Sunscreen atau tabir surya adalah lotion cair kimiawi yang bekerja melindungi kulit dari sinar matahari dengan mencegahnya masuk ke lapisan kulit terdalam. Setiap produk tabir surya memiliki SPF atau Sun Protection Factor dan PA yang mengindikasikan seberapa baik produk tersebut melindungi kulit dari sinar matahari. Penggunaan sunscreen sendiri tidak bisa hanya sekali saja. Kamu harus menggunakannya secara berkala untuk perlindungan maksimal dari sinar matahari yang terik. Yuk, cari informasi lengkap dan harga sunscreen paling update di sini:

Fungsi Sunscreen | Tips Memilih Sunscreen | Rekomendasi Sunscreen yang Bisa Dipilih | Harga Sunscreen dengan Penawaran Terbaik

_

Daftar Harga Sunscreen Terbaik 2021

Terpopuler
Emina Sun Protection SPF 30 Sun Screen

Termurah di Tokopedia Rp 20.000 Rp 29.000 Kunjungi Toko

Selengkapnya tentang Sunscreen

Tentang Sunscreen

Sunscreen yang disebut juga sebagai tabir surya merupakan produk perawatan kulit berupa lotion cair kimiawi yang bekerja menyaring sinar matahari. Lotion ini masuk ke dalam kulit dan bekerja menyerap radiasi UV sebelum sampai ke lapisan kulit dan merusaknya. Teksturnya biasanya lebih tipis dan mudah meresap setelah diaplikasikan.

Fungsi Sunscreen

  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Mencegah kanker kulit
  • Mencegah kulit terbakar sinar matahari
  • Menjaga kulit bebas dari tanda-tanda penuaan dini
  • Menjaga warna kulit tetap merata
  • Menjaga kesehatan berbagai jenis kulit, baik kulit normal, kulit kering, dan kulit berminyak

Pentingnya SPF dalam Sunscreen

SPF (Sun Protection Factor) yakni faktor pelindung kulit dari matahari. Angka SPF pada tabir surya mengindikasikan sebaik apa produk tersebut melindungi kulit dari sinar ultraviolet B atau UVB. Perlindungan terhadap UVB dibutuhkan untuk mencegah dampak buruk akibat paparan sinar matahari di kulit seperti terbakar atau perubahan warna menjadi lebih gelap dan kemerahan.

Biasanya SPF diikuti dengan angka dibelakangnya. Angka ini menunjukkan seberapa lama kamu dapat berhadapan dengan sinar matahari tanpa mengalami sunburn. Umumnya butuh waktu sekitar 15 menit untuk kulit sampai terbakar.

Jadi jika pada produk sunscreen tertulis SPF 10, maka produk tersebut akan memperpanjang waktu kamu 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar. Jadi 15 menit x 10 menjadi 150 menit atau sekitar 2,5 jam. Hal ini berlaku kelipatan misalnya SPF 20, SPF 30, bahkan ada yang SPF 50. Semakin tinggi nilai angka pada SPF akan menunjukkan semakin lama perlindungan yang sunscreen itu bisa berikan pada kulit.

Apa perbedaan SPF dan PA dalam sunscreen?

Jika SPF menunjukkan indikator perlindungan kulit terhadap UVB, maka PA atau Protection Guide of UVA menunjukkan kadar perlindungan sunscreen dari sinar UVA yang berdampak pada tanda penuaan hingga risiko kanker kulit. Sementara tanda plus di belakang PA menunjukkan tingkatan proteksi yang diberikan. Semakin banyak simbol plus di belakang PA, maka semakin tinggi pula kemampuan proteksi sunscreen tersebut terhadap sinar UVA.

Cara Menggunakan Sunscreen

  1. Kocok sebelum penggunaan supaya semua partikel dan kandungannya tercampur rata
  2. Tuangkan produk sesuai kebutuhan, jangan sampai terlalu sedikit
  3. Oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah atau tubuh yang akan terkena sinar matahari
  4. Gunakanlah 30 menit sebelum keluar ruangan
  5. Tidak ada tabir surya yang dapat melindungi kulit sepanjang hari. Kamu harus mengaplikasikan ulang setiap beberapa jam.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Walaupun sama-sama dipakai untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun masih banyak yang bingung membedakan antara sunscreen dan sunblock. Agar kamu tidak salah beli, kenali perbedaan antara sunscreen dan sunblock berikut ini:

  • Tabir surya bekerja menangkal radiasi UV masih sampai lapisan kulit terdalam dan merusaknya. Sementara sunblock bekerja membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk menghalangi sinar matahari masuk ke kulit.
  • Tekstur tabir surya jauh lebih ringan dibandingkan dengan sunblock yang biasanya lebih kental dan warna putih.
  • Tabir surya biasanya terbuat dari oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate. Bahan-bahan ini terkadang tak ramah untuk kulit sensitif dan dapat berpotensi menimbulkan iritasi kulit. Sementara sunblock terbuat dari bahan zinc oxide atau titanium dioxide yang aman untuk berbagai jenis kulit.
  • Cara pengaplikasian kedua produk ini juga berbeda. Tabir surya dapat bekerja saat diserap kulit sehingga kamu harus menggosoknya. Berbeda dengan sunblock yang bekerja sebagai pelindung fisik. Kamu harus mengoleskannya dengan merata karena sinar UV akan mengenai kulit yang tidak terkena produk.
  • Sunscreen biasanya hanya melindungi kulit dari sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Sementara sunblock biasanya dirancang untuk melindungi kulit dari sinar matahari, UVA dan UVB. Meskipun begitu, sekarang sudah ada juga beberapa produk sunscreen wajah yang dibuat untuk menangkal bahaya sinar matahari, UVA dan UVB juga.

Tips Memilih Sunscreen/Sunblock yang Terbaik

Sekarang kamu bisa menemukan banyak produk sunblock/sunscreen di pasaran. Supaya tidak salah beli, kamu perlu tau cara memilih sunscreen yang terbaik untuk kebutuhan kamu. Berikut tipsnya:

Pilih yang Punya Label Broad Spectrum

Sunscreen yang terbaik adalah yang berspektrum luas atau broad spectrum. Ini artinya sunscreen tersebut bisa menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus sehingga kamu bisa memberikan perlindungan kulit dengan lebih maksimal.

Cek Tingkat SPF dan PA

Sebaiknya pilih sunscreen yang mengandung tingkat SPF 30 atau lebih karena biasanya tingkatan di bawah itu masih belum cukup melindungi kulit terutama untuk di Indonesia yang punya cuaca panas seperti ini. Sementara untuk tingkat PA di wilayah dengan iklim tropis seperti Indonesia sebaiknya pilih sunscreen dengan minimal tingkat PA++

Pilih Jenis Tekstur Suncreen/Sunblock yang Nyaman

Banyak brand menghadirkan sunscreen/sunblock dengan tekstur yang berbeda seperti losion, gel hingga spray. Biasanya jenis losion dan gel dilengkapi dengan kandungan pelembap, sementara untuk jenis spray biasanya punya tekstur yang lebih cair dan cepat terserap di kulit sehingga lebih cocok dipakai saat mencari kepraktisan.

Cek Kandungan Bahan Selengkapnya

Sama seperti skincare, kamu juga sebaiknya melihat kandungan sunscreen dengan seksama. pasalnya, beberapa bahan bisa jadi tidak cocok digunakan pada jenis kulit tertentu.

Rekomendasi Sunscreen yang Bisa Dipilih

Sekarang banyak brand sudah mengeluarkan varian sunscreen terbaiknya. Bingung menentukan pilihan? Beberapa rekomendasi ini bisa kamu jadikan pilihan.

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++

Kalau kamu sering ke luar ruangan, varian sunscreen dari Skin Aqua ini bisa jadi pilihan. Skin Aqua UV Moisture Milk ini memiliki kandungan SPF 50+ PA+++ untuk proteksi yang maksimal dari sinar matahari baik UVA maupun UVB.

Tabir surya ini memiliki tekstur cair yang cepat meresap di kulit. Selain melindungi kulit, di dalamnya juga sudah ada tambahan kandungan Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan kolagen yang dapat melembapkan dan menutrisi kulit serta membuatnya terlihat lebih glowing. Skin Aqua UV Moisture Milk ini juga sudah bebas dari pewarna dan parfum sehingga aman dipakai untuk semua jenis kulit setiap hari.

Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense SPF 50+/PA ++++

Varian sunscreen dari Biore ini juga bisa jadi salah satu rekomendasi yang pas untuk kamu. Hadir dengan tekstur seperti air yang ringan, sunsfcreen ini tetap mampu melindungi wajah dari efek buruk sinar UVA dan UVB dengan baik berkat kandungan SPF50+/PA++++ di dalamnya.

Diformulasikan dengan water capsule dan kandungan hyaluronic acid, royal jelly extract dan bahan pelembap membuat sunblock wajah ini dapat mencegah kulit menjadi kering.

NIVEA Sun Protect Moisture Spray SPF 30

Produk sunblock dari NIVEA ini jadi rekomendasi andalan untuk melindungi kulit saat kamu beraktivitas di luar ruangan. Dibuat dengan formula yang tahan air, sunblock NIVEA Sun Protect Moisture Spray SPF 30 ini juga cocok kamu pakai sebelum berenang untuk mencegah kulit terbakar dan menggelap.

Hadir dengan tekstur yang cepat menyerap di kulit, sunblock ini juga dilengkapi kandungan vitamin E yang baik untuk menutrisi kulit dan melindungi dari bahaya radikal bebas. Tidak hanya itu, sunblock NIVEA ini juga praktis untuk dipakai karena bentuk kemasannya yang spray.

Emina Sun Protection

Sunblock wajah dari brand lokal ini juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang mencari harga yang terjangkau. Diformulasikan dengan kandungan PA+++ dan SPF 30, sunblock ini bisa melindungi paparan sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan dini hingga sunburn.

Emina Sun Protection juga diformulasikan dengan kandungan aloe vera extract dan emollient yang disebut-sebut mampu memberikan kelembapan ekstra di kulit. Sunblock ini memang punya tekstur yang cukup ringan, tapi karena ada kandungan pewangi di dalamnya maka kamu yang punya kulit sensitif sebaiknya melakukan patch test dulu sebelum memakainya secara rutin.

Beach Hut One Touch Sunblock

Sunblock ini bisa jadi pilihan untuk kamu andalkan saat berlibur ke pantai. Dengan kandungan SPF 100++, sunblock ini bisa memberikan perlindungan pada kulit dengan lebih maksimal.

Sunblock ini juga praktis digunakan karena hadir dalam bentuk spray dan bisa dipakai di tubuh atau wajah tanpa meninggalkan rasa lengket.

Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Kalau kamu mencari tabir surya dengan harga yang ramah di kantong, produk dari Wardah ini bisa jadi pilihan. Hadir dengan kemasan tube dan bentuk tutup model flip top, tabir surya Wardah ini cukup praktis dibawa kemana-mana. Wardah Sunscreen Gel SPF 30 sendiri memiliki kandungan PA+++ sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan cukup baik.

Tabir surya Wardah ini juga dilengkapi kandungan seperti aloe vera extract hingga emollient yang bisa melembapkan kulit wajah dengan maksimal. Wardah Sunscreen Gel SPF 30 ini sendiri memiliki tekstur yang agak kental seperti lotion dengan warna putih pekat. Meskipun begitu tabir surya ini tetap mudah dibaurkan dan terasa ringan di wajah.

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+

Pelembab sekaligus tabir surya wajah dan tubuh ini bisa melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Tekstur sunblock ini sendiri cukup ringan karena diformulasikan non-comedogenic dan cepat diserap kulit tanpa meninggalkan bekas putih atau rasa lengket di kulit. Karena itu tabir surya Cetaphil ini bisa jadi rekomendasi yang pas untuk pemilik jenis kulit sensitif.

COSRX Aloe Soothing Sun Cream

Dilengkapi dengan SPF50+ dan PA+++, tabir surya dari Cosrx ini bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Di dalamnya sudah dilengkapi pula dengan kandungan Aloe Barbadensis Leaf Water yang bisa menutrisi kulit dan melembapkannya. Cocok untuk kebutuhan kamu dengan kulit wajah kering atau kombinasi.

Tekstur Cosrx Aloe Soothing Sun Cream juga cukup ringan. Tidak meninggalkan rasa lengket maupun whitecast di kulit. Tidak perlu khawatir akan membuat riasan kamu jadi terganggu karena memakai sunblock wajah dari COSRX ini.

Innisfree Perfect UV Protection Stick Oil Control SPF50+/PA+++

Dibuat dalam kemasan stick, tabir surya dari Innisfree ini mudah dibawa dan digunakan tanpa membuat tangan menjadi kotor. Kandungan di dalamnya juga cukup komplit karena bisa memberikan perlindungan dari sinar UV, mencegah munculnya kerutan di wajah dan mencerahkan kulit. Sunscreen Innisfree ini bisa kamu pakai sebelum ke luar ruangan agar kulit tetap terlindungi namun tetap terlihat segar tanpa kesan terlalu berminyak.

Harga Sunscreen dengan Penawaran Terbaik

Mau beli sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari? iPrice Indonesia tempat yang tepat. Kamu bisa menemukan harga sunscreen dengan penawaran terbaik. Dengan fitur pembanding harga di iPrice, kamu akan menemukan harga sunscreen paling murah dari berbagai e-commerce di Indonesia. Selain itu ada kupon diskon yang bisa kamu pakai belanja. Beli sunscreen dengan harga lebih hemat, kulit terlindungi dari sinar matahari. Buruan belanja sekarang, yuk!

NEW