Menggendong bayi adalah hal penting yang harus dilakukan orangtua. Dengan menggendong bayi, maka ia akan merasa nyaman, perkembangan bayi lebih baik, memperlancar proses menyusui, dan juga menjaga kehangatan bayi. Tak hanya itu saja menggendong bayi dapat memperkuat ikatan orangtua dan anak. Sekarang ini sudah banyak jenis gendongan bayi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan usia. Tapi memilihnya pun nggak bisa sembarangan. Untuk itu baca dulu informasi penting seputar gendongan untuk bayi. Dapatkan juga harga gendongan bayi dengan penawaran terbaik di iPrice Indonesia.

Jenis Gendongan Bayi Sesuai dengan Usia | Tips Memilih Gendongan untuk Bayi

_

Gendongan Bayi - Jenis, Merk, dan Tips

Sekilas Tentang Gendongan Bayi

Bayi sangat suka digendong dan menggendong bayi punya banyak manfaat baik. Menggendong bayi dapat mempermudah proses menyusui sekaligus menjaga kehangatan bayi. Bayi pun akan merasa nyaman. Selain itu bayi yang digendong akan mengalami perkembangan otak yang lebih baik dan dapat memperkuat ikatan orangtua dan anak. Tidak heran jika gendongan bayi sangat bermanfaat untuk bayi dan orangtua, kan? Apalagi saat ini banyak sekali jenis-jenis gendongan yang bisa dipilih sesuai usia Si Kecil.

Jenis Gendongan Bayi Sesuai dengan Usia

Ada beberapa jenis gendongan bayi yang bisa kamu pilih sesuai dengan usia bayi. Setiap jenis memiliki cara pemakaian yang berbeda. Simak penjelasan berikut ini:

Kain Gendongan

Sesuai namanya, kain gendongan terbuat dari sarung atau kain tradisional. Kain gendongan sendiri sudah tidak asing di Indonesia karena sudah dipraktekkan sejak zaman dahulu. Dengan menggunakan kain gendongan ini, orangtua dapat bergerak bebas dan menyusui dengan mudah. Cara pemakaiannya juga tidak rumit. Kamu cukup melilitkan kain ke tubuh, atur posisi, dan kencangkan ke tubuh. Pastikan baik bayi dan orangtua nyaman dengan lilitan. Kain gendongan ini sangat cocok untuk bayi baru lahir hingga 2 bulan karena beratnya yang ringan.

Gendongan Selempang

Gendongan selempang atau sling carrier punya bentuk yang mirip dengan kain gendongan. Hanya saja, gendongan ini menggunakan kain berbahan katun atau linen. Selain itu, gendongan selempang memiliki dua tali penopang yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan bayi dan orangtua. Bayi ini memudahkan proses menyusui sekaligus menjaga bayi tetap hangat dalam dekapan orangtua. Gendongan selempang ini cocok untuk bayi baru lahir hingga 2 bulan dengan berat 4,5 kg hingga 7 kg.

Gendongan Depan

Untuk bayi yang sudah berusia 5 hingga 6 bulan, gendongan depan atau front carrier sangat cocok untuk bayi dan orangtua. Gendongan bayi depan ini memungkinkan orangtua untuk menggendong bayi dalam posisi duduk dengan bantalan sebagai penopangnya. Bentuk gendongan bayi depan ini seperti ransel dan bayi dapat duduk menghadap depan atau belakang, menghadap orangtua yang menggendong. Gendongan bayi depan ini cocok untuk bayi yang sudah berusia 5 hingga 6 bulan karena lehernya sudah kuat.

Gendongan Belakang

Untuk bayi yang sudah berusia 1 tahun, gendongan belakang atau backpacker carrier sangatlah tepat. Gendongan bayi jenis ini sangat nyaman untuk orangtua dan bayi. Orangtua dapat bergerak lebih bebas dalam waktu yang cukup lama, dan bayi pun dapat duduk dengan nyaman. .

Gendongan Hipseat

Gendongan hipseat merupakan produk yang populer di kalangan orangtua. Dengan gendongan hipseat ini, orangtua dapat menggendong bayi maupun balita di depan atau belakang. Konsep gendongan bayi satu ini adalah menggendong di pinggul dengan posisi duduk. Tak heran banyak orangtua membeli gendongan bayi ini karena sangat cocok untuk bayi yang sudah besar dan masih harus digendong.

Merk Gendongan Bayi Terbaik

Bingung mau beli gendongan bayi merk apa? Berikut rekomendasi terbaik yang bisa kamu pilih:

  • Cuddle Me
  • Omiland
  • Dialogue Baby
  • Baby K’Tan
  • Ergobaby
  • Hanaroo
  • Moby
  • Bobita
  • I-Angel
  • Snobby
  • Boobita
  • Mooimom

Tips Memilih Gendongan untuk Bayi

Memilih gendongan untuk bayi tidak bisa dianggap sepele. Ada beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan yaitu:

  • Sesuaikan dengan ukuran tubuh bayi: Hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah ukuran tubuh bayi. Gendongan harus sesuai dengan ukuran tubuh supaya tidak terlalu longgar atau ketat sehingga tidak mengganggu perkembangan fisik bayi.
  • Pastikan gendongan kuat, kokoh, dan aman: Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah kekuatan dan keamanan gendongan bayi. Cek baik-baik material, kekuatan dudukan, tali penopang, tali pengikat, dan lainnya. Pastikan semuanya kuat, tidak mudah robek atau lepas sehingga bayi selalu aman saat digendong.
  • Pastikan gendongan nyaman untuk digunakan bayi dan orangtua: Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah kenyamanan saat digunakan. Kenyamanan ini tak hanya untuk bayi saja, tetapi juga untuk orangtua yang akan menggendong bayi. Pastikan dapat digunakan, kamu tetap dapat bergerak dengan leluasa dan bayi merasa nyaman juga.

Jika perlu kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan gendongan bayi terbaik untuk bayi dan orangtua.

Dapatkan Harga Gendongan Bayi Terbaik di iPrice

Mau beli gendongan bayi untuk anak? Tenang saja, sekarang kamu bisa menemukannya di iPrice Indonesia. Temukan harga gendongan bayi dari berbagai e-commerce se-Indonesia. Dapatkan juga promo untuk harga gendongan bayi dengan menggunakan kupon diskon dari iPrice. Tunggu apalagi! Yuk, buruan belanja sekarang!

NEW