Naik

Tips Mengurangi Beban RAM Komputer dari Samsung Indonesia

Fungsi RAM atau Random Access Memory adalah sebagai media penyimpanan data proses sementara yang aktif hanya pada saat komputer menyala. RAM adalah termasuk memori yang bersifat sementara/temporary. Fungsi RAM berguna untuk mempercepat proses kinerja komputer. Jika beban RAM overload (penuh) maka komputer akan menjadi lambat. Maka dari itu berikut ini terdapat beberapa tips untuk mengurangi beban RAM komputer dari Samsung.

Hapus Program yang Tidak Penting

Perhatikan program yang tidak penting atau yang tidak pernah kamu Anda pakai yang sudah terinstall dalam komputer Anda. Uninstall program-program tersebut karena program itu akan memakan resource komputer Anda, baik di harddisk maupun RAM.

Rajin Defragment Harddisk

Defragment Harddisk dilakukan untuk memperbaiki harddisk. Hal ini disebabkan komputer Anda terlalu sering diinstall atau uninstall program. Fragmentasi harddisk menimbulkan kinerja komputer Anda menurun karena fragmentasi harddisk membuat komputer Anda bekerja ekstra keras karena harddisk harus mencari data/file/program di lokasi yang terpencar-pencar.

Kurangi Program yang Bekerja pada StartUp Windows

Aplikasi yang bekerja pada waktu StartUp Windows akan berjalan secara otormatis saat komputer dinyalakan. Hal itu membuat komputer Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membuka program-program tersebut di backgroung. Padahal tidak semua aplikasi tersebut akan Anda gunakan. Hal ini berakibat komputer Anda sangat lambat saat menyalakan Windows.

Buang Data yang Tidak Penting

Data yang tersimpan pada komputer Anda membutuhkan ruang harddisk, sebaiknya semua data-data yang menurut Anda rasa tidak penting dihapus saja. Karena data-data yang memenuhi harddisk dapat membuat kinerja komputer Anda menjadi lambat. Jangan lupa untuk membuat data-data yang berada di kotak sampah atau recycle bin, temporary folder dan cache internet browser.

Kurangi Visual Effect

Kurangi sedikit efek-efek yang kurang penting atau bahkan hilangkan saja jika rasa mengganggu penglihatan Anda. Visual effect pada Windows 7 ini sangat berpengaruh terhadap kinerja kecepatan Windows 7. Langkah-langkah untuk menhilangkan visual effect Windows 7 adalah klik [Start] kemudian ketik [System Properties Performance] pada kotak [Search], lalu pilih aplikasi yang muncul. Pilih tab [Visual Effect], hilangkan centang yang Anda rasa tidak penting, terakhir klik [OK].

Periksa Virus pada Komputer Anda

Sebaiknya Anda selalu memasang antivirus yang selalu terupdate, apalagi jika Anda seorang pengguna internet maka sangat wajib menggunakan antivirus yang diinstall pada komputer Anda. Lakukan Scan komputer minimal satu minggu sekali. Bersarangnya virus juga dapat menyebabkan komputer Anda menjadi lambat kinerjanya, karena virus biasanya dipanggil pada saat booting dan tinggal di memori RAM. Bahkan beberapa virus sengaja memenuhi memori RAM Anda untuk memperlambat kinerja komputer.

Mempercepat Proses Shutdown

Dalam proses shutdown, Windows memang sudah terbilang cukup cepat, tapi tidak ada salahnya bila Anda membuatnya lebih cepat dengan cara berikut: klik [Start] ketik [Regedit] pada kotak [Search] tekan [Enter] lalu cari dan buka [HKEY-LOCAL_MACHINE] [SYSTEM] [CurrentControlSet] [Control] bagian kanan klik kanan pada [WaitToKillServiceTimeOut] pilih [Modify] kemudian ubah nilai defaultnyamenjadi lebih kecil untuk mempercepat. Klik [OK].

Dapatkan RAM Berkualitas Samsung di iPrice Indonesia

Bagi Anda yang ingin menambah atau upgrade RAM komputer dan masih bingung menggunakan RAM dari merek apa, Anda bisa menggunakan RAM komputer dari Samsung yang sudah terbukti kualitasnya sebagai produsen elektronik raksasa di dunia. Selain RAM, simak juga produk harddisk SSD dan harddisk HDD dari Samsung.


Hai, kami ingin tahu pendapat Anda tentang kami

Kami menghargai privasi Anda, email yang diberikan hanya digunakan untuk menanggapi saran dari Anda.

Terima Kasih