Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Trend & Panduan

Inspirasi Fashion Ala “Black Panther”, dari Baju Lebaran Hingga Smartwatch

20 February 2018 | Theresia Clara

Kesuksesan film “Black Panther” bukan hanya karena jalur cerita, sutradara, musik dan mayoritas aktor yang berketurunan Afrika, tapi juga karena desain kostum yang fantastis.

Film besutan sutradara Ryan Coogler yang diangkat dari komik Marvel, “Black Panther”, telah menjadi film box office terlaris sepanjang sejarah. Dilansir dari nytimes.com, pada hari Senin, 18 Februari lalu, film ini meraih keuntungan sebesar $387 juta dari hasil penjualan tiket di seluruh dunia. Walaupun sebelumnya sudah ada beberapa film dengan pemeran utama yang berketurunan Afrika, namun “Black Panther” berhasil memikat banyak orang – tak peduli ras, umur atau jenis kelamin. Sebenarnya, apa yang membuat film ini sukses besar? Menurut saya, salah satu faktornya terletak pada kostum para pemain!

Selain jalur cerita yang tidak bertele-tele dan musik yang asyik, sepanjang film para penonton akan dipuaskan dengan fashion dan inovasi yang mencengangkan. Sang perancang kostum, Ruth E.Carter, telah dinominasikan dua kali untuk Oscar berkat rancangannya untuk beberapa film Afrika-Amerika “Selma”, “Amistad” dan “Roots”. Menurut Ruth, ia mengambil inspirasi fashion afropunk dan afrofuturistik.

Afropunk. Sumber foto: Allure

Afrofuturistik. Sumber foto: afropunk.com

Ciamiknya kostum para superhero “Black Panther” telah menjadi inspirasi fashion di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bagi kamu yang ingin tampil keren seperti T’Challa, Killmonger, Shuri atau Nakia tanpa harus berdandan heboh, beberapa tips dan inspirasi fashion ini bisa membantu:

Baju Lebaran

Sumber foto: Easygram Club

Kalau dilihat-lihat, kostum T’Challa memang terlihat seperti baju koko yang sangat elegan. Seorang netizen menge-tweet kalau ia mendapat inspirasi baju Lebaran untuk tahun ini setelah menonton “Black Panther”. Tidak mau melewatkan kesempatan ini, produsen baju muslimah dan pakaian tradisional pun berlomba-lomba menciptakan baju koko ala T’Challa. Bahkan, baju tersebut sudah tersedia secara online!

Sumber foto: Beritaoke

Gelang Tasbih atau Batu Giok Sebagai Kimoyo Beads

Sumber foto: Marvel Cinematics Universe Wiki

Salah satu inovasi keren yang diciptakan Shuri adalah Kimoyo Beads. Kimoyo Beads adalah gelang dengan deretan beads berbentuk bulat, menyerupai gelang tasbih. Hanya saja, Kimoyo Beads berukuran lebih besar.

Dalam film “Black Panther”, Kimoyo Beads adalah gelang yang dipakai oleh semua rakyat Wakanda. Salah satu beads adalah Prime Bead yang menyimpan data-data pribadi seseorang. Setiap bead memiliki fungsi tersendiri, ada yang berfungsi sebagai GPS, alat komunikasi dan internet.

Sumber foto: Tokopedia

Sekarang kamu sudah bisa mendapatkan Kimoyo Beads secara online, lho! Namun, jika kamu tidak ingin membuang-buang uang demi tren fashion, bagaimana kalau memanfaatkan gelang batu giok atau tasbih yang berwarna hitam, kuning dan putih? Akan lebih bagus lagi jika gelangmu terbuat dari batu alam agar lebih elegan. Film “Black Panther” mengajarkan kita untuk berkomunikasi kepada leluhur untuk mendapatkan petunjuk. Dalam kehidupan nyata, gelang tasbih bisa menjadi pengingat agar kamu rajin berdoa.

Smartwatch Sebagai Pengganti AV Bead

Sumber foto: marvel.wikia.com

Pada Kimoyo Beads terdapat AV bead, yaitu bead yang mampu menampilkan gambar hologram dan akses menuju database Wakanda (internet). Jaman sekarang, smartwatch adalah gadget dengan fitur yang menyerupai AV bead, walaupun tidak menampilkan gambar hologram.

Jika kamu ingin menjadi rakyat yang sadar teknologi seperti rakyat Wakanda, Xiaomi Mi Band 2 yang serba hitam atau LEMFO LF18 yang memancarkan cahaya biru adalah dua smartwatch murah yang bisa menjadi pilihan.

Kalung Punk dan Etnik

Dalam film “Black Panther”, para pemeran banyak memakai aksesoris, terutama kalung berwarna emas dan perak. Kamu bisa memakai kalung bergaya punk dengan ujung meruncing ala T’Challa atau Killmonger.

Sumber foto: Glamour

Selain itu, kalung bergaya etnik seperti bib dan choker juga bisa menjadi pilihan. Jangan ragu untuk bermain warna karena fashion ala Afrika sangat berwarna-warni.

Serba Putih dan Elegan Seperti Shuri

Sejak dulu, warna putih identik dengan segala hal yang berbau futuristik dan memancarkan aura elegan. Kamu bisa mendapat inspirasi fashion dari adik T’Challa, Shuri, yang tampak menawan dalam dress putih dan hairdo ciamik. Desainer Ruth mengungkapkan kalau ia sengaja tidak menciptakan kostum dengan kerah tinggi atau ujung baju yang meruncing karena sudah terlalu mainstream. Pilihlah pakaian berdesain avant garde, minimalis dan berwarna putih lalu tata rambut sedemikian rupa. Beres, deh!

Warna Ngejreng Jadi Tren Fashion

Sumber foto: Den of Geek

Jangan ragu memakai baju dan aksesoris berwarna ngejreng! Di Afrika, penduduknya suka sekali memakai baju berwarna ngejreng seperti merah, kuning, hijau, oranye dan ungu karena sangat kontras dengan warna kulit mereka. Dengan memadu padankan pakaian sedemikian rupa, kamu juga bisa terlihat funky dalam balutan warna ngejreng!

Baca juga: “Lima Tren Fashion Aneh yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala”

Baca juga: “Xiaomi Amazfit Bip, Smartwatch Penggusur Apple Watch?”

Komentar Pengguna