Aneka oleh-oleh khas Solo bisa kamu dapatkan secara online! Artikel ini membahas aturan menitip oleh-oleh dan ragam motif batik Indonesia.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Menitip Oleh-oleh Khas Solo Ada Aturannya Agar Tidak Menyusahkan Teman!

Memabahas soal Solo, apa yang langsung terbesit dalam benakmu? Makanan? Batik? Sungai Bengawan Solo? Kota Solo memang kecil, namun memiliki banyak makanan dan kerajinan tangan yang ciamik seperti abon, baju batik, tas batik dan aneka produk lainnya yang bernuansa batik dan tradisional. Apa kamu pernah jalan-jalan ke Solo? Belum? Jika lain kali kamu traveling ke Jogja, jangan lupa mampir ke Solo! Tak perlu menunggu teman untuk menemanimu, jadi solo traveler tentu lebih menyenangkan! Apalagi jika kamu solo traveling di negara sendiri, pasti lebih mudah karena tidak ada kendala bahasa.

Nah, jika kamu adalah orang yang lebih suka menitip oleh-oleh, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak menyusahkan teman, jiwa dan raga! Eh, apa maksudnya menyusahkan jiwa dan raga? Kan dia memang pergi ke sana, jadi sekalian, dong? Begini, tidak semua orang suka dititipi oleh-oleh, karena itu jangan memerintah tapi tanyakan dulu apa temanmu bersedia dititipi. Ada dua jenis tipe solo traveler, yaitu tipe backpacker dan turis. Solo traveler tidak harus selalu backpacker, bisa juga mereka traveling sendiri tapi memiliki budget lebih sehingga liburan mereka serba nyaman. Ada juga solo traveler yang perginya sendiri tapi ikut tur.

Untuk teman tipe backpacker, biasanya barang bawaan mereka banyak karena semuanya dimasukan ke dalam ransel. Kalau kamu ingin menitip oleh-oleh, titiplah yang ringan, tidak makan tempat dan jumlahnya satu saja. Bayangkan kamu sedang liburan tapi harus menenteng oleh-oleh titipan teman yang super berat. Ogah, kan? Selain itu, jangan pernah menitip oleh-oleh mewah kepada temanmu yang backpacker-an, nanti jadi beban jiwa. Backpacker tinggal di tempat seadanya, nanti mereka khawatir kalau oleh-oleh titipanmu hilang. Sementara itu, teman yang traveling dengan koper bukan berarti bisa kamu titipi seenaknya, nanti koper mereka overweight.

Aturan lain saat menitip oleh-oleh adalah tidak minta dibelikan barang yang terlalu spesifik. Kamu harus mengerti kalau temanmu traveling sebagai hiburan, bukan kurir pribadimu. Traveler biasanya membeli oleh-oleh jika kebetulan lewat saja atau ada waktu. Jika kamu sudah mengetahui harga barang yang kamu titip, berikan dulu uang kepada temanmu sebelum ia traveling. Pastikan kamu tidak memberikan uang sesuai dengan mata uang negara tempat ia traveling, dan jangan pas-pasan. Siapa tahu ada perubahan harga. Kasihan kan, jika temanmu yang hidup irit setengah mati demi bisa traveling harus ‘menombok’ oleh-olehmu?

Ada satu lagi kebiasaan yang paling disebali oleh solo traveler, yaitu jika orang seenaknya bilang “jangan lupa oleh-oleh, ya!”. Tentu saja hal ini tergantung siapa yang mengucapkan. Jika orang tersebut adalah saudara atau teman dekat, tanpa diingatkan sudah pasti dibelikan. Jika orang tersebut tidak akrab dan tiba-tiba menitip oleh-oleh, rasanya sebal sekali. Oleh-oleh itu adalah kemurahan hati si traveler, maka jika suatu hari temanmu pulang dari liburan dengan tangan hampa jangan ditanya-tanya, ya! Bagaimana jika kamu benar-benar ingin memiliki produk khas Solo? Tenang saja, sekarang kamu bisa membeli aneka produk Solo secara online di iPrice Indonesia! Ada banyak sekali pakaian Solo, perhiasan Solo, produk audio & hi-fi Solo, tas Solo bahkan makanan & minuman Solo! Wow, bisa membeli oleh-oleh makanan khas Solo juga secara online? Bisa saja! Tersedia Solo Ampyang Manis, Solo Abon Ayam Ukuran Kecil Kualitas Super KL Noeria, Solo Onde Onde Notosuman Gandum Wijen Besar Kecil Keciput Khas Asli dan masih banyak lagi. Belanja produk khas Solo secara online, lebih mudah dan tidak menyusahkan teman!

Ragam Motif Baju Batik Indonesia

Batik adalah warisan Indonesia yang sangat berharga. Mungkin karena kamu sering melihat batik jadi tidak merasakan sesuatu yang spesial. Namun, warga negara lain yang melihat baju batik pasti terpana, baik baju batik berdesain modern atau tradisional. Di iPrice Indonesia, kamu bisa menemukan aneka pakaian Solo untuk pria dan wanita. Baju batik Solo tidak semuanya tradisional, banyak juga yang berdesain modern sehingga cocok dipakai ke kantor, kuliah dan jalan-jalan. Memakai baju batik tentu membuatmu terlihat rapi, gaul dan cinta Indonesia.

Sebelumnya, apa kamu sudah mengenal ragam motif baju batik Indonesia? Ada beberapa jenis motif batik yaitu motif batik Solo, Sekar Jagad, Sidomukti Magetan, Kraton dan Jepara. Ciri khas baju batik motif Solo adalah warnanya coklat dan berbentuk gelombang-gelombang sungai Bengawan Solo yang membawa ketenangan. Motif batik Sekar Jagad berasal dari Jogja dan artinya pulau. Banyak orang menafsirkan motif batik ini sebagai peta dunia atau keindahan. Baju batik bermotif Sidomukti Magetan biasanya dipakai untuk acara formal. Arti dari motif batik ini adalah harapan aga mendapat ketenangan lahir batin.

Ada juga motif batik Kraton, dulunya hanya boleh dipakai oleh keluarga Sultan keraton Jogja karena ditemukan oleh para putri Keraton. Sekarang, orang biasa sudah boleh memakai baju batik bermotif Kraton. Satu lagi motif batik Indonesia yang populer yaitu Jepara atau Kartini. Tersedia motif Jepara lama dan baru. Untuk Jepara lama, motif ini memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan lainnya. Sementara itu, Jepara baru memiliki banyak variasi.

Segera dapatkan kemeja Solo, pakaian tradisional Solo, dress Solo, rok Solo dan pakaian Solo lainnya secara online!

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari Solo Indonesia

Boots Solo Topi Solo
NEW