengerjakan hal lain sembari menunggu masakan matang. Alat panggang listrik ini termasuk yang paling banyak diminati banyak orang karena penggunaannya yang praktis.

Harga oven listrik ini cukup bervariasi mulai dari yang murah hingga mahal, tergantung fitur yang tersedia, seperti terbuat dari material stainless steel atau adanya fitur timer otomatis.

3. Oven Toaster

Oven toaster menggunakan listrik untuk bekerja dan memiliki ukuran lebih kecil dari alat panggang listrik atau gas. Oven toaster memiliki tombol pengatur suhu dan waktu yang bisa mengingatkan kapan masakan matang.

Suhu oven toaster tidak sepanas produk lainnya, umumnya toaster digunakan untuk menghangatkan makanan atau membakar roti saja. Oven toaster ini memang hanya bisa digunakan untuk memanggang atau memanaskan makanan, makanya harga oven listrik berjenis toaster ini tidak terlalu mahal dibandingkan oven listrik pada umumnya.

4. Oven Konveksi

Oven konveksi serupa dengan oven konvensional. Yang membedakan keduanya adalah oven konveksi memiliki kipas di dalamnya sehingga udara panas yang ada di dalam oven berputar dan elemen pemanas akan menghasilkan suhu yang merata.

Oven konveksi ini menghemat waktu memasak hingga 10% hingga 20% daripada alat panggang gas. Masakan atau kue akan jadi lebih renyah dan garing. Harga oven gas konveksi cukup mahal karena memiliki banyak fitur yang lebih efisien untuk digunakan memanggang dan memasak.

5. Oven Tangkring

Oven tangkring (otang) adalah alat panggang yang berada di atas kompor dengan bertumpu pada sumber panas lain untuk proses panggang seperti kompor atau bara api. Biasanya, oven ini terbuat dari material stainless steel atau alumunium.

Oven tangkring ini bisa digunakan untuk memanggang pizza, cake, brownies, hingga lasagna. Intinya, saat memanggang roti, gunakan api besar. Sementara saat memanggang kue kering, pizza, lasagna, kamu bisa gunakan api kecil hingga sedang.

Harga oven ini termasuk yang paling murah karena tidak menggunakan sumber listrik, tidak seperti oven listrik. Jadi, kalau kamu mau beli oven dengan harga murah, pilih jenis satu ini.

Pertimbangan Memilih Oven Listrik atau Gas

Oven gas dan oven listrik merupakan dua tipe alat panggang paling populer di Indonesia. Jika kamu ingin beli oven, ada beberapa pertimbangan yang harus kamu perhatikan sebelum menentukan pilihan:

Oven Listrik

Kelebihan Oven Listrik

Desain oven listrik mengusung konsep ergonomis untuk dapur berukuran kecil. Apalagi sumber dayanya cukup mudah yaitu listrik.

Cukup dihubungkan dengan stop kontak dengan lokasi terdekat. Selain itu biasanya oven listrik low watt satu ini memiliki banyak fitur pengatur suhu sesuai dengan kebutuhan makanan yang akan dipanggang atau dibakar.

Kekurangan Oven Listrik

Oven listrik membutuhkan listrik sebagai sumber daya utama. Tentunya, oven listrik tidak bisa digunakan ketika sedang ada pemadaman listrik, atau daya listrik di rumah tidak kuat untuk menyalakan semua produk bertenaga listrik.

Komponen alat panggang satu ini juga cenderung lebih mudah rusak apalagi jika digunakan untuk pembuatan makanan dalam jumlah besar.

Oven Gas

Kelebihan Oven Gas

Alat panggang dengan sumber daya gas ini umumnya memiliki fitur valve sehingga tidak boros gas. Jika kamu berencana membuat makanan dalam jumlah besar untuk usaha rumahan, alat panggang gas ini adalah opsi yang paling tepat.

Kekurangan Oven Gas

Ukuran alat panggang gas ini jauh lebih besar dibandingkan jenis lainnya. Apalagi dengan sumber daya gas, tentu tabung gas juga akan memakan banyak tempat.

Selain itu jika pemasangan tabung gas tidak benar, maka resiko kecelakaan bisa terjadi.

Rekomendasi Merk Oven untuk Segala Kebutuhan

Rekomendasi Merk Oven Listrik

Untuk penggunaan rumahan, oven listrik merupakan pilihan yang paling tepat. Selain bentuknya yang kecil, umumnya alat panggang ini punya banyak fitur untuk mendukung kegiatan memanggang dan membakar makanan.

Harga oven listrik sendiri lumayan bervariasi dari murah hingga mahal tergantung fitur yang terdapat pada oven tersebut. Berikut rekomendasi oven listrik untuk digunakan di rumah:

Kirin KBO-190LW

Oven listrik Kirin cocok untuk kamu yang baru pertama kali ingin membuat kue. Dengan kapasitas 19 liter dan berat mencapai 6,24 kg, produk dari Kirin ini memiliki fitur berupa lapisan dinding ganda dan juga daya rendah (elemen atas dan bawah: 275 Watt).

Selain itu, oven listrik low watt dari Kirin ini juga memiliki kontrol suhu maksimal sebesar 250 derajat celcius. Produk ini juga dilengkapi dengan timer otomatis hingga 60 menit. Oven listrik Kirin juga memiliki tombol kontrol untuk operasi elemen pemanas dan lampu indikator daya.

SHARP EO-28LP

Kalau oven listrik yang satu ini merupakan salah satu produk keluaran dari SHARP. Dengan daya 1500 Watt dan kapasitas 28 liter, oven listrik Sharp EO 28LP cukup besar dan mempunyai banyak fungsi untuk membuat berbagai macam makanan.

Salah satu fitur yang terdapat pada produk ini adalah tombol timer hingga 60 menit dan tombol pengatur pemanas atas, bawah dan keduanya.

Oxone OX-858BR 4-in-1

Oxone memang dikenal sebagai salah satu produsen oven listrik yang baik. Produk ini merupakan salah satu produk oven listrik dari Oxone dengan kapasitas 18 liter dan bobot 6,8 kg.

Merk oven listrik Oxone ini memiliki fitur 4 in 1 dimana oven dapat dipakai untuk memanaskan, mencairkan, memanggang, dan membakar makanan. Saat dioperasikan, oven Oxone bisa memanggang dengan suhu hingga 230 derajat celcius.

Iritnya lagi, oven listrik low watt dari Oxone ini hanya membutuhkan daya sekitar 800 watt. Pemakaian daya 800 watt ini tentunya bisa menghemat keseluruhan tagihan listrik di rumah ya!

MASPION MOT-500

Oven listrik dari Maspion ini termasuk dalam kategori oven toaster. Dengan bentuk yang indah, dan juga dapat digunakan sebagai alat pemanggang yang cepat, efisien, dan hemat, produk ini hanya membutuhkan daya sebesar 500 Watt.

Selain itu, merk oven listrik Maspion ini juga dilengkapi dengan tombol timer atau pengatur waktu memanggang. Kalau kamu mengatur pemanggangan 60 menit, kamu tidak perlu takut masakan hangus karena ada bel yang akan berbunyi jika proses pemanggangan telah selesai.

MITO MO-999

Oven MITO MO-999 merupakan salah satu produk oven listrik yang dilengkapi dengan teknologi Diamond Cavity, sehingga makanan dapat matang dengan lebih merata.

Produk ini juga dilengkapi dengan pilihan Rotisserie Pick yang dapat digunakan untuk memanggang satu ekor ayam utuh. Dilengkapi dengan empat elemen pemanas stainless steel, produk ini bisa mencapai suhu maksimal hingga 250 derajat celcius. Daya yang dibutuhkan produk ini juga bervariasi mulai dari 350 Watt - 700 Watt. Merk oven ini juga bisa kamu jadikan pilihan.

Rekomendasi Merk Oven Gas

Jika kamu akan memulai bisnis rumahan, alat panggang gas atau dikenal dengan oven kue ini akan sangat cocok untukmu. Tak seperti oven listrik, oven kue ini umumnya berukuran besar dan memang didesain untuk memproduksi makanan dalam jumlah besar. Berikut rekomendasi merk oven gas dari iPrice:

MODENA Oven Alba BO 4660

Satu kata untuk menggambarkan produk ini, canggih. Merk gas dari MODENA ini merupakan salah satu dari yang terbaik. Produk ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti knob control system, one hand ignition, dan simple timer control.

Untuk keamanan, merk oven ternama ini juga dilengkapi fitur safety device yang memiliki sensor bunyi jika diaktifkan oleh sistem. Produk ini semakin istimewa dengan adanya grill turnspit dan convection fan. Convection fan berguna untuk meratakan panas di dalam oven, sedangkan grill turnspit membuat makanan matang lebih merata.

KitchenArt DELIZIA Built In Maxi Oven DOP9A3G1GBK

Kalau kamu mau membuat tampilan dapur lebih modern, produk ini cocok untuk kamu. Selain keindahan produk, oven ini juga memiliki berbagai macam fitur canggih seperti mechanical control yang dapat mematikan oven secara otomatis jika sudah melewati batas waktu yang ditentukan.

Produk ini juga memiliki tiga lapisan kaca yang membuat kamu aman terlindungi dari panasnya proses pembakaran makanan.

TEKA Kompor Oven Standing FS 96F

Dengan dimensi 90cm x 60cm x 93cm, produk ini cocok untuk kamu yang suka memasak. Dilengkapi juga dengan fitur perapian atas dan bawah, makanan yang kamu masak tentunya akan lebih cepat matang.

Oven gas ini juga memiliki kapasitas sebesar 65 liter sehingga kamu bisa memasak berbagai macam makanan dalam waktu yang bersamaan. Produk ini bisa menjadi pilihan bagus untuk kamu yang sedang mencari oven kue ataupun oven makanan.

BIMA Oven Gas 8044

Produk yang ini merupakan salah satu pilihan produk untuk oven kue karena memiliki dua lokasi perapian yaitu diatas dan dibawah. Untuk memanggang kue kering, roti, dan makanan sejenis, dibutuhkan panas yang cukup dari perapian bawah agar makanan dapat matang dengan merata.

Oven gas Bima ini juga dilengkapi dengan roda pada kaki oven sehingga membuat mobilitas produk ini menjadi lebih mudah.

HOCK Oven Gas HO-GA103

Baru pertama kali belajar untuk menggunakan oven? Produk ini pas untuk kamu, terutama yang sedang mencari oven kue dengan harga ekonomis. Produk ini juga dilengkapi dengan sistem pengaman anti bocor, sehingga aman digunakan bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan oven.

Merk oven Hock ini juga memiliki penunjuk suhu, sehingga pengguna dapat lebih mudah mengatur suhu dan mendapatkan hasil panggangan yang lebih sempurna.

FAQ - Pertanyaan Seputar Oven

Makanan apa yang bisa dimasak dengan oven?

Alat panggang dapat digunakan untuk memasak atau memanggang makanan seperti ayam, ikan, daging, brownies,biskuit, lasagna, pizza, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Merk oven apa saja yang harganya murah?

Merk oven Kirin, Maspion, Cosmos, dan Bima memiliki harga oven yang relatif murah dan terjangkau.

Bagaimana cara membersihkan oven yang benar?

Berikut beberapa cara membersihkan oven listrik atau gas yang bisa kamu ikuti:

Bersihkan Setelah Pakai

Usai memakai alat panggang, jangan lupa dibersihkan. Segera cuci nampan besi atau rak untuk memanaskan makanan agar kotoran atau sisa makanan yang menempel lebih mudah dibersihkan.

Pakai Soda Kue

Gunakan soda kue untuk membersihkan sisa makanan yang membandel. Caranya, campur soda kue dengan air lalu gosokkan pada dinding serta dasar oven listrik. Nyalakan dengan suhu rendah selama tiga puluh menit agar sisa-sisa makanan menjadi kering dan mudah kamu bersihkan.

Lap dengan Kain

Ambilah kain basah dan bersihkan bagian dalam hingga bersih. Bersihkan juga bagian belakang kaca dengan spon yang telah dibasahi larutan sabun pencuci piring, lalu lap hingga kering.

Sebagai catatan, untuk oven listrik tidak dianjurkan memakai kain lap lembab atau cairan karena dapat merusak elemen pemanas di dalamnya.

Temukan Harga Oven Paling Murah!

Tertarik untuk beli oven sekarang juga untuk penggunaan pribadi atau usaha? Kamu bisa menemukan harga oven untuk berbagai varian di iPrice Indonesia.

Ada harga oven listrik dan harga oven gas dengan penawaran terbaik di iPrice. Kamu juga bisa menggunakan fitur pembanding harga untuk mendapatkan harga oven listrik termurah dari seluruh e-commerce Indonesia.

Bandingkan berbagai merk oven seperti Cosmos, Kirin, dan Oxone. Bawa pulang oven listrik dan oven gas pilihan kamu. Jangan ketinggalan berbagai promo dari iPrice Indonesia dan gunakan kupon belanjanya. Tunggu apalagi, yuk cek sekarang juga!

NEW