Genset adalah suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Dapatkan genset sesuai kebutuhan dari berbagai brand, seperti Yamaha, Honda, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Apa itu genset

Berapa Harga genset di Indonesia?

Jenis Genset

Cara Memilih genset

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Apa Itu Genset?

Genset adalah akronim dari “Generator set”, yaitu suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Dengan menggunakan genset, Anda akan dapat menggelar acara hajatan atau acara kampanye di desa tanpa khawatir listrik akan padam mendadak. Jika terkait segi kebutuhan, umumnya genset yang difungsikan untuk membantu memiliki kapasitas daya antara 220 hingga 300 volt. Jenis Genset sangat beragam, mulai dari gas, diesel, bensin, dan tentu saja genset mini.

Jenis Generator Set

  • Genset Mini dengan Bahan Bakar Gas: Mesin genset ini menggunakan bahan bakar gas untuk menyalakannya, dengan gas sebagai berikut LPG (liquid Petroleum Gas) ,CNG ( Compressed Natural Gas). Diindustri dengan menggunakan CNG , Gas CNG sendiri harus menggunakan infrastruktur dari pipa gas yang langsung mendistribusikan CNG tersebut sebagai bahan bakar genset tersebut. Penggunaan gas CNG pun harus dipertimbangkan karena pembiayaannya sangat mahal.
  • Genset Diesel: Mesin genset ini banyak digunakan secara umum karena sangat mudah menemukan genset ini, mesin genset ini memiliki kapasitas dari 5kw (5000 watt) sampai 2MW (2.000.000 watt), mesin genset inipun memiliki silinder dari 2 silinder sampai 16 silinder.
  • Genset Mini atau Mesin Genset Portable: Genset mini ini banyak digunakan untuk diluar tempat maupun dibawa kemana-mana. Karena ukuran genset mini yang kecil, generator ini bisa dibawa kemana-mana menggunakan mobil bak / pick up yang biasanya digunakan untuk menyalakan listrik di lapangan maupun perkemahan.
  • Genset Turbin: Mesin genset ini memiliki kapasitas listrik paling besar dari genset lain karena memiliki kapasitas diatas 2MW (2.000.000 watt), genset ini mampu menyalakan lampu hampir dikota kecil dengan cara menggabungkan beberapa turbin. Untuk membangun turbin membutuhkan hitungan yang sangat cermat sesuai dengan kondisi disekitarnya, karena adanya turbin maka kita sering mendengar turbin air, turbin uap, turbin air dll, Contoh turbin uap yang menggunakan tenaga uap untuk memutar mesin, dengan hasil putaran tersebut disalurkan keturbin lain untuk menghasilkan listrik, maupun turbin air yang memanfaatkan arus deras air yang membutuhkan putaran deras sehingga menghasilkan putaran ke generator untuk menghasilkan listrik , sistem kerja tersebut juga seperti turbin-turbin

Berapa Harga Genset di Indonesia?

Harga genset sangat bervariasi, seperti yang termurah harga genset dari brand Yamaha mulai dari Rp 1.800.000 saja, harga genset seri genset mini dengan bahan bakar bensin mulai dari Rp 925.000, hingga harga genset dari Honda yang bisa dibanderol di atas Rp 16.000.000

Brand Genset Terbaik

  • Yanmar: Yanmar adalah salah satu produsen genset terbaik dari Jepang, yang didirikan sejak tahun 1912. Salah satu produk genset unggulan Yanmar adalah genset diesel, yang telah dikembangkan dan dikomersialkan di dunia sejak tahun 1933
  • Volvo: Volvo Penta, dengan sekitar 3500 dealer di lebih dari 130 negara, adalah produsen mesin pembangkit listrik terkemuka dunia dan sistem daya lengkap untuk industri kelautan dan aplikasi industri serupa. Volvo Penta merupakan bagian dari Volvo Group, salah satu produsen truk berat, bus, dan peralatan konstruksi terkemuka di dunia. Peralatan pembangkit listrik yang diproduksi terdiri dari mesin diesel dan bensin dengan output daya antara 12 dan 900 hp.
  • Yamaha: genset keluaran Yamaha memiliki ciri khas mudah dioperasikan dan durabilitas tinggi. Bentuknya yang lebih ringkas dibandingkan dengan genset sejenis dari brand lain juga membuat genset Yamaha lebih mudah dibawa kemana saja.

Rekomendasi Seri dan Harga Genset

  • DAIMARU DM 1200 (800 Watt) - harga genset mulai Rp 900.000
  • KRISBOW Genset (2800 Watt) - harga genset mulai Rp 3.900.000
  • YAMAHA Inverter EF1000 iS SILENT (900 watt) - harga genset mulai Rp 16.000.000
  • Honda Inverter EU 65is (5000 Watt) - harga genset mulai Rp 48.000.000

Apa yang harus diperhatikan saat membeli genset?

  • Kebutuhan listrik: Sebelum membeli genset, perhatikan dulu kebutuhan listrik dengan cara menghitung jumlah watt yang dibutuhkan dan berapa KWh daya listrik yang kamu miliki. Kemudian, pilih genset yang memiliki output daya yang lebih besar dari jumlah konsumsi daya listrik yang kamu butuhkan.
  • Cek kebutuhan bahan bakarnya: Ada beberapa jenis bahan bakar genset, yakni bensin, bensin campur, solar, hingga LPG. Tentukan genset berdasarkan bahan bakar yang mudah kamu dapatkan agar memudahkan kamu dalam menggunakan genset.
  • Apakah gensetnya berisik: Suara genset dipengaruhi tipe mesinnya, yakni 2 tak dan 4 tak. Mesin 2 tak cenderung lebih berisik, namun dari segi harga lebih murah. Sebaliknya, mesin 4 tak dikenal sebagai silent genset, namun memiliki harga genset yang cenderung lebih mahal.
  • Sparepart dan garansi: terakhir adalah menentukan brand yang akan dibeli. Pertimbangan lain dari brand ini tak hanya modelnya ya, tetapi juga ketersediaan spareparts dan lama garansi.
NEW