Dengan kemajuan teknologi tinggi, perkembangan dari sebuah gadget menjadi sangat cepat dan pesat. Begitu juga dengan komputer yang biasa kamu gunakan di rumah sudah berubah menjadi sebuah perangkat yang mudah untuk kamu bawa kemanapun dan digunakan kapanpun kamu inginkan. Tablet adalah perangkat menyerupai komputer yang bisa digunakan untuk telepon, mengirim dan menerima pesan singkat, browsing internet, nonton video, mendengarkan musik, dan berbagai hal lainnya. Simak ulasan lengkap mengenai tablet pada artikel ini!

Tablet di Indonesia | Rekomendasi Tablet | Tips Membeli Tablet | Berapa Harga Tablet di iPrice?

_

Daftar Harga Tablet Terbaik 2021

10 Produk Terbaik Harga Toko
Samsung Galaxy Tab A 8.0 2019 Rp 1.840.000 Lazada
Samsung Galaxy Tab S6 Rp 7.000.000 Tokopedia
Samsung Galaxy Tab S6 Lite Rp 5.490.000 Bukalapak
Apple iPad Pro 2020 Rp 11.462.000 Bukalapak
Samsung Galaxy Tab S7 Rp 10.190.000 Lazada
Apple iPad Mini Rp 2.499.000 Lazada
Samsung Galaxy Tab A7 Rp 2.871.546 Amazon
Samsung Galaxy Tab 3 Rp 1.799.000 Dimensi Data
Apple iPad 8th Generation Rp 3.000.000 Tokopedia
Samsung Galaxy Tab S7 Plus Rp 11.999.000 Lazada
Terpopuler
Samsung Galaxy Tab A 8.0 2019

Termurah di Lazada Rp 1.840.000 Kunjungi Toko

Tablet – Teknologi Komputer Dalam Genggaman

Bagi kamu para penggemar gadget pasti sudah mengetahui apa itu tablet. Betul sekali, perangkat ini adalah sebuah komputer portable yang berbentuk layar sentuh datar. Alasan dibalik penamaan komputer portable adalah karena fungsinya yang sangat menyerupai sebuah komputer pada umumnya. Artikel ini akan membahas sedikit mengenai tablet dan rekomendasi produk yang ada di Indonesia. Yuk, simak selengkapnya!

Apa Itu Tablet?

Tablet adalah perangkat dengan dimensi ukuran layar di atas 7 inci. Perangkat ini memiliki banyak fungsi yang umumnya bisa dilakukan oleh smartphone. Hanya saja komputer portabel ini berukuran lebih besar dari smartphone namun lebih kecil dari komputer di pasaran sehingga kerap digunakan untuk bekerja karena bentuknya yang ergonomis.

Kata "Tablet" pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000 oleh Microsoft yang kemudian disebut sebagai Tablet PC. Sedangkan Apple baru meluncurkan produk tabletnya bernama iPad pada tahun 2010. Diikuti oleh Samsung yang meluncurkan Galaxy Tab 7 pada tahun 2011. Ukuran dari perangkat ini pun berbeda-beda dimulai dari 10” hingga 7” untuk panjang dan ukuran lebar umumnya 12”.

Perangkat ini memiliki teknologi layar sentuh yang tidak lagi memerlukan tombol keyboard dan mouse. Kamu hanya perlu menggunakan ujung jari atau pena digital untuk menjalankan perangkat ini. Canggih dan simpel, bukan?

Keunggulan Tablet

Dibandingkan komputer jinjing atau ponsel pintar, berikut beberapa keunggulan tablet:

  • Nyaman untuk digunakan membaca, nonton video, dan bermain game
  • Sangat ringkas untuk dibawa kemana saja sebagai perangkat kerja pengganti laptop atau komputer
  • Cocok untuk digunakan rapat atau presentasi
  • Cocok untuk menggambar atau mendesain
  • Cocok untuk digunakan anak-anak untuk bermain dan belajar
  • Memiliki banyak pilihan aplikasi berbeda yang dapat meningkatkan produktivitas penggunanya

Tablet di Indonesia

Di Indonesia sendiri, perangkat ini telah hadir di pasaran sejak tahun 2008 dengan Tablet PC dari Microsoft. Semenjak kemunculan perangkat ini di pasaran Indonesia, penggemar dari komputer portabel ini terus meningkat. Semua ini karena fungsinya yang sangat banyak dan juga mudah untuk dibawa kemanapun.

Ada banyak merek yang sudah meluncurkan beragam varian tablet seperti Apple, Samsung, Microsoft, Lenovo, Acer dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja semua produk yang sudah kami sebutkan itu dapat kamu temukan secara online di website resmi iPrice Indonesia.

Jenis Interface Tablet

Ada banyak jenis komputer portabel yang hadir di pasaran Indonesia. Masing-masing tablet ini biasanya memiliki user interface atau tampilan yang berbeda, untuk membedakan produk dari kompetitor. Berikut perbedaan interface tablet yang dijual di Indonesia.

Android Tablet

Ini adalah salah satu jenis interface yang cukup dikenal. Android adalah sebuah open-source interface yang mudah untuk dikembangkan. Beberapa merek yang menggunakan Android adalah tablet Samsung, Lenovo, Acer, Asus dan masih banyak lagi merek lainnya. Tentu saja kamu bisa menemukan berbagai produk tablet Android di iPrice dengan harga terjangkau!

Windows Tablet

Windows interface merupakan sebuah open-source interface yang cukup terkenal. Namun, banyak pengguna yang merasa bahwa Android tablet lebih dipercaya karena kualitas yang lebih baik.

Merek yang menggunakan interface khas Windows biasanya merupakan produk-produk dari Microsoft seperti HP. Walaupun begitu, produk ini tetap memiliki banyak penggemar yang terus saja menggunakan Windows. Kamu bisa menemukan komputer portabel Windows secara online di website resmi iPrice Indonesia.

Apple iPad

Kamu pasti sudah cukup mengenal jenis interface yang satu ini karena interface ini hanya dirancang untuk pemakaian pada produk Apple saja. Walaupun tertutup, tetap saja penggemar dari Apple ini merasa lebih aman.

Rekomendasi Tablet di Indonesia

Agar kamu tidak bingung memilih perangkat portabel mana yang harus kamu beli, iPrice merangkum lima rekomendasi perangkat komputer portabel yang bisa menjadi pertimbanganmu. Selain kelima rekomendasi ini, kamu juga bisa mencari produk lainnya secara lengkap dengan harga tablet yang bisa kamu bandingkan pula, hanya dengan iPrice ya!

Apple iPad Pro

Apple iPad Pro memiliki layar Retina Display yang mempertajam gambar maupun warna tampilan gambar. iPad Pro sendiri memiliki dimensi layar lebih luas dibandingkan iPad lainnya yaitu 10,5 dan 12,9 inci. Apple iPad Pro juga sudah dilengkapi dengan iOS 11 sehingga kamu tidak akan mengalami hambatan selama membuka berbagai aplikasi. Terlebih di iPad Pro ini kamu sudah bisa menggunakan fitur Split Over atau Split View sehingga kedua aplikasi tetap aktif ketika kamu menggunakannya bersamaan. Harga tablet keluaran Apple ini ditawarkan dengan cukup tinggi namun sesuai dengan performa kelas atasnya.

Samsung Galaxy Tab A8 with S Pen

Samsung Galaxy Tab A8 with S Pen dilengkapi dengan stylus untuk memudahkan penggunaan perangkat. Produk ini hadir dengan kamera selfie 5MP dan belakang 8MP serta RAM 3GB dengan memori penyimpanan 32GB dan tambahan microSD sampai 512 GB. Kapasitas baterainya 4.200 mAh dengan kemampuan fast charging. Harga tablet Samsung yang satu ini terjangkau dan cocok untuk kamu yang punya budget minim.

Xiaomi Mi Pad 4

Xiaomi Mi Pad 4 memiliki ukuran layar 8 inci dan bodi yang tinggi karena mengusung rasio 16:10. Selain itu, ketebalan Mi Pad 4 juga lebih ramping yaitu 13 mm. Xiaomi Mi Pad 4 memiliki prosesor octa-core yang didukung oleh chipset Snapdragon 660 dan RAM 4 GB sehingga tak diragukan kalau performanya lebih baik dari pendahulunya.

Baterainya pun memiliki kapasitas sebesar 6.000 mAh yang diklaim dapat digunakan untuk main video hingga 12 jam! Tak hanya itu Mi Pad 4 menyematkan fitur face recognition untuk proteksinya. Kameranya pun cukup mumpuni yaitu kamera depan 5 MP. Mi Pad 4 ini juga memiliki kamera HDR 13 MP di punggungnya.

Samsung Galaxy Tab S6

Samsung Galaxy Tab S6 dibekali chipset Snapdragon 855 dengan RAM sebesar 6GB untuk performa yang optimal. Layarnya AMOLED 10,5 inci beresolusi 2.560 x 1.600 piksel sangat nyaman untuk nonton video dan main game. Samsung menyematkan empat speaker AKG dengan Dolby Atmos sekaligus. Baterainya berkapasitas 7.040 mAh yang dapat bertahan selama hampir 15 jam penuh selama penggunaan aktif, lengkap dengan fitur fast charging 18W.

Samsung Galaxy Tab S6 ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti asisten suara cerdas Bixby, stylus canggih yang dapat mengontrol perankat dari jauh, dan book cover keyboard portabel yang diberi nama Samsung DeX dan bisa aktif sesaat setelah kamu memasangnya. Samsung Galaxy Tab S6 sendiri memiliki kamera beresolusi 13MP dan 5MP yang sudah dilengkapi dengan fitur Ultra Wide dan Smart AI. Namun, harga tab seri ini dibanderol cukup tinggi. Jadi, kamu harus sesuaikan budget ya.

Huawei MatePad Pro

Kalau kamu ingin membeli tablet premium dengan harga tablet yang lebih rendah dari produk kelas atas lainnya, kamu bisa jadikan Huawei MatePad Pro sebagai bahan pertimbangan. Huawei MatePad Pro termasuk salah satu jajaran perangkat premium dengan layar LCD 10,8 inci bertenaga Kirin 990, RAM 6 GB dan kapasitas penyimpanan 128 GB. Speaker quad-channel dari Harman Kardon bisa menghasilkan suara yang memanjakan telinga. Fitur lain yang dimiliki perangkat ini adalah kamera belakang 13 MP, kamera depan 8 MP dan kapasitas baterai 7.250 mAh.

Tips Membeli Tablet

Setelah membaca rekomendasi di atas, berikut tips yang bisa kamu perhatikan sebelum membeli tablet:

Sistem Operasi

Pilihlah sistem operasi yang kamu suka dan butuhkan. Kamu bisa memilih sistem operasi seperti iOS, OS Windows maupun OS Android.

Dimensi Layar

Umumnya perangkat ini hadir dengan layar berukuran 7 sampai 10 inci, namun pastikan kebutuhan lebar layar yang kamu inginkan ya. Selain lebar layar, perhatikan juga resolusi yang ditawarkan agar gambar terlihat lebih jelas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Perangkat ini memang bisa dijadikan pengganti laptop atau komputer. Kalau kebutuhan kamu hanya sekedar menonton video dan bermain game, kamu bisa mencari produk yang tidak terlalu canggih. Namun, untuk penggunaan dalam kerja dan bisnis, mungkin kamu bisa memilih perangkat dengan kemampuan komputasi yang lebih tinggi ya.

Sesuaikan dengan Dana

Selain tips di atas, hal yang paling penting adalah siapkan alokasi dana terlebih dahulu agar kamu bisa mengelompokkan produk mana yang masih masuk dalam budget kamu. Tapi jangan khawatir, harga tab di pasaran juga sudah cukup bervariasi. Kamu bisa temukan harga tablet murah dengan spesifikasi yang mumpuni. Sesuaikan produk dengan kemampuan dan kebutuhan kamu.

Dapatkan Harga Tablet Terjangkau di iPrice!

Apakah informasi pada artikel berikut ini sudah cukup memenuhi kebutuhan kamu? Jika iya, maka apalagi yang kamu tunggu? Segera dapatkan harga tablet kesayangan kamu yang lebih murah sekarang juga secara online di website resmi iPrice Indonesia.

Kerennya lagi, kamu juga bisa menggunakan fitur pembanding harga untuk membandingkan harga tablet termurah dari seluruh e-commerce di Indonesia. Tunggu apalagi? Buruan cek dan beli tablet melalui iPrice sekarang juga!

NEW