Naik
Harga
Warna
14 produk ditemukan

Retevis merupakan brand yang memproduksi walkie talkie, yaitu sebuah alat komunikasi genggam yang dapat menghubungkan dua orang atau lebih dengan pancaran gelombang radio. Simak artikel ini untuk mengetahui tentang walkie talkie lebih lanjut.

Kunjungi Toko
−21%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light T-388
Rp 275.000 Rp 350.000
Lazada
Kunjungi Toko
−56%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light T-388 Alat Komunikasi 2 Pc Black
Rp 240.000 Rp 550.000
Lazada
Kunjungi Toko
−58%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light 1 Pairs T-388 Black
Rp 359.000 Rp 870.000
Lazada
Kunjungi Toko
−31%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light 1 Pairs T-388 Black
Rp 268.000 Rp 390.000
Lazada
Kunjungi Toko
−23%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light T-388
Rp 295.000 Rp 387.000
Lazada
Kunjungi Toko
−30%
Retevis Walkie Talkie 2 Way Radio 16 Channel UHF400-470MHz 1Pcs H-777 Black
Rp 471.000 Rp 675.000
Lazada
Kunjungi Toko
−42%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light 1 Pairs T-388 -Hitam
Rp 290.000 Rp 500.000
Lazada
Kunjungi Toko
−33%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light 1 Pairs T-388
Rp 264.000 Rp 399.000
Lazada
Kunjungi Toko
−27%
Retevis Walkie Talkie 2 Way Radio 16 Channel UHF400-470MHz 1Pcs H-777 Black
Rp 264.000 Rp 364.000
Lazada
Kunjungi Toko
−37%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light 1 Pairs T-388 Black
Rp 305.000 Rp 485.000
Lazada
Kunjungi Toko
−42%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light 1 Pairs T-388 Black
Rp 375.000 Rp 657.000
Lazada
Kunjungi Toko
−19%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light T-388 Black
Rp 240.000 Rp 299.000
Lazada
Kunjungi Toko
−48%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light T-388 Hitam
Rp 260.000 Rp 500.000
Lazada
Kunjungi Toko
−21%
Retevis Mini Pairs Walkie Talkie with LED Light T-388 Mk02 Black
Rp 389.000 Rp 495.000
Lazada

Walkie Talkie, Sejarah dan Kegunaan

Walkie talkie adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat menghubungkan dua orang atau lebih dengan pancaran gelombang radio. Walkie talkie dikenal dengan sebutan Two Way Radio atau radio dua arah yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan biacara secara bergantian. Radius jangkauan bicara walkie talkie sekitar 0,5 hingga 2,5 km tanpa menggunakan pulsa seperti telepon pada umumnya.

Walkie talkie dibuat pada tahun 1937 oleh penemu asal Kanada bernama Donald Lewes Hings yang pada dibuat sebagai perangkat komunikasi dua arah berbasis gelombang radio yang bisa digunakan oleh orang-orang dalam kondisi spesifik, seperti orang-orang yang bekerja di tempat terpencil, jauh atau daerah yang sulit dijangkau oleh perangkat ponsel. Pada sejarah terbentuknya, walkie talkie pertama kali digunakan untuk kebutuhan militer khususnya pada saat perang. Walkie talkie pertama yang digunakan oleh anggota militer adalah Radio Man.

Penggunaan walkie talkie pada umumnya digunakan oleh kepolisian, alat komunikasi antar anggota tantara di lapangan dengan anggota di markas, pemadam kebakaran, petugas keamanan, dan lain-lain. Untuk masyarakat umum, biasanya walkie talkie digunakan untuk hobi komunitas untuk bersenang-senang seperti pada keluarga atau komunitas yang sedang melakukan camping atau sedang mengadakan acara-acara tertentu.

Cara dan Tips Penggunaan Walkie Talkie

Cara penggunaan walkie talkie berbeda antara jaringan yang satu dengan yang lainnya. Sehingga walkie talkie hanya dapat bekerja jika perangkat satu dan lainnya menyetel frekuensi yang sama. Berikut terdapat tips cara menggunakan walkie talkie yang benar:

  • Berikan pesan ataupun transmisi yang pendek atau to the point. Jika Anda memiliki pesan yang cukup panjang, jadikan pesan tersebut pendek dan pastikan bahwa penerima pesan mengerti apa yang dimaksud dari pesan Anda.
  • Bicaralah yang jelas dan dalam kondisi suara yang normal. Pastikan jarak mulut dan microphone walkie talkie berjarak sejauh 3 inci. Jika terlalu dekat maka suara Anda menjadi tidak jelas.
  • Gunakanlah kata-kata istilah yang standar dan mudah dimengerti saat menggunakan walkie talkie.
  • Jangan gunakan obscenities, yaitu jaringan radio yang menggunakan gelombang publik. Gelombang tersebut dikontrol oleh Federal Communications Commission yang memiliki wewenang untuk memonitor percakapan kita kapan saja.
  • Saat mengoperasikan walkie talkie, tekan tombol push-to-talk selama satu detik sebelum mulai bicara. Pada sebagian walkie talkie, pengguna akan mendengarkan bunyi beep setelah menahan tombol tersebut yang menyatakan bahwa pengguna sudah dapat untuk berbicara.

Aspek yang perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Walkie Talkie

Frekuensi

Walkie talkie memiliki dua jenis frekuensi, yakni UHF dan VHF. Anda harus pahami frekuensi ini sebelum memilih perangkat walkie talkie karena frekuensinya akan mempengaruhi kelancaran Anda bekerja. Walkie talkie berfrekuensi VHF biasanya digunakan pada area terbuka yang tidak memiliki penghalang / obstacle. Walkie talkie berfrekuensi ini biasanya dipakai di laut lepas atau di puncak gunung. Sedangkan frekuensi UHF biasanya digunakan pada tempat-tempat yang memiliki banyak obstacle seperti di dalam hutan yang penuh pepohonan, di dalam gedung atau area urban lainnya. Dengan kata lain, aliran frekuensi UHF lebih baik dibanding VHF dalam menembus objek.

Jangkauan

Ada walkie talkie yang hanya mampu terhubung dalam jangkauan dua kilometer. Tipe jangkauan walkie talkie ini biasanya disebut dengan Family Radio Service (FRS). Jika Anda menginginkan jangkauan yang lebih, maka pilih walkie talkie yang memiliki tipe jangkauan General Mobile Radio Service (GMRS).

Ketahanan

Lingkungan Anda menggunakan walkie talkie menjadi aspek yang harus dipertimbangkan selanjutnya. Apakah Anda akan menggunakannya pada area luar ruangan yang rentan hujan, panas, banjir, dan semacamnya? Atau Anda hanya butuh walkie talkie untuk memperlancar acara dalam ruangan yang Anda buat? Jika Anda menggunakan untuk luar ruangan, penting untuk memilih walkie talkie yang terbuat dari material kuat dan tahan terhadap air atau lumpur. Siapa yang tahu Anda akan menjatuhkannya ke dalam kubangan lumpur?

Berat dan Ukuran

Ada banyak jenis walkie talkie yang dijual di pasaran, umumnya berwarna hitam. Ada yang berukuran hanya sebesar ponsel compact, ada pula yang berukuran sebesar ponsel-ponsel pintar berlayar lebar yang ada sekarang. Pentingnya memperhatikan berat dan ukuran walkie talkie akan memudahkan Anda ketika menggunakannya. Jika Anda menggunakan perangkat ini untuk kegiatan yang menuntut kecepatan dan ringkas seperti dipakai ketika bersepeda maka Anda membutuhkan walkie talkie yang ringan dan kecil. Sepeda Anda tidak selalu didesain dengan tempat walkie talkie yang layak. Bila walkie talkie kecil dan ringan, Anda dapat menyelipkannya di saku celana atau saku punggung jersey. Dan itu tidak akan merepotkan Anda karena bebannya tidak seberapa. Namun bila Anda bekerja lapangan seperti di kilang minyak lepas pantai atau pengeboran batu bara, sebuah walkie talkie yang berukuran cukup besar dan memiliki beban yag lumayan bisa menjadi pilihan Anda untuk meminimalisir kehilangan atau tercecernya walkie talkie saat bekerja.

Kelebihan Walkie Talkie dari Retevis Indonesia

Bagi Anda yang sedang mencari walkie talkie berkualitas, Anda bisa mencoba menggunakan walkie talkie dari Retevis. Walkie talkie ini menggunakan 16 channel berfrekuensi UHF yang memiliki dua mode yaitu high dan low function yang dapat Anda pilih sesuai situasi dan kebutuhan. Walkie talkie dari Retevis ini memiliki berbagai fitur seperti adjustable volume level, monitor function, scan function, suqlech level function, busy channel lockout, dan low battery alarm. Walkie talkie dari Retevis juga dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup gahar yaitu 1500 mAh, selain itu walkie talkie ini dilengkapi dengan lampu LED yang dapat digunakan sebagai senter. Anda tentu bisa mendapatkan walkie talkie dari Retevis ini secara online di iPrice Indonesia.

Kategori Produk

Elektronik

Fashion

Outdoor

Rumah Tangga

Mainan & Anak

Kesehatan

Otomotif

Lihat semua