Aneka baterai sekali pakai maupun baterai rechargeable tersedia secara online! Ulasan ini membahas jenis-jenis baterai.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Jenis Baterai Mana yang Anda Pilih – Sekali Pakai atau Rechargeable?

Tidak semua alat elektronik dapat dijalankan dengan kabel yang terhubung dengan stop kontak. Terkadang, ada juga alat yang memakai tenaga baterai, misalnya kipas angin portable, senter, remote dan radio. Baterai sendiri adalah alat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik yang dapat digunakan oleh perangkat elektronik. Ada dua jenis baterai yang tersedia di pasaran yaitu baterai sekali pakai (single use) dan baterai isi ulang (rechargeable).

Baterai sekali pakai adalah jenis baterai yang tersedia dimana-mana dan sering dipakai. Baterai sekali pakai dapat dipakai untuk alat elektronik apapun asalkan ukuran baterai tersebut cocok. Inilah mengapa baterai sekali pakai sangat populer. Selain itu, baterai sekali pakai juga sangat murah. Pada umumnya, baterai sekali pakai memiliki tegangan sebesar 1,5 Volt dan terdiri atas berbagai ukuran seperti AAA, AA, C dan D. Biasanya sih baterai berbentuk silinder seperti tabung kecil, tapi ada juga baterai sekali pakai yang berbentuk kotak dengan tegangan 6 atau 9 Volt.

Beberapa jenis baterai sekali pakai adalah baterai zinc-carbon, alkaline, lithium dan silver oxide. Dari semua jenis baterai sekali pakai ini, baterai lithium memiliki kinerja yang terbaik karena dapat disimpan lebih dari sepuluh tahun dan mampu bekerja pada suhu yang sangat rendah. Inilah mengapa sebagian besar aplikasi memory backup pada komputer mikro atau jam tangan menggunakan baterai lithium. Nah, dari segi harga, baterai silver oxide adalah yang termahal karena terbuat dari perak. Baterai silver oxide berbentuk seperti kancing atau koin, dipakai untuk jam tangan, kalkulator dan aplikasi militer.

Sementara itu, baterai isi ulang adalah baterai yang menghasilkan arus listrik yang sama seperti baterai sekali pakai. Hanya saja, reaksi kimia pada jenis baterai ini dapat berbalik dan dapat diisi ulang sehingga dapat dipakai berkali-kali. Jenis-jenis baterai isi ulang adaalh baterai Ni-cd (Nickel-Cadmium), Ni-MH (Nickel-Metal Hydride) dan Li-Ion (Lithium-Ion). Saat ini, baterai Ni-cd telah dilarang penjualanya karena mengandung 15% racun Carcinogenic Cadmium yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan. Bagi Anda yang memiliki baterai Ni-MH, baterai ini juga mengandung sedikit zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan dan lilngkungan. Untuk menyingkirkan baterai ini lebih baik Anda daur ulang saja, jangan dibuang sembarangan.

Nah, baterai isi ulang yang sering digunakan untuk alat elektronik seperti kamera pocket, HP, laptop atau video kamera adalah baterai Li-Ion. Jenis baterai ini memiliki daya tahan siklus yang tinggi, sangat ringat dan menyediakan kapasitas yang tinggi, melebihi baterai Ni-MH. Baterai Li-Ion tidak mengandung Cadmium sehingga aman, namun Anda harus tetap mendaur ulang baterai ini. Singkat kata, agar aman bagi kesehatan dan lingkungan, baterai sebaiknya didaur ulang saja.

Temukan Baterai Idaman Anda dengan Harga Spesial di iPrice Indonesia!

Ada lebih dari seratus baterai yang tersedia secara online di iPrice Indonesia. Apakah Anda sedang mencari baterai? Jika iya, temukan baterai idaman Anda dengan harga spesial! Di iPrice Indonesia, Anda dapat membandingkan harga baterai yang dijual oleh sebuah toko online dengan toko online lainnya sehingga dapat memilih harga terbaik. Baik baterai sekali pakai atau isi ulang, semuanya tersedia! Beberapa pilihan baterai yang bisa Anda dapatkan adalah Eneloop Panasonic Lite Baterai AA 1000 mAh Bp4 Biru, Micro Baterai Aaa Rechargeable Battery Smartoools 450 mah dan Universal Lock and Lock Alkaline Batu Baterai AAA 2Pcs Multi-Color.

Dapatkan juga perangkap nyamuk dan colokan listrik secara online!

NEW