Rapala adalah produsen umpan mancing (fishing lure) buatan dan alat-alat mancing terbesar di dunia. Simak artikel ini untuk mengetahui panduan umpan mancing yang baik.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Jenis-Jenis Umpan Mancing Berdasarkan Bentuk dan Desainnya

Halo mancing mania! Hobi memancing memang sudah menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan saat memancing adalah memilih jenis umpan mancing yang tepat. Berikut ini terdapat panduan jenis-jenis umpan mancing berdasarkan bentuk dan desain.

Umpan Mancing Berbentuk Minnow

Umpan mancing ini disebut minnow karena dibuat seperti bentuk ikan minnow, yaitu ikan kecil yang disukai predator. Umpan mancing minnow bisa Anda gunakan untk memancing di air asin dan air tawar. Umpan mancing jenis ini dipercaya efektif untuk memancing ikan yang sedang dalam keadaan lapar. Minnow bisa terbuat dari metal, kayu, plastik atau kombinasi aneka material.

Umpan Mancing Berbentuk Jig

Umpan mancing ini disebut jig karena cara menggunakannya adalah dengan dinaik-turunkan sekaligus digoyangkan secara cepat (jig berasal dari bahasa Inggris yang artinya menari dengan irama cepat). Bahan yang digunakan dalam umpan mancing jig biasanya dari logam atau timah yang berat jenisnya lebih besar dari besi. Penggunaan umpan jig adalah dengan memasangkan single hook yang biasanya ditambah aksesoris seperti bulu binatang dan karet untuk menarik perhatian ikan.

Umpan Mancing Berbentuk Popper

Umpan mancing popper adalah umpan tiruan yang berjalan di permukaan air yang jika ditarik akan mengeluarkan suara cipratan air. Umpan mancing popper biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik. Dengan adanya suara tersebut diharapkan akan membuat ikan tergiur menyantapnya. Saat ini begitu banyak model umpang mancing popper yang dirancang untuk bermain di atas permukaan air.

Umpan Mancing Berbentuk Spinner

Disebut spinner karena umpan ini dibuat dengan bagian utama sebagai daya tariknya berupa logam yang dapat berputar (spin). Umpan mancing spinner ini dibuat dengan tubuh utama berupa mata kail yang diberi spoon dan bulu-bulu. Putaran dari blade akan menimbulkan getaran atau dengung suara yang membuat ikan-ikan tertarik untuk mendekat.

Umpan Mancing Berbentuk Flies

Umpan mancing ini disebut flies karena memiliki bentuk seperti serangga yang terbang di dekat permukaan air atau tenggelam di air namun dengan gerakaan seperti benda terbang. Umumnya umpan mancing ini berbentuk lalat, kupu-kupu, belalang, capung dan sebagainya. Umpan ini merupakan kombinasi mata pancing dengan bulu-bulu yang didesain menyerupai serangga. Umpan jenis ini relative ringan sehingga akan mengambang di permukaan air.

Meraih Manfaat dari Hobi Memancing

Memancing ternyata tidak hanya sekedar kegiatan untuk menyalurkan hobi. Nyatanya terdapat sejumlah manfaat memancing yang bisa diambil. Cukup banyak alasan yang menyebabkan para pemancing mania rela duduk berjam-jam di tempat memancing sambil menunggu umpannya disambar ikan. Bahkan banyak para pemancing yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengeluarkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan mancing. Meski hasil tangkapannya tidak lebih banyak dari biaya yang dikeluarkan, terdapat manfaat memancing yang dirasakan oleh para pemancing mania. Apa saja itu? Simak di bawah ini!

Memancing adalah Hobi yang Menyenangkan

Dengan memancing, orang-orang dapat merasakan pengalaman asyiknya menarik ikan dari alat pancingnya. Karena pada saat inilah waktu yang paling mengesankan bagi para mancing mania. Pemancing pun dengan senang hati menarik ikan yang sudah menyangkut di kailnya. Saat itu pulalah, terkadang pemancing bertarung dengan kekuatan ikan karena terjadi perlawanan dari ikan yang dipancingnya.

Memancing Memberikan Manfaat Kesehatan

Memancing juga merupakan sarana olahraga yang bermanfaat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan kegiatan memancing sama seperti kegiatan olahraga yang membutuhkan aktifitas fisik yang kuat, mulai dari melempar umpan dengan joran ke tengah air/laut, menarik reel ketika terjadi strike, menarik ikan yang sudah mendekat, dan aktifitas fisik lainnya. Kegiatan tersebut tentunya memberikan kebugaran bagi para pemancing.

Memancing Dapat Mengurangi Stress

Para pemancing mania pasti tahu bahwa aktifitas memancing dapat menghilangkan kepenatan di pikiran, mengurangi perasaan bosan akibat seminggu penuh berhadapan dengan rutinitas di kantor. Bahkan memancing dapat menumbuhkan kegembiraan sekaligus membantu menghilangkan rasa stress yang mungkin tengah dialami.

Memancing Melatih Kesabaran

Sadar atau tidak, kegiatan memancing dapat memberikan efek kesabaran dalam sebuah usaha meraih sesuatu. Misalnya, saat memancing Anda pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar hingga berjam-jam menunggu umpan disambar ikan. Malahan, walau sudah disambar ikan, terkadang ketika pemancing menggentak (menarik joran dengan cepat dan tepat), kegagalan pun bisa saja terjadi.

Memancing juga bisa menjadi pembelajaran untuk melatih kesabaran dan konsentrasi. Sebagai contoh, ketika umpan sudah dilempar, maka pemancing akan memperhatikan ‘umbul’ (benda mengapung yang berwarna, sebagai tanda ikan sudah menyambar umpan). Ketika memperhatikan umbul, di situlah pemancing membutuhkan kesadaran dan konsentrasi. Sebab pada saat itu, pemancing beradu cepat dengan ikan. Jika pemancing tidak berkonsentrasi, maka waktu menggentak pun tidak lepat sehingga ikan pun lolos dari genggaman.

Dapatkan Umpan Mancing Terbaik Rapala di iPrice Indonesia

Rapala merupakan produsen terbesar di dunia dalam memproduksi umpan mancing dan alat mancing lainnya. Rapala didirikan di Finland pada tahun 1930 oleh Lauri Rapala. Produk umpan mancing yang paling terkenal dari Rapala adalah umpan mancing buatan jenis minnow yang terbuat dari kayu balsa bernama Original Floater. Rapala menjual lebih dari 20 juta umpan mancing buatan setiap tahunnya di 140 negara di seluruh dunia.

Umpan mancing Rapala disenangi oleh para pemancing mania karena mereka tidak asal-asalan membuat umpan mancing. Umpan mancing yang diproduksi berdasarkan riset khusus tentang bentuk dan warna umpan seperti apa yang mampu menarik perhatian ikan. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki umpan pancing Rapala, Anda bisa membelinya secara online di iPrice Indonesia. Selamat berbelanja!

Anda mungkin juga menyukai

NEW