Tumbuh kembang anak harus disertai dengan mainan yang tepat. Simak artikel ini untuk tips memilih mainan sesuai dengan usia si kecil.

Tas Skip Hop
Diaper Skip Hop
Dapur & Ruang Makan Skip Hop
Kamar Anak Skip Hop
Kamar Tidur Skip Hop
Produk Kesehatan Anak Skip Hop
Mainan Skip Hop
Pakaian Bayi Skip Hop
Alat Makan Bayi Skip Hop
Perlengkapan Bayi Skip Hop
_

Cara Memilih Mainan Skip Hop Indonesia Sesuai dengan Usia Anak Anda

Sebagai orangtua, Anda perlu mengetahui bahwa si kecil membutuh kegiatan bermain dan mempelajari seluk-beluk dunia di sekitarnya. Anak Anda juga perlu untuk melihat benda-benda baru, merasakannya dengan sentuhan, belajar untuk mencium berbagai macam bau, mendengar berbagai macam suara dari hal-hal yang berbeda. Sebagai anak yang sedang masa-masa tumbuh kembang, Anda harus membiarkan anak Anda untuk bereksperimen dengan objek-objek di sekitarnya. Hal tersebut akan membantu anak Anda untuk memahami lingkungan dan objek yang memiliki perbedaan bentuk, warna, dan tekstur.

Untuk mengembangkan kecerdasan anak, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua, salah satunya adalah memilih mainan yang tepat untuk anak. Saat ini, sudah banyak mainan yang didesain khusus untuk membantu tumbuh kembang kecerdasan anak. Sebagai orang tua, tentu harus cerdas memilih mainan yang tepat dan dibutuhkan anak sesuai dengan usianya. Berikut ini terdapat cara memilih mainan edukatif sesuai dengan usia anak Anda.

Mainan Bayi Untuk Usia 3-9 Bulan

Beberapa permainan berikut ini dapat menstimulasi motorik serta panca indera bayi. Tentu tidak semuanya harus Anda miliki namun setidaknya Anda mengetahui manfaat dari mainan tersebut:

  • Soft Teether atau Rattle

Umumnya mainan bayi seperti ini aman untuk digunakan. Bahannya terdiri dari plastik, kain dan juga bahan karet yang lembut. Soft teether ini sangat baik digunakan untuk mendorong keluarnya gigi si kecil. Selain lembut serta aman, mainan seperti ini umumnya akan berbunyi pada saat diguncangkan.

  • Mainan Pencet

Mainan seperti ini berbunyi pada saat dipencet. Bahan-bahannya ada yang terbuat dari karet, kain atau plastik. Jenisnya juga cukup beragam. Mainan pencet ini bisa dijadikan sebagai teman bermain si kecil pada saat mandi ataupun bermain di tempat tidur. Agar bayi Anda semakin pintar memakai keterampilan motoriknya, cobalah Anda berusaha untuk mengajarinya mentransfer mainan tersebut dari tangan yang satu ke tangan lainnya. Dengan demikian Anda akan menguatkan sirkuit neural di dalam otak bayi Anda. Permainan seperti ini selain dapat mengembangkan keterampilan motorik buah hati, juga dapat membantu koordinasi mata tangannya.

  • Mainan Lampu

Mainan lampu ini bisa berupa senter mainan ataupun mainan lainnya yang dapat memancarkan cahaya berwarna-warni. Cobalah Anda menyalakan mainan tersebut ke segala arah. Amati pada saat maatanya mengikuti gerakan sinar. Selain dapat mengasah kemampuan visual si kecil, permainan ini juga sekaligus mengenalkan aneka warna pada bayi Anda.

Mainan Anak Untuk Usia 1-3 Tahun

Pada usia 1-3 tahun, anak memerlukan mainan yang melatih kemampuan bahasa. Anak mulai meniru suara dan bunyi-bunyian yang ia dengar. Kemampuan berbahasanya pun akan meningkat di rentang usia ini. Selain rajin-rajinlah mengajaknya mengobrol, jangan lupa menstimulasi perkembangan bahasa anak dengan memberinya mainan yang bisa berbicara. Berikut ini mainan yang sesuai dengan anak berusia 1-3 tahun:

  • Mobil-Mobilan, Kereta, atau Sejenisnya

Mainan jenis ini dapat membantu perkembangan fisik anak karena menggunakan kaki untuk menggerakan mainan tersebut. Dipandu oleh orang tua, sang buah hati akan belajar kata-kata baru misalnya kata-kata sederhana seperti binatang, tumbuh-tumbuhan, atau rambu-rambu lalu lintas. Mainan anak berusia 1 tahun ini dapat memuaskan rasa keingintahuan anak Anda karena ia dapat berpetualang dengan mudahnya berkeliling rumah menggunakan mainan tersebut.

  • Rumah-Rumahan yang Dapat Dimasuki didalamnya

Mainan ini dapat membantu perkembangan fisik karena anak akan merangkak dan berjalan sekaligus merangsang rasa kepercayaan diri dan rasa keingintahuannya. Rumah-rumahan juga membuat sang anak tumbuh secara aktif dan kerap melakukan aktivitas fisik.

  • Mainan dengan Tombol Musik atau Suara

Mainan dengan tombol musik ini cocok bagi anak 1-3 tahun yang dilengkapi dengan tombol aneka warna yang dapat mengeluarkan suara atau musik bila ditekan. Anak akan terlatih mengingat tombol mana yang ditekan untuk mendapatkan bunyi yang ia suka.

Manfaat Permainan Skip Hop Bagi Perkembangan Anak

Permainan untuk anak-anak dapat memacu ide dan menggunakan kemampuan berimajinasinya untuk meningkatkan kreativitas sehingga membantu perkembangan kognitif dan intelegensia anak. Dengan bermain maka dapat dijadikan kegiatan yang spontan dan dapat memberikan edukasi bagi anak. Berikut ini terdapat manfaat permainan untuk anak Anda:

  • Pada aspek tubuh anak memiliki fisik yang terlatih karena gerakan tubuh anak yang sehat dan otot yang menjadi kuat.
  • Sedangkan manfaat untuk aspek motorik halus dan kasar anak akan menciptakan gerakan dan koordinasi mata, tangan, dan kaki yang baik.
  • Bagi perkembangan aspek motorik kasar dan halus maka permainan dapat menjadi salah satu untuk melepas ketegangan di dalam diri anak dan membuat perasaan dorong yang membuat perasaan tenang pada anak.
  • Anak mampu memahami diri sendiri dengan menentukan pilihan yang sedang anak mainkan sehingga membuat anak Anda belajar memilih di mana dan dengan siapa dia akan bermain. Dengan ini membuat anak Anda mampu mengendalikan diri. Misalnya dengan permainan yang dapat mengatur atau mewarnai dalam ragam bentuk yang berbeda.
  • Dengan bermain, anak Anda dapat mengembangkan kepercayaan diri dengan meningkatkan fisik, sosial, keterampilan, dan intelektual.
  • Dapat meningkatkan daya kreativitas dan membebaskan anak dari stress. Bermain dapat membantu anak untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari seperti belajar di sekolah dan lainnya. Dengan bermain juga anak Anda dapat meningkatkan perkembangan kemampuan sosialisasinya dengan bermain kelompok dengan teman sebaya.
NEW