Jika Anda pemilik kendaraan bermotor, tentu sudah memahami kewajiban untuk mengganti oli secara rutin. Simak ulasan mengenai ciri-ciri kendaraan ketika oli sudah harus diganti hanya di artikel berikut.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Inilah Ciri-Ciri Kendaraan Anda Sudah Harus Ganti Oli

Pada umumnya bagi pengguna kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun motor, pergantian oli mesin kendaraan merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Penggantian oli secara rutin dilakukan agar mesin kendaraan menjadi terawat dan dapat memberikan performa yang baik bagi kendaraan yang dipakai.
Sebagai pemilik kendaraan, merawat kendaraan bermotor adalah hal yang sangat perlu dilakukan bila ingin kondisi kendaraan bermotor Anda berumur panjang. Namun terkadang, pengendara sering kali lupa untuk mengganti oli sesuai dengan ketentuan yang sudah dianjurkan.

Fungsi dari oli mesin sendiri adalah sebagai pelumas, sebagaimana kinerjanya oli memiliki tugas untuk melumasi komponen-komponen mesin supaya pada saat terjadi gesekan antar komponen mesin tidak terjadi keausan. Fungsi lainnya dari oli mesin adalah sebagai pembersih, kotoran-kotoran yang ada pada bagian mesin akan disaring oleh saringan oli mesin. Oli mesin juga berfungsi sebagai pencegah karat dan juga pendingin. Pada fungsi pencegah karat, bagian mesin yang sudah dilumasi oleh oli mesin secara otomatis akan mencegah datangnya karat. Oli mesin sebagai pendingin juga membuat mesin yang sudah dialiri oleh oli tidak terlalu panas dan dapat mendinginkan mesin tersebut.

Kemudian pada saat ingin mengganti oli, sebaiknya jangan menggunakan sembarang jenis oli pada kendaraan bermotor. Sangat disarankan pula untuk tidak mengganti-ganti merk dan jenis oli agar tidak merusak mesin kendaraan bermotor. Pastikan untuk mengganti oli dengan merk yang sudah direkomendasikan dan terpercaya, seperti oli Deltalube yang tersedia baik untuk mobil maupun motor.
Keharusan untuk mengganti oli secara rutin juga didukung oleh faktor-faktor lainnya. Misalnya seperti temperatur yang panas, interaksi oli dengan udara, dan yang terakhir adalah air. Panas dan udara dalam mesin akan mempengaruhi kinerja oli menjadi menurun. Faktor air yang dimaksud juga merupakan air yang datang dengan sendirinya. Pada saat kondisi kendaraan dalam keadaan mati dan tidak digunakan, suhu di dalam mesin akan menjadi rendah seperti di luar mesin, jika ditinggalkan semalaman maka akan terjadi pengembunan yang menyebabkan munculnya air.

Oleh karena itu, jika oli mesin tidak diganti secara rutin akan menyebabkan kendaraan tidak lagi bekerja dengan baik, lalu kinerja mesin semakin menurun dan pada akhirnya mengakibatkan yang namanya turun mesin. Sehingga sudah seharusnya sebagai pengguna kendaraan untuk memperhatikan dan merawat mesin sesuai yang sudah dianjurkan. Nah, bagaimana ciri-ciri dari kendaraan yang sudah harus ganti oli?

Lihat Volume Oli Pada Mesin

Langkah ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan deepstick yang menjadi penutup oli mesin pada motor, jika kurang dari batas normal, baiknya kita ganti olinya, ataupun bisa kita tambahakan jika oli yang kita cek itu terbilang baru. Mungkin saja terjadi kebocoran oli mesin sehingga volume oli berkurang.

Ganti Oli Berdasarkan Jarak Tempuh

Agar mesin motor anda mampu bertahan lama sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh anda. Jika yang tertera pada petunjuk pemakainnya biasanya 1500/km-4000/km.Untuk jarak tempuh 200 – 500 km, sebaiknya ganti oi setiap 1.5 bulan. Jika jarak menengah diatas 500 km per bulannya maka ganti oli setiap sebulan sekali. Berbeda juga dengan yang jarak tempuhnya jauh hingga 200 km per hari, sebaiknya ganti oli motor anda setiap dua minggu sekali atau setiap 1200 km.

Suara Mesin Kasar, Oper Gigi Kasar, dan Cepat Panas

Selain dari kedua hal tadi, hal yang berkaitan dengan kapan harus ganti oli lainya adalah menggunakan perasaan kita saat berkendara, jika motor agan sudah gak enak dikendarai seperti sura mesin kasar, berisik, tak bertenaga, oper gigi keras, dan mesin cepat panas. Keadaan seperti itu sudah pastinya sudah pengen diganti. Cara seperti ini mungkin cocok untuk anda yang pilih paket ekonomis. Karena terkadang jumlah KM pada speedo meter sudah jauh, tapi mesin masih nyaman-nyaman saja. Namun tentu saja tidak disarankan.

Beli Produk Total di iprice Indonesia

Setelah memahami perlunya mengganti oli secara rutin dan juga mengetahui ciri-ciri kendaraan ketika sudah harus ganti oli, tentu Anda membutuhkan oli dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Salah satu merek yang sudah dikenal di dunia karena kualitas olinya adalah Total. Total pun kini telah hadir di iprice Indonesia untuk memudahkan Anda mendapatkan produk ini ketika dibutuhkan. Produk oli Total populer yang ada di iprice Indonesia diantaranya adalah:

  • Total – Oli ATF Dexron VI / Dexron 6, T-WS, SP IV, Total Fluidmatic MV LV. Merupakan jenis oli yang sesuai untuk kendaraan jenis mobil dengan transisi automatic.
  • Total - Ineo MC3 5W-30 Dexos2. Merupakan jenis oli dari Total yang diformulasikan khusus untuk mobil-mobil yang didukung dengan power turbo.
  • Total - Transtec4 SAE 85W-90 API GL4 Oli Pelumas. Merupakan jenis oli dari Total yang diformulasikan untuk menjadi oli multigrade yang memiliki daya tahan tinggi untuk transmisi manual. Berfungsi untuk membuat komponen-komponen lebih awet, melindungi dari keausan, serta memelihara masa pemakaian dan kinerja pelumas & transmisi.

Berbelanja online kini memang menjadi tren tersendiri bukan hanya di dunia, tetapi juga di Indonesia. Sejak kemunculan internet, kini memang banyak hal yang berubah secara cepat dan juga signifikan, salah satu yang paling terlihat adalah cara orang berbelanja.

Jika dulu berbelanja dikaitkan dengan pergi ke luar rumah menuju toko untuk memilih barang diinginkan, kini proses tersebut digantikan dengan berbelanja melalui layar ponsel ataupun layar komputer Anda. Berbelanja online memungkinkan Anda untuk melihat berbagai jenis barang yang inginkan tanpa harus pergi ke toko fisik.

Kini beragam jenis produk tersedia di iprice Indonesia. Mulai dari peralatan elektronik untuk rumah tangga hingga koleksi tas dan produk oli dari Total bisa Anda temukan di iprice Indonesia. Menariknya lagi, selain memberikan kemudahan, iprice Indonesia pun memberikan berbagai penawaran serta potongan harga yang menarik hanya untuk Anda.

Selamat Berbelanja!

NEW