Cat rambut adalah produk perawatan rambut untuk mengubah warna rambut asli. Namun selain fokus pada mengganti warna rambut, salah satu proses yang tidak boleh terlupakan adalah proses bleaching rambut. Bleaching rambut sendiri adalah proses menghilangkan warna atau memudarkan warna rambut asli atau warna sebelumnya dengan menggunakan produk bleaching/krim bleaching sehingga rambut bisa menyerap warna cat yang akan diaplikasikan. Selain dengan bantuan profesional, kamu juga bisa melakukan proses bleaching rambut di rumah.

Dapatkan Produk Bleaching Rambut dan Cat Rambut di iPrice | Beragam Jenis Cat Rambut di iPrice Indonesia

_

Dapatkan Produk Bleaching Rambut dan Cat Rambut di iPrice

Kamu pasti pernah merasa bosan dengan warna rambut asli kamu, dan berfikir untuk mewarnai ulang seluruh rambut kamu atau ingin mewarnai rambut secara ombre pada rambut apa? Tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan hal baru, siapa tahu saja warna baru rambut kamu membuat kamu menjadi lebih percaya diri.

Meski begitu, kamu juga harus memastikan bahwa proses pewarnaan ini tetap aman dan efek samping kerusakan rambut bisa dikurangi. Kamu tidak mau kan rambut rusak, termasuk kutikula rambut, hanya karena kamu menggonta-ganti warna sembarangan?

Untuk menghasilkan warna yang lebih menyala dan jelas, kamu tidak boleh melewatkan bleaching rambut yang tepat. Simak selengkapnya di bawah ini ya.

Apa Itu Bleaching Rambut?

Proses bleaching rambut adalah teknik menghilangkan warna asli rambut dengan menggunakan bahan kimia yang mengandung hidrogen peroksida dan juga oksidan. Kandungan bahan dari produk bleaching berupa krim bleaching ini mengandung zat alkali yang akan membuka kutikula rambut sehingga bisa melarutkan warna alami rambut.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, bleaching rambut ini disebut juga dengan pelunturan warna asli rambut jadi lebih terang dan lebih mudah untuk diwarnai.

Kelebihan dari Bleaching Rambut

Proses bleaching rambut jadi tahapan yang tidak boleh dilewatkan saat ingin mengganti warna dari rambut kamu. Terlebih lagi, jika kamu memiliki warna asli rambut yang gelap sehingga cukup sulit untuk menyerap warna cat yang terang.

Berikut ini kelebihan dari proses bleaching rambut sebelum diwarnai:

Membuat warna terlihat terang

Proses bleaching rambut akan membuat warna alami terlihat lebih terang atau pirang, sehingga mudah diwarnai dengan cat pewarna rambut yang kamu inginkan ya.

Warna cat akan lebih nyata

Dengan dasar warna asli rambut yang sudah lebih terang, warna cat akan lebih nyata setelah diaplikasikan. Jika kamu pernah mengecat rambut tanpa proses bleaching rambut dan melihat hasilnya tidak seterang di produk cat, ini bisa disebabkan karena rambut yang tidak melalui proses bleaching rambut.

Jika kamu suka bergonta-ganti warna rambut, maka bleaching rambut bisa jadi jawabannya. Meski begitu, kamu harus memperhatikan kondisi rambut terlebih dulu ya, karena proses bleaching rambut pun ada kekurangannya.

Kekurangan Bleaching Rambut

Selain mempermudah kita saat ingin mewarnai rambut, sayangnya bleaching rambut ini juga bisa menyebabkan beberapa hal pada rambut kita. Berikut ini kekurangan dari bleaching rambut:

Bisa mengakibatkan iritasi kulit kepala

Akibat penggunaan bahan kimia berupa hidrogen peroksida, salah satu efeknya adalah munculnya rasa terbakar yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Rambut rusak yang tidak bisa dihindari

Proses bleaching rambut sendiri memang bisa menyebabkan efek samping berupa kerusakan rambut akibat krim bleaching yang keras. Nah jika kamu ingin bleaching rambut, kamu harus siap-siap ya jika rambut jadi rontok, kasar, dan juga bercabang akibat bahan krim. Bahkan kulit kepala yang jadi berketombe juga bisa jadi efek sampingnya.

Hilangnya kandungan melanin pada rambut

Dengan tekniknya yang melunturkan warna asli rambut alias melanin rambut, maka rambut kamu akan susah beradaptasi untuk mengembalikan kandungan melanin secara alami. Akibatnya, warna asli rambut kamu akan berubah secara permanen jika kamu pernah melakukan bleaching rambut.

Tips untuk Memulai Proses Bleaching Rambut

Sebelum memulai untuk mengganti warna asli rambut kamu, kamu harus tau terlebih dulu tips untuk memulai proses bleaching rambut, terlebih lagi jika kamu melakukan bleaching rambut di rumah. Mulai dari memilih produk bleaching atau krim bleaching yang tepat dan beberapa hal lainnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktikkan sebelum memulai bleaching rambut sendiri ya:

Siap-siap rambut jadi rusak ya

Hal ini karena proses bleaching yang menggunakan bahan kimia ini memang akan membuat rambut lebih rapuh dan juga rusak. Setelah kamu bleaching, jangan heran jika rambut kamu akan seperti ini ya. Untuk mengurangi sedikit efeknya, kamu bisa memulai dengan perawatan rambut ekstra beberapa minggu sebelum bleaching rambut ya.

Jangan keramas sebelum bleaching rambut

Kenapa? Hal ini karena bleaching rambut ini tidak perlu dilakukan pada rambut yang bersih. Bahkan, bleaching rambut ini justru lebih baik saat posisi rambut berminyak.

Kamu bisa lakukan toning rambut untuk hasil warna yang lebih menarik

Kamu bisa gunakan toner rambut saat kamu bleaching rambut atau mengecat rambut. Caranya cukup mudah, hanya perlu aplikasikan 20-30 menit supaya meresap.

Beragam Jenis Cat Rambut di iPrice Indonesia

Meskipun sama-sama cat rambut, tetapi sebenarnya terbagi menjadi beberapa kategori seperti:

Pewarna Rambut Temporer

Jika kamu ingin melihat tampilan rambut kamu dalam warna-warna lain yang nge-jreng seperti contohnya biru, pink, kuning atau bahkan hijau tetapi kamu takut warna asli rambut kamu tidak kembali. Kamu bisa menggunakan pewarna rambut temporer atau sementara, yang hanya dengan sekali keramas maka warna tersebut akan pudar.

Pewarna rambut temporer ini hanya bekerja dengan cara melapisi bagian terluar rambut, dan kamu pun tidak perlu risau warna asli rambut kamu akan hilang. Biasanya banyak yang menggunakan pewarna rambut temporer ini untuk pesta kostum ataupun menghadiri acara tertentu.

Pewarna Rambut Semi Permanen

Berbeda dengan temporer, pewarna rambut semi permanen warnanya akan sedikit lama bertahan sebelum akhirnya benar-benar hilang. Pewarna rambut ini bisa bertahan hingga sebulan atau dengan 8 hingga 12 kali keramas.

Formula dalam pewarna rambut ini lebih kecil berbanding yang temporer sehingga pigmen tersebut dapat masuk ke helai rambut, dan menembus lapisan kutikula. Sangat cocok untuk kamu yang ingin mengganti warna rambut namun cepat merasa bosan dengan warna rambut yang kamu pilih. Dengan pewarna rambut semi permanen ini kamu dapat berganti warna rambut setiap sebulan sekali.

Pewarna Rambut Permanen

Jika kamu sudah menemukan warna rambut yang kamu inginkan dan tidak berencana untuk mengganti warna rambut tersebut dalam beberapa bulan, maka pilihlah pewarna rambut permanen. Pewarna rambut permanen dapat bertahan, sekurang-kurangnya empat bulan. Apalagi jika disertai dengan bleaching atau menghilangkan warna rambut asli, maka rambut yang diwarnai akan lebih bertahan lama dan lebih terang warnanya.

Cat Rambut yang Bisa Jadi Pilihan

Temporary Hair Chalk dari Sanwood

Bagi kamu pecinta fashion dan ingin selalu tampil dengan warna senada dari ujung rambut hingga ujung kaki, maka kamu sebaiknya mencoba temporary hair chalk kit 36 colours dari Sanwood. Cat rambut ini sangat unik karena berbentuk seperti kapur tetapi tidak terkandung racun dalam formulanya.

Cat ini bersifat temporer, dan sangat mudah untuk digunakan. Hanya cukup gosokkan pada rambut setengah basah hingga warna kapur berpindah pada rambut, lalu keringkan menggunakan hair dryer rambut pun akan seketika berubah warna. Terdiri dari 36 warna yang ceria, kamu dapat tampil dengan warna rambut yang berbeda setiap harinya.

Manic Panic

Tampil penuh gaya dengan rambut berwarna biru terang, kenapa tidak? Dengan Manic Panic Blue Moon Classic Cream Formula kamu bisa mendapatkan warna biru menyala yang sangat indah. Manic Panic merupakan jenis Cat semi permanen yang mengandung formula alami jadi tidak akan merusak rambut dan aman di kulit kepala. Merk ini berasal dari Amerika dan telah lama digunakan para artis Hollywood.

Schwarzkopf Perfect Mousse Foam Hair Colour

Tapi untuk mendapat warna yang permanen, kamu harus mencoba salah satu produk yaitu Schwarzkopf Perfect Mousse Foam Hair Colour Dark Chocolate. Yang akan menutup warna rambut asli dan bahkan uban kamu dengan sempurna dan tahan lama. Bentuknya yang praktis yaitu foam atau busa yang dapat digunakan seperti sampo biasa, membuat kamu tidak perlu mengotori tangan kamu jika ingin mengganti variasi warna-warni rambut kamu.

Miranda Hair Color

Miranda Hair Color adalah cat untuk rambut yang bisa jadi pilihan dengan harga yang cukup terjangkau. Hadir dengan 26 warna, semir rambut Miranda ini tersedia dalam warna terang dan juga gelap yang bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Selain digunakan untuk mewarnai rambut, Miranda Hair Color Premium ini juga bisa menutupi uban dengan lebih cepat dan hasil yang tahan lama.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kamu bisa gunakan produk bleaching rambut yang ada dalam paket Miranda Hair Color. Kemudian kamu bisa ikuti langkah-langkah yang tersedia di kemasan. Jangan lupa untuk tes alergi sebelum penggunaan ya.

Garnier Pewarna Rambut Natural Cokelat

Selain Miranda, merek Garnier juga terkenal dengan produk pewarnaan rambutnya. Keunggulan dari merek Garnier adalah natural oils atau minyak alami yang membuat warna lebih berkilau dan rambut tetap terjaga kesehatannya.

Ada dua pilihan gaya warna dari Garnier Color Naturals yakni untuk menutupi uban dan warna-warna vibran untuk tampilan yang lebih stylish. Bukan hanya itu saja, Garnier Color Naturals juga mengandung formula Ultra Boost yang membuat warna dari rambut tetap terlihat menyala meski dicat pada rambut berwarna gelap.

Tips Menjaga Rambut Agar Tetap Sehat Meski Diwarnai

Mengganti warna rambut memang menyenangkan, tetapi perhatikan beberapa tips berikut agar rambut kamu tetap sehat walaupun diwarnai.

  1. Pilihlah sampo khusus untuk rambut yang diwarnai, beberapa merk sampo terkenal menyediakan sampo untuk kamu yang gemar mengganti warna-warni rambut.
  2. Setelah keramas selalu gunakan kondisioner, karena rambut yang diwarnai akan cenderung kering dan mudah rapuh. Maka pemberian kondisioner dapat melindungi batang rambut agar tidak kering dan halus.
  3. Gunakan juga serum dan hair tonic untuk memperbaiki kondisi rambut. Pemberian serum dan hair tonic dapat dilakukan saat rambut setengah kering.
  4. Gunakan juga masker rambut sekurang-kurangnya sebulan sekali untuk menjaga nutrisi pada rambut.

Selain cat rambut, produk sampo, spray rambut, masker rambut dan banyak produk perawatan rambut lainnya dapat kamu temukan di iPrice Indonesia.

NEW