Santic menyediakan berbagai macam keperluan olahraga bersepeda. Simak artikel ini untuk mengetahui manfaat dari bersepeda setiap hari!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Manfaat Bersepeda Setiap Hari dengan Santic Indonesia

Memiliki hobi berolahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Salah satu olahraga yang paling umum dilakukan selain berlari pagi adalah bersepeda.. Selain menyenangkan dan tidak berat, bersepeda juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Bagi Anda yang senang bersepeda, jangan lupa untuk melengkapi peralatan bersepeda Anda dengan Santic. Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari bersepeda dari Santic Indonesia.

Bersepeda dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan virus. penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti berolahraga dan bersepeda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sel kanker dan tumor.

Bersepeda dapat Meningkatkan Kekuatan Otot

Manusia memiliki beberapa ratus otot yang digunakan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tak aktif selama satu minggu saja bisa menurunkan kekuatan otot sebanyak 50 persen dan merusaknya dalam jangka waktu yang panjang. Ketika berolahraga, otot akan semakin aktif. Ini membuat otot semakin kuat dan berfungsi secara efisien.

Bersepeda dapat Menguatkan Sistem Kerangka Tulang

Kerangka adalah bagian yang menunjang organ lain dalam tubuh, seperti otot, tendon, dan organ lainnya. Olahraga dan bersepeda bisa menguatkan tulang dan menambah fleksibilitasnya untuk bergerak. Bersepeda juga memiliki manfaat baik untuk kekuatan serta kepadatan tulang.

Bersepeda dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Bersepeda memiliki efek yang baik untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, bersepeda juga bisa menstabilkan tubuh secara fisik maupun emosional. Bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya. Selain itu, olahraga dengan bersepeda juga bisa menyeimbangkan hormon.

Bersepeda dapat Meningkatkan Asupan Oksigen dan Sirkulasi

Oksigen penting untuk semua organisme hidup dan sangat penting untuk proses pernapasan manusia. SIstem pernapasan biasanya terganggu dengan kurangnya aktivitas. Bersepeda, salah satu aktivitas fisik yang bisa menguatkan otot pernapasan dan paru-paru sehingga bisa membuat sistem pernapasan lebih baik. Sistem pernapasan yang baik juga bisa meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan oleh tubuh.

Bersepeda dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Kardiovaskular

Jantung adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Namun jantung juga bisa rusak akibat kurangnya aktivitas. Bersepeda adalah aktivitas yang paling baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung. Semua faktor yang bisa mengarah pada serangan jantung bisa dikurangi dengan bersepeda. Bersepeda juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen.

Bersepeda dapat Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas

Bersepeda adalah aktivitas ideal yang bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen. Dengan menurunnya berat badan, maka akan semakin mudah juga bagi tubuh untuk mengatur kolesterol. Rajin olahraga dan bersepeda di masa muda bisa menurunkan risiko obesitas di masa tua. Selain itu, dengan berat badan yang terjaga, sistem metabolisme juga akan ikut terjaga.

Bersepeda dapat Menjaga Tekanan Darah

Bersepeda secara teratur bisa mencegah atau setidaknya mengurangi tekanan darah. Menjaga tekanan darah tentu penting untuk menghindari stroke atau kerusakan pada organ lainnya. Tekanan darah juga bisa diturunkan dengan menurunkan kecepatan detak jantung, yang bisa dilakukan dengan bersepeda teratur.

Pentingnya Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang amat penting untuk bisa menjaga kesehatan tubuh. Dengan bersepeda, maka tubuh akan bergerak dan semua organ tubuh juga akan terolah. Sudah banyak sekali manfaat bersepeda yang sudah Anda ketahui. Namun sebelum terjun untuk bersepeda, ada baiknya jika melakukan warm up atau pemanasan terlebih dulu. Umumnya pemanasan ini kerapkali disepelekan sehingga tak sedikit orang yang berolahraga menjadi cedera.

Pemanasan pada dasarnya dilakukan untuk bisa mengkondisikan tubuh terlebih dulu sebelum berolahraga. Hal ini dilakukan sehingga tubuh tidak kaget ketika langsung berolahraga. Berikut ini beberapa manfaat dilakukannya pemanasan yang perlu Anda ketahui:

Mencegah Cidera

Banyak yang sudah mengetahui bahwa fungsi dari pemanasan adalah untuk pencegahan terhadap resiko cidera. Saat langsung olahraga, umumnya otot masih kaku sehingga kaget ketika langsung beraktivitas olahraga berat. Otot kaku ini akan menjadikan otot tidak fleksibel sehingga tidak siap melakukan gerakan olahraga sehingga banyak resiko cidera memungkinkan terjadi seperti keseleo dan yang terparah adalah otot yang robek.

Melancarkan Peredaran Darah

Selain bisa mengurangi resiko cedera, warm up juga mampu menjadikan peredaran darah menjadi lancar. Hal ini lantaran pemanasan akan memberikan efek suplay oksigen yang lancar ke seluruh tubuh. Suplai oksigen maksimal ini akan menjadikan performa ketika berolahraga menjadi meningkat.

Meningkatkan Fokus dan Mental

Pemanasan bisa dibilang sebagai persiapan untuk melakukan olahraga yang lebih berat lainnya. Untuk itu kesiapan mental dan fokus pun juga diperlukan. Ketika pemanasan, tubuh sudah siap untuk menerima perintah lainnya dalam berolahraga lebih berat sehingga akan lebih fokus lagi. Pikiran pun menjadi lebih rileks yang memberikan efek mental akan lebih terjaga.

Menjadikan Tubuh Lebih Fleksibel

Selain mampu meningkatkan metabolisme yang ada di tubuh, pemanasan yang dilakukan dengan gerakan berupa peregangan juga mampu memberikan efek tubuh yang lebih elastis dan fleksibel ketika bergerak. Anda pun akan mampu meminimalisir cidera otot hingga kram yang kerap terjadi pada tubuh jika olahraga dilakukan tanpa pemanasan.

Meningkatkan Performa Olahraga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika pemanasan mampu memberikan efek untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh meningkat, maka performa pun akan meningkat sehingga olahraga yang dilakukan akan menghasilkan manfaat lebih untuk tubuh Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari peralatan bersepeda seperti celana sepeda, pakaian bersepeda, dan bandana, Anda bisa mendapatkannya di Santic. Santic Indonesia menjual pakaian sepeda yang sangat cocok bagi Anda yang senang bersepeda balap, sepeda jarak jauh, atau bersepeda gunung. Dengan pakaian sepeda dari Santic ini dapat menyerap keringat Anda dan kering dengan mudah sehingga sangat cocok bila dipakai untuk bersepeda yang cukup intens. Dapatkan pakaian bersepeda dari Santic secara online di iPrice Indonesia.

NEW