Dapatkan aneka aksesoris gitar, perhiasan dan produk Rosette lainnya yang ciamik dan murah di iPrice Indonesia! Klik artikel ini untuk mengetahui cara merawat gitar agar awet.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Cara Merawat Gitar yang Baik dan Benar

Orang yang sudah terbiasa bermain gitar pasti dapat merasakan kalau suara gitarnya tiba-tiba menjadi aneh atau ada bagian dari gitarnya yang tidak berjalan benar. Namun, ada juga orang awam yang belum tahu banyak bagaimana harus memperlakukan gitar agar awet dan tahan lama. Biasanya, orang yang belum paham cara merawat gitar adalah pemilik gitar baru yang baru mulai belajar bermain gitar. Walaupun bodi gitar besar dan kokoh, gitar juga harus dirawat dengan baik agar awet, dapat berbunyi indah dan senantiasa kinclong.

Bagi Anda yang belum paham cara merawat gitar yang baik dan benar, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Cara Meletakkan Gitar yang Benar
Ketika meletakkan gitar, sebagian besar orang suka menyandarkan gitar pada tembok tanpa menyadari bahwa permukaan tembok tersebut licin. Akibatnya, lama-kelamaan gitar akan jatuh terbanting! Aduh, jadi rusak deh, gitar Anda! Hal ini adalah salah satu contoh cara meletakkan gitar yang salah. Selain menyandarkan gitar pada tembok, hindari juga meletakkan gtar di atas lantai karena dapat terinjak orang, tertimpa benda lain dan sebagainya. Selalu simpan gitar Anda dengan baik di tempat yang kering. Untuk Anda yang sering bermain gitar, Anda dapat menggunakan stand gitar agar lebih praktis untuk mengambil dan menyimpan gitar.
Senar Gitar Juga Harus Dibersihkan
Merawat gitar bukan hanya mengelap bodi gitar sehingga kinclong saja, tapi bagian senar juga harus diperhatikan. Setiap kali Anda bermain gitar, jari-jari Anda akan menyentuh gitar. Dari situlah segala keringat, debu dan kotoran menempel pada gitar, apalagi jika gitar sering dimainkan di ruangan terbuka. Agar senar gitar Anda tidak berkarat dan merusak fret gitar, rajin-rajinlah membersihkan senar gitar seminggu sekali dengan kain lap, minyak telon atau string cleaner setelah bermain gitar. Senar gitar yang jarang atau tidak pernah dibersihkan akan membuat senar gitar menyentuh fret sehingga suara gitar menjadi cempreng.
Manfaatkan Tas Gitar
Coba perhatikan para musisi dan grup band, setiap kali mereka akan naik pentas atau road tour, gitar selalu disimpan di dalam tas (case) Mengapa? Ini agar gitar dapat terlindungi seutuhnya dengan maksimal! Para musisi sangat menyanyangi gitar mereka, jadi sangat penting jika kualitas suara gitar tetap terjaga serta bodi gitar mulus tanpa cacat. Dengan menyimpan gitar di dalam tas, gitar Anda akan terhindari dari debu, kotoran dan benturan sehingga senantiasa terlihat ciamik seperti baru. Membahas tentang tas gitar, ada dua jenis tas gitar yaitu tas gitar hardcase dan softcase. Tas gitar hardcase terbuat dari bahan plastik atau kayu yang kuat dan tebal, cocok untuk membawa gitar ketika traveling. Sementara itu, tas gitar softcase modelnya seperti sarung gitar, maka cocok digunakan ketika pergi ke tempat-tempat yang dekat. Anda juga bisa memanfaatkan tas gitar softcase ketika menyimpan gitar di rumah.
Trik Agar Bodi Gitar Mengkilap Seperti Baru
Anda pasti mau dong, gitar kesayangan selalu terlihat bersih dan mengkilap seperti baru? Jika iya, ada trik yang dapat Anda lakukan! Sering-seringlah mengelap bodi, leher, senar dan seluruh bagian gitar dengan kain berbahan lembut. Selanjutnya, bersihkan juga bagian pick-up di bawah senar dengan kuas cat agar dapat bersih dengan sempurna. Nah, ambilah minyak kayu putih dan tuangkan pada kain lembut lalu lap seluruh bodi gitar sehingga menjadi kinclong. Jika gitar sudah kinclong, jangan lupa untuk menyimpan gitar di dalam tas gitar agar lebih awet.
Kapan Harus Mengendorkan Senar Gitar?
Ada aturan tidak tertulis dalam merawat gitar, yaitu harus dikendorkan senarnya jika tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Senar gitar yang tidak dikendorkan ketika tidak dipakai lama akan membuat leher dan senar gitar bengkok, lho! Hal ini sebenarnya jarang terjadi, tapi lebih baik dihindari karena leher dan senar gitar yang bengkok tidak dapat diperbaiki.

Produk Rosette Paling Laris di iPrice Indonesia

Berikut adalah aneka produk Rosette yang dijual secara online dengan harga murah di iPrice Indonesia:

Hobi – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka aksesoris instrumen musik Rosette, terutama aksesoris gitar dengan harga murah. Beberapa pilihan aksesoris gitar Rosette yang laris manis terjual secara online adalah Rosette Acoustic Guitar Rosewood Rosette B-79 Wood Color, Rosette Guitar Abalone Inlay Sosewood Soundhole Rosette Brown, Rosette Rosewood Rosette Folk Guitar Set of 50 Brown dan Rosette Acoustic Guitar Rosewood Rosette B-36 Wood Color.

Tas – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka tas Rosette seperti tas tangan, dompet, tas kecil dan tas selempang dengan harga murah. Beberapa pilihan tas Rosette yang laris manis terjual secara online adalah Rosette Satin Rosette Popular Party Bag ZY4323 Red, Rosette 2017 New rosette Women Long MoneyBbag Purse Wallet Watermelon Red, Rosette Satin Rosette Fashion Evening Bag ZY4323 Silver dan Rosette [macyskorea] Chicastic Satin Rosette Bridal Bridesmaid Wedding Evening Cocktail Wristlet C/11004629.

Pakaian – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka pakaian wanita Rosette seperti dress, kemeja, topi, atasan, jumpsuit, celana dan kaos. Beberapa pilihan pakaian Rosette yang laris manis terjual secara online adalah Rosette Hot New Empire Waist Dress In Black, Rosette New Arrival Empire Waist Sleeveless Dress, Rosette Hot New Lady One Shouler Slim Mini Dress Green dan Rosette Summer Round Neck Collar Rosette Tassel Short Sleeve T-shirt (Black).

Masih ada juga koleksi Rosette lainnya seperti perhiasan Rosette, makeup Rosette, perawatan kulit Rosette, komputer Rosette dan lain-lain di iPrice Indonesia. Selamat berbelanja!

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari Rosette Indonesia

Pembersih Wajah Rosette Perawatan Wajah Rosette
NEW