Oven merupakan perlengkapan dapur atau peralatan rumah tangga berbentuk kubus yang menggunakan listrik atau gas untuk memanaskan makanan, dilengkapi kipas untuk meratakan suhu panas supaya masakan matang merata.

Jenis-Jenis Oven

Merk Oven Terbaik

Oven dan Microwave, Apa Perbedaanya?

Tips Merawat dan Membersihkan Oven

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Daftar Harga Oven Terbaik 2020

10 Produk Terbaik Harga Toko
Kirin KBO-190LW Rp 562.051 Blanja
Kirin KBO-90M Rp 281.492 Blanja
Kirin KBO-190RA Rp 1.160.000 Blibli
Maspion MOT600 Rp 425.000 Shopee
Kirin KBO-190RAW Rp 652.171 Blanja
Maspion MOT-600 Rp 720.000 Blibli
Signora La Belle Oven Rp 1.380.000 Blibli
Oxone OX-858 Rp 613.000 Tokopedia
Kirin KBO-250RA Rp 983.441 Blibli
Kirin KBO-100M Rp 369.900 Bukalapak
Terpopuler
Kirin KBO-190LW

Termurah di Blanja Rp 562.051 Rp 560.000 Kunjungi Toko

Apa itu oven?

Oven merupakan perlengkapan dapur atau peralatan rumah tangga berbentuk kubus yang menggunakan listrik atau gas untuk memanaskan makanan, dilengkapi kipas untuk meratakan suhu panas supaya masakan matang merata.

Jenis-Jenis Oven

  • Oven Gas atau Oven Konvensional - Harga Oven mulai dari Rp 550.000

Oven gas merupakan oven yang didesain menyatu dengan set kompor dengan tungku di atasnya. Alat ini biasanya menggunakan baik tenaga gas maupun tenaga listrik dan umumnya dapat kamu temui di rumah tangga kelas menengah ke atas. Kelebihan oven gas ini adalah pintu yang lebih rapat sehingga mampu mengunci panas lebih maksimal. Raknya yang besar membuat kamu bisa memasak dalam jumlah yang banyak.

  • Oven Listrik - Harga Oven Listrik mulai dari Rp 450.000

Oven listrik merupakan oven paling praktis karena cukup menyambungkan ke sumber listrik dan kamu sudah bisa memanggang. Ukuran oven listrik cukup bervariasi mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, bahkan ada yang merangkap sebagai microwave. Keunggulan oven listrik adalah adanya fitur pengaturan suhu dan waktu sehingga kamu bisa mengerjakan hal lain sembari menunggu masakan matang.

  • Oven Toaster - Harga Oven mulai dari Rp 250.000

Oven toaster menggunakan listrik untuk bekerja dan memiliki ukuran lebih kecil dari oven listrik atau oven gas. Oven toaster memiliki tombol pengaturan suhu dan waktu yang bisa mengungatkan kapan masakan matang. Suhu oven toaster tidak sepanas produk lainnya, makanya umumnya toaster digunakan untuk menghangatkan makanan atau membakar roti saja.

  • Oven Konveksi - Harga Oven mulai dari Rp 999.900

Oven konveksi serupa dengan oven gas/oven konvensional. Yang membedakan keduanya adalah oven konveksi memiliki kipas di dalamnya sehingga udara panas yang ada di dalam oven berputar sehingga panas akan merata. Oven konveksi ini menghemat waktu memasak hingga 10% hingga 20% daripada oven gas. Masakan/kue akan jadi lebih renyah dan garing.

  • Oven Tangkring - Harga Oven mulai dari Rp 110.000

Oven tangkring (otang) adalah oven yang berada di atas kompor dengan bertumpu pada sumber panas lain untuk proses panggang seperti kompor atau bara api dan biasanya terbuat dari besi atau alumunium. Oven tangkring ini bisa dugunakan untuk memanggang pizza, cake, brownies, hingga lasagna. Intinya saat memanggang roti, gunakan api besar. Sementara saat memanggang kue kering, pizza, lasagna, gunakan api kecil hingg sedang.

Merk Oven Terbaik

  • Oven Kirin - Harga Oven listrik merek Kirin mulai dari Rp 520.000
  • Oven Maspion - Harga Oven listrik merek Maspion mulai dari Rp 270.000
  • Oven Oxone - Harga Oven listrik merek Oxone mulai dari Rp 750.000
  • Oven Cosmos - Harga Oven listrik merek Cosmos mulai dari Rp 500.000
  • Oven Sharp - Harga Oven listrik merek Sharp mulai dari Rp 450.000
  • Oven Modena - Harga Oven listrik merek Modena mulai dari Rp 6.200.000

Oven dan Microwave, Apa Perbedaanya?

Selain oven, microwave juga memiliki fungsi yang hampir sama. Bahkan, sekarang sudah ada microwave oven. Lalu, peralatan dapur mana yang harus kamu miliki?

Mari kita ulas perbedaan antara oven dan microwave agar kamu dapat membuat keputusan yang tepat.

  • Oven dapat memasak makanan menjadi kering, panas hingga memanggang makanan dalam waktu singkat. Di dalamnyaterdapat kipas yang dapat mendistribusikan panas sehingga makanan akan matang secara merata.
  • Microwave memanfaatkan radiasi gelombang mikro untuk memanaskan makanan. Microwave diciptakan dengan dua elemen pemanas di bagian atas dan bawah. Jika kamu ingin memasak makanan dengan microwave, letakkan makanan tersebut di tengah agar hasilnya merata.
  • Memasak dengan oven lebih cepat daripada dengan microwave, lho! Ini karena udara panas yang ada di oven dimanfaatkan untuk membuang lapisan udara dingin yang menutupi makanan.
  • Oven beroperasi pada suhu yang lebih rendah daripada microwave.

Tips Merawat dan Membersihkan Oven

  • Setiap kali kamu memakai oven, jangan lupa dibersihikan supaya senantiasa higienis dan awet. Segera cuci nampan besi atau rak untuk memanaskan makanan agar kotoran atau sisa makanan yang menempel lebih mudah dibersihkan.
  • Hindari menggunakan benda tajam ketika mencuci, sebaliknya gunakan bagian spon yang kasar.
  • Jika ada sisa makanan yang membandel, kamu bisa memakai soda kue untuk mengatasinya. Caranya, campur soda kue dengan air lalu gosokkan pada dinding serta dasar oven. Nyalakan oven dengan suhu rendah selama tiga puluh menit agar sisa-sisa makanan menjadi kering dan mudah kamu bersihkan.
  • Ambillah kain basah dan bersihkan bagian dalam oven hingga bersih. Bersihkan juga bagian belakang kaca dengan spon yang telah dibasahi larutan sabun pencuci piring, lalu lap hingga kering.
  • Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal dan oven-mu bebas dari bau makanan. Sebagai catatan, untuk oven listrik tidak dianjurkan memakai kain lap lembab atau cairan karena dapat merusak elemen pemanas di dalamnya.
  • Kamu juga dapat merawat oven ketika peralatan dapur tersebut sedang bekerja, misalnya tidak membuka-tutup pintu oven. Setiap kali kamu membuka pintu oven, suhu di dalam akan turun sebesar 25 derajat Celcius, lho! Jika kamu sering membuka-tutup pintu oven saat memanggang, oven tidak akan bekerja efisien sehingga boros listrik. Makanan pun lebih lama matangnya.

Ternyata, Makanan Ini Bisa Kamu Masak dengan Oven!

Oven tidak hanya untuk memasak atau memanggang makanan berat seperti ayam, brownie, biskuit dan lasagna. Kamu juga bisa masak makanan lain seperti merebus telur, memanggang telur, pizza, quesadillas, tahu panggang dan lain-lain. Untuk resep dan informasi selengkapnya, bisa kamu dapatkan secara online. Selain oven, dapatkan juga peralatan dapur murah meriah lainnya seperti microwave, pembuat waffle, pembuat sandwich, popcorn maker, mesin pencuci piring dan lain-lain.

NEW