Cat kuku atau kuteks memang menjadi salah satu hobi wanita untuk mempercantik jari-jarinya. Simak artikel ini untuk mengetahui tips membuatnya lebih awet dan tahan lama.

_

Tips Agar Cat Kuku Revlon Indonesia Lebih Awet dan Tahan Lama

Polesan cat kuku semakin memperindah jari-jemari dan menambah percaya diri saat berjabat tangan. Namun, betapa sedihnya baru beberapa hari dipulaskan cat kuku sudah mulai terkelupas. Hal ini tentu membuat penampilan jadi kurang sempurna. Ada cara tepat agar cat kuku bisa tahan lama dan tidak mudah terkelupas. Berikut tips membuat cat kuku lebih awet dan tahan lama.

Bersihkan Kuku Terlebih Dahulu

Sebelum memulaskan cat kuku sebaiknya bersihkan kuku terlebih dahulu. Bila perlu rapikan dan bentuk kuku dengan baik. Kemudian buat jus lemon. Rendam kuku pada jus lemon selama 10 menit. Jus lemon dapat membuat permukaan kuku bersih dan kering. Sehingga cat kuku bisa lebih menempel dalam sekali pulasan.

Aplikasikan Base Coat Terlebih Dahulu

Aplikasikan juga base coat sebelum menggunakan cat kuku. Gunakan sampai ke bagian ujung kuku. Karena umumnya cat kuku terkelupas mulai dari ujung kuku. Base coat dapat melindungi kuku dari bahan kimia yang terdapat pada cat kuku. Selain itu base coat dapat membuat warna kuku tahan lama.

Cara Memulas Kuteks atau Cat Kuku

Sebelum menggunakan cat kuku berwarna biarkan base coat mengering. Agar warna cat kuku lebih hidup pulaskan base coat hingga tiga kali. Baru kemudian pulaskan cat kuku berwarna. Cara yang tepat pulaskan dari bagian bawah ke atas agar kuku tahan terhadap goresan.

Aplikasikan Top Coat Sebagai Finishing

Biarkan cat kuku mengering. Pulaskan top coat hingga melapisi seluruh bagian kuku. Top coat dapat melindungi warna pada cat kuku agar lebih tahan lama. Top coat juga tersedia dengan jenis glossy. Namun, bila kamu terburu-buru rendam kuku pada air dingin agar cepat kering.

Hindari Hal-Hal yang Akan Merusak Cat Kuku

Hati-hati saat menggunakan parfum dan hair spray. Pasalnya minyak wangi dan hair spray mengandung bahan kimia yang sama dengan penghapus cat kuku. Segera bersihkan kuku bila memang terkena parfum.

Cara Mudah Membersihkan Noda Cat Kuku Pada Pakaian

Kuku sehat yang dihias dengan cat kuku warna-warni memang bisa mempercantik penampilan kita. Tapi pernah nggak sih, saat lagi asik pakai cat kuku, botolnya justru jatuh dan mengenai baju Anda. Kalau sudah begini, Anda harus cepat-cepat ambil tindakan sebelum noda cat kuku jadi semakin sulit hilang. Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini!

Siapkan Bahan dan Peralatan

Untuk menghilangkan noda cat kuku pada baju, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan, yaitu: nail polish remover (aseton), kain handuk, dan kain lembut.

Baca Label Petunjuk Perawatan

Baju yang terkena noda cat kuku bisa dibersihkan dengan memakai aseton, tapi ada beberapa jenis pakaian yang justru bisa rusak kalau terkena bahan kimia ini. Sebelum mengoleskan aseton, pastikan baju Anda tidak terbuat dari kain yang mengandung asetat, triasetat, dan modacrylic. Kalau baju Anda ternyata terbuat dari tiga bahan tersebut, sebaiknya urungkan niat untuk membersihkannya dengan aseton.

Lakukan Tes Pada Kain

Meskipun sudah memeriksa label petunjuk perawatan pada baju yang terkena noda cat kuku, akan lebih baik kalau Anda tetap melakukan tes sebelum mengoleskan aseton. Caranya, teteskan sedikit aseton pada bagian baju yang agak tersembunyi, misalnya di bagian kerah. Amati apakah ada perubahan warna. Kalau tidak ada perubahan, Anda bisa melanjutkan untuk membersihkan noda itu.

Hilangkan Noda Cat Kuku Pada Baju

Setelah yakin kalau baju tidak akan rusak karena aseton, Anda bisa mulai melakukan proses pembersihan. Cara menghilangkan cat kuku pada baju bisa Anda lakukan dengan menaruh handuk di bawah baju. Lalu, teteskan aseton ke kain lembut dan usap perlahan pada pakaian yang ternoda. Ulangi langkah ini sampai semua noda berpindah ke handuk yang ada di bawah baju. Setelah noda cat kuku berhasil hilang, Anda bisa mencuci pakaian dengan deterjen yang lembut dan mengeringkannya.

NEW