“Ketika momen berharga sudah terlewatkan, hanya foto yang akan tetap mengingatkan.” Mungkin kalimat ini yang menjadi mantra ketika kamera Polaroid diciptakan pertama kali. Dengan fitur utama mencetak foto dengan instan, kamera Polaroid telah mengabadikan banyak momen berharga dari satu generasi ke generasi lainnya. Simak informasi mengenai sejarah kamera Polaroid serta keberadaan produk Polaroid di Indonesia hanya di artikel ini.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Kamera Polaroid Indonesia: Tak Hilang Oleh Zaman

Ada beberapa tren yang tidak pernah usang dan selalu kita lakukan, seperti tren untuk merayakan kesuksesan, mengkonsumsi makanan sehat ataupun mengabadikan momen yang dianggap spesial. Untuk yang terakhir, mengabadikan momen spesial, sudah banyak merevolusi berbagai industri. Misalnya saja industri telepon genggam. Sejak munculnya handphone berkamera pada tahun 2000, tiba-tiba kita menyadari adanya kebutuhan untuk mengambil foto melalui ponsel. Padahal jauh sebelum adanya ponsel dengan kamera, generasi-generasi sebelum kita sudah menggunakan kamera yang dapat memproduksi foto dengan instan yang bernama kamera Polaroid. Apa itu kamera polaroid serta bagaimana serba-serbi kamera Polaroid di Indonesia?

Mengenal Kamera Polaroid

Jika kamu adalah penggemar fotografi, kamera Polaroid pasti tidak asing lagi di telinga kamu. Kamera pertama di dunia yang didesain untuk memproduksi foto dengan instan ini dikembangkan oleh Edwin H. Land di tahun 1926. Pria Amerika ini katanya meninggalkan bangku kuliahnya di Harvard University untuk membuat teknologi yang dapat memisahkan cahaya (polarizer) sehingga dapat menghasilkan foto dengan instan dan tanpa film negatif.

Usahanya nggak sia-sia. Edwin mendirikan perusahaan dengan nama Polaroid yang kemudian dikenal luas dengan produk kamera instan pertamanya, model 95. Model ini katanya menjadi prototype untuk kamera instan lainnya yang diproduksi oleh Polaroid.

Nggak banyak yang tahu kalau sebenarnya, Polaroid juga terkenal di masa Perang Dunia II. Edwin menyadari bahwa teknologi polarizer yang dia gunakan untuk kamera Polaroid bisa juga digunakan untuk kacamata yang digunakan oleh tentara Amerika ketika perang dunia. Sekitar tahun 1940-an, Polaroid juga memproduksi kacamata khusus untuk tentara Amerika yang dapat melindungi mata dari sinar matahari. Jika sekarang kamu melihat kacamata hitam dengan lensa “polarizer”, itu salah satu teknologi yang berhasil dikembangkan oleh Polaroid.

Meskipun kamera polaroid sudah dikembangkan sejak tahun 1926, ternyata hasil foto yang dicetak masih hitam putih dan sepia. Baru di tahun 1963, kamera polaroid bisa mencetak foto berwarna.

Salah Kaprah Kamera Polaroid

Kamera Polaroid mulai masuk ke pasaran Asia di tahun 1960-an dengan dibukanya toko resmi di Jepang. Entah kapan persisnya kamera Polaroid mulai dipasarkan di Indonesia, tapi kita bisa lihat orang tua kita memiliki hasil foto dari kamera Polaroid.

Belakangan ini, kamera Polaroid kembali menjadi tren, terutama sejak Fuji pun memproduksi kamera Polaroid dengan harga yang cukup terjangkau, Fuji Instax Mini.

Lucunya, sekarang ini Polaroid lebih banyak dikenal sebagai satu varian kamera, bukan lagi nama perusahaan. Nggak heran, sekarang ini kita tetap menyebut kamera Polaroid untuk semua jenis kamera yang dapat mencetak foto dengan instan, meskipun kebanyakan tidak diproduksi oleh Polaroid.

Fenomena ini bisa terjadi karena kamera Polaroid memang mengubah pasaran kamera; kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mencetak foto dari momen yang kita ambil.

Mengapa Kamera Polaroid Begitu Digemari?

Meskipun kebanyakan ponsel kini dilengkapi dengan kamera, yang bahkan berkualitas sama dengan kamera DSLR, kamera Polaroid kini kembali menjadi tren. Bukan hanya produk kamera Polaroid terkini, banyak juga orang yang memburu produk-produk kamera Polaroid yang tidak lagi diproduksi.

Apa yang sebenarnya terjadi? Mungkin sama dengan tren untuk kembali membaca buku dalam bentuk fisik, bukan e-book. Hal ini terjadi juga pada industri kamera. Setelah sekian lama didominasi oleh kamera pada ponsel, mungkin ini saatnya untuk benar-benar mengabadikan momen yang terjadi. Bukan hanya mengambil ponsel dari dalam saku. Ada perasaan sentimental tersendiri ketika menyadari bahwa hasil dari kamera Polaroid tidak tersimpan dalam memory card, seperti kamera digital kebanyakan. Dengan mengabadikan momen menggunakan kamera Polaroid, kamu sadar bahwa kamu hanya memiliki beberapa detik saja untuk mengabadikannya dengan cantik. Karena kamu tidak bisa mengubah foto yang sudah kamu ambil. Selain itu, kamu pun akan menyimpan dengan baik hasil dari foto yang kamu ambil menggunakan kamera Polaroid. Rasanya, dengan menggunakan kamera Polaroid, kita dipaksa untuk lebih menghargai momen yang sedang berlangsung dan juga menjaga hasil foto yang kita abadikan dengan lebih baik.

Kamera Polaroid Kini

Meskipun identik dengan produk kamera instannya yang sudah dikenal lama, Polaroid kini tidak hanya memproduksi kamera. Sejak 2014, Polaroid memproduksi salah satu produk yang sedang hangat di pasaran kamera dan video, yaitu action cam dengan nama Polaroid Cube. Dengan bentuk kubus yang kecil, kamera yang juga dapat merekam video ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti diving, dan juga extreme sport.

Kamera Polaroid klasik yang dapat mencetak foto instan pun masih diproduksi oleh Polaroid tentu dengan banyak fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan kaum urban, seperti bentuk kamera yang kecil dan mudah dibawa ke mana saja.

Polaroid dan Gaya Hidup

Memang, Polaroid kini menjelma menjadi brand yang kental dengan gaya hidup urban yang didominasi oleh fashion dan teknologi. Jika kamu sempat browsing ke website resmi Polaroid, kamu akan menemukan bagaimana Polaroid sudah banyak mengembangkan produknya.

Kamu mungkin akan terkejut mengetahui bahwa Polaroid juga memproduksi ponsel dan juga televisi. Sayangnya, produk-produk gadget ini tidak dipasarkan di Indonesia. Hanya kacamata hitam dan ragam kamera Polaroid yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Jika kamu adalah orang yang mengapresiasi dan suka mengabadikan momen-momen berharga di hidup kamu, kamera Polaroid bisa menjadi andalan yang bisa dibawa kapan aja!

NEW