Handphone & Tablet
672 Produk
 >   >  HP Basic

Harga HP Basic Murah Terbaru | Oktober 2018

672 Produk

Ponsel basic masih dicari oleh banyak orang meski telah banyak ponsel pintar di zaman sekarang. Simak ulasan di sini untuk mengetahui manfaat dan serba-serbi ponsel basic.

Atur berdasarkan: Popularitas Harga
×
Kami sedang berupaya menyiapkan fitur ini untuk Anda. Simak selalu!

Daftar Harga HP Basic Terbaik 2018

10 Produk Terbaik Harga Toko
Nokia 105 Rp 159.000 Bukalapak
Nokia 3310 Rp 155.000 Shopee
Nokia 216 Rp 325.000 Lazada
Nokia 130 Rp 290.000 Shopee
Nokia 150 Rp 91.000 Lazada
Nokia X2 Rp 189.000 Lazada
Nokia 230 Rp 636.000 Lazada
Nokia E63 Rp 325.000 Lazada
Nokia C3 Rp 248.000 Bukalapak
Nokia 225 Rp 153.000 Lazada
Terpopuler
Nokia 105

Termurah di Bukalapak Rp 159.000 Kunjungi Toko

Long Live Ponsel Basic Indonesia!

Keberadaan ponsel basic di Indonesia masih belum dapat digantikan sepenuhnya oleh kehadiran berbagai ponsel pintar yang menginvansi pasar ponsel dalam negeri sejak satu dekade belakangan. Meski ponsel basic memiiki fitur yang jauh lebih sedikit dibanding smartphone, namun kemampuan dan daya tahan yang bisa digunakan untuk melakukan kebutuhan komunikasi utama seperti berkirim SMS maupun menelepon masih jauh beberapa tingkat dibandingkan yang ditawarkan oleh ponsel pintar. Ukuran ponsel basic yang compact juga sangat nyaman dibawa kemanapun.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara seperti yang dilansir dari berita Liputan6.com edisi 2 Maret 2017, dari 170 juta pengguna ponsel di Indonesia ada sebanyak 30 % pengguna menggunakan ponsel basic. Sedangkan menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset asal Amerika Serikat bernama Gartner, konsumen ponsel basic di negara berkembang cenderung menggunakan satu ponselnya hingga tiga tahun lamanya. Data-data memperlihatkan bahwa ponsel basic masih memiliki tempat di hati konsumen yang dikelilingi oleh teknologi canggih zaman sekarang.

Mengapa Ponsel Basic Masih Laku di Zaman Sekarang?

Jika menilik teknologi, ponsel basic jelas tidak menawarkan fitur-fitur canggih seperti ponsel pintar. Desain ponsel basic juga tidak cukup menarik jika dibandingkan dengan ponsel pintar yang berani bermain desain dan menggunakan berbagai material bodi, mulai dari plastik hingga alumunium. Ponsel basic umumnya hanya bermaterial plastik dan terdiri dari dua desain. Dua desainnya yakni:

  • Ponsel basic berbentuk candybar
  • Ponsel basic berbentuk flip

Tapi hingga kini masih banyak yang mencari ponsel ini, termasuk Anda yang sedang berada di halaman ini dan membaca artikel ini. Tahukah Anda, dari lansiran berita Liputan6.com, besarnya presentasi pengguna ponsel basic ini karena keberadaan jaringan telekomunikasi 2G dan 2,5G yang masih paling kuat hingga ke pelosok daerah Indoneia. Di samping itu, banderol harga yang jauh di bawah harga smartphone membuat pengguna di kelas bawah tidak merasa terbebani ketika membelinya.

Ponsel basic turut menjadi kebutuhan bagi beberapa kelompok orang yang memiliki pekerjaan jauh dari pusat modernitas. Misal, ketika Anda bekerja di area remote yang sulit menjangkau sumber listrik, Anda dapat mengkompromikan ketersediaan fasilitas telekomunikasi melalui penggunaan ponsel basic yang tidak memakan daya baterai dengan sangat boros. Tidak seperti yang dilakukan oleh ponsel pintar. Di samping itu, ponsel basic umumnya tidak neko-neko terhadap cuaca. Ponsel ini masih bisa beroperasi baik ketika Anda tidak sengaja menjatuhkannya ke gundukan lumpur atau genangan air.

Privasi juga menjadi alasan tersendiri ketika orang-orang memilih menggunakan ponsel basic daripada smartphone. Terkadang Anda akan berada pada fase dimana akan sangat jenuh dengan segala “keterhubungan” yang dibuat oleh ponsel pintar Anda. Ada merasa tidak ada privasi dan kenyamanan untuk diri sendiri. Itulah saatnya beralih ke ponsel “bodoh”.

Cara Memilih Ponsel Basic yang Masih Layak

Ada beberapa aspek yang bisa Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli ponsel basic seperti keluaran Nokia, Motorola, Panasonic, atau Blackberry. Bodi ponsel merupakan aspek pertama yang harus Anda lihat, adakah lecet atau kekurangan pada bagian bodi. Jika bodi menurut Anda cukup oke, lanjutkan dengan memeriksa respon keypad. Pastikan semua tombol berfungsi dengan baik. Anda harus memeriksa speaker dan mikrofon karena biasanya kualitas speaker maupun mikrofon pada ponsel basic yang telah berumur cenderung menurun. Pastikan juga layarnya dapat menampilkan gambar dengan jelas tanpa cacat. Setelah itu Anda pastikan baterai yang dipasang memiliki kualitas bagus. Jika kemampuan baterainya telah menurun karena pemakaian, Anda juga harus mempertimbangkan apakah baterai ponsel itu bisa didapat dengan mudah dan murah.