Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Trend & Panduan

Pitch Invaders: Starter Pack Sederhana Berpakaian ala Hooligan Sepak Bola Modern

31 October 2017 | Aldo Fenalosa

Sepak bola adalah olahraga yang memiliki banyak aspek ikonik. Tidak hanya nama-nama besar tim sepak bola berikut para pemainnya.

Berbagai dimensi lain yang menjalar ke luar stadion seperti polah suporter dan serba-serbi pakaian juga tak kalah menarik untuk disimak. Karenanya, sepak bola dianggap sebagai satu kultur yang mendunia.

Suporter, meski teritori mereka ada di pinggir luar lapangan, mampu berkontribusi banyak pada kultur sepak bola. Pada gaya berpakaian misalnya, ada sejumlah ciri khas pakaian suporter bola yang diaplikasikan universal, terlebih gaya pakaian kasual ala para casual. Gaya berpakaian tersebut belakangan semakin digemari seiring lebih banyak para penggemar sepak bola lokal yang mengadaptasi paham casual ketika mendukung timnya di stadion.

Tampilan kelompok suporter ini agaknya sulit diidentifikasi ketika berada di luar stadion. Tidak ada balutan jersey warna-warni kebesaran di tubuh mereka. Sebaliknya, para casual justru memilih pakaian dari merek garmen ternama. Anda akan mudah mengenali orang-orang yang dimaksud ketika melihat sekelompok suporter mengenakan kaos polo, jaket, sepatu hingga kupluk berlogo Adidas, Fila, Champion, Burberry, ataupun Lacoste tengah berjalan memasuki stadion.

Para casual justru memilih pakaian dari merek garmen ternama seperti Adidas, Fila, Champion, Burberry, ataupun Lacoste saat hadir di stadion

Bukan tanpa alasan ketika mereka lebih memilih produk tekstil dari merek ternama alih-alih mengenakan jersey, syal dan beragam merchandise berbau tim sepak bola yang didukung. Casual sendiri adalah istilah rujukan pada mereka yang mengenakan pakaian ala orang biasa ketika berada di stadion demi menghindari diri dari kejaran aparat kepolisian saat terjadi kerusuhan antar suporter sepak bola.

Gelagatnya, pakaian kasual membantu mereka menghilang di kerumunan orang hingga tidak lagi terlacak pihak keamanan. Apalagi, kultur suporter sepak bola zaman lampau masih kerap dipenuhi percikan dan gesekan pemicu perkelahian antar pendukung masing-masing tim, khususnya di skena sepak bola Inggris. Tak jarang pula casual ditautkan dengan istilah hooligan.

Perilaku brutal masa lalu pada akhirnya mengalami pergeseran. Pertandingan sepak bola kini tidak lagi diselingi perkelahian antar hooligan dalam lingkup dan kuantitas yang masif. Namun, gaya berpakaian kasual tetap di hati para penggemar sepak bola. Nah, apa Anda ingin mencoba tampilan ini saat ke stadion nanti? Simak dulu starter-pack yang wajib dimiliki.

Tracksuit

Entah siapa yang memulai, tapi jaket tracksuit dari merek populer seperti Fila dan Champion begitu digemari para casual klub-klub Inggris pada era 70-an. Menurut situs Herald Scotland kegemaran akan pakaian ini didorong karena gempuran budaya pop di luar Britania yang bersinggungan dengan para suporter klub Inggris ketika mereka bertandang ke klub negara lain. Sepulangnya ke Inggris, para pendukung ini membeli beragam pakaian tracksuit yang hanya ada di segelintir kota seperti Roma, Madrid dan Paris.

Sneaker Klasik

Sepatu adalah bagian penting yang harus dikenakan para casual. Selain memberi kenyamanan yang lebih maksimal saat hilir mudik di stadion, sepatu juga merupakan simbol penghormatan. Para casual mengganggap stadion adalah sebuah tempat selayaknya tempat ibadah, karena itu tampil rapi dengan beralas sepatu merupakan bentuk penghormatan mereka. Salah satu sepatu yang jamak dikenakan kelompok suporter ini yakni Adidas Samba.

adidas Samba OG Shoes Sepatu Olahraga Pria [B75807]
Dari Rp 1.500.000 Terdapat sejumlah manfaat dari kegiatan olahraga, olahraga pun umumnya banyak dilakukan oleh kaum pria. Selain bisa menjaga bentuk tubuh, para pria juga bisa memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan serta menjaga kesehatan. Namun setiap jenis olah raga yang dilakukan tentu membutuhkan jenis sepatu olahraga yang berbeda. Pemilihan model dan tipe sepatu olahraga yang tepat pun akan memberikan dampak baik pada kesesuaian aktivitas olahraga tersebut. Bagi Anda yang sedang mencari sepatu olahraga pria, Adidas Originals Samba OG Shoes bisa menjadi pilihan yang tepat. Sepatu Bergaya Streetwise Adidas Originals Samba OG Sepatu Olahraga Pria merupakan sepasang sepatu warisan sejarah Adidas Originals. Sepatu ini mempunyai desain yang kembali ke ciri dasar gaya streetwise dan dirancang khusus untuk para pria. Bagian atasnya menggunakan kulit dengan overlay suede untuk menciptakan kembali tampilan dan sensasi original khas Adidas. Dilengkapi pula dengan detail eyelets dan neat stitching untuk menjadikan sepatu yang lebih kuat serta tahan lama. Terdapat label Adidas pada bagian lidah sepatu yang membuat sepatu lebih berkesan saat dikenakan, serta 3-stripes kulit sintesis pada bagian sampingnya. Sepatu Nyaman Untuk Olahraga & Penggunaan Sehari-Hari Selain itu, Sepatu Pria dari Adidas ini pun dirancang dengan outsole karet gom berpola guna memberikan kenyamanan ketika digunakan. Outsole tersebut juga tidak licin untuk menghindari Anda dari tergelincir. Sementara bagian insole sepatu mempunyai bantalan yang ideal untuk berolahraga ataupun penggunaan sehari-hari. Mengingat, sepatu dengan pijakan yang nyaman dapat meningkatkan mekanisme tubuh. Menariknya lagi, bagian tumit sepatu terbuat dari kulit sintesis disertakan furing kulit yang lembut, sehingga tidak menyebabkan lecet pada tumit kaki Anda.   Size Chart (Uk) : Size 6.5 (40)Panjang : 25 cm Size 7 (40 2/3)Panjang : 25.5 cm Size 7.5 (41 1/3)Panjang : 26 cm Size 8 (42)Panjang : 26.5 cm Size 8.5 (42 2/3)Panjang : 27 cm Size 9 (43 1/3)Panjang : 27.5 cm Size 9.5 (44) Panjang : 28 cm Size 10 (44 2/3)Panjang : 28.5 cm Size 10.5 (45 1/3)Panjang : 29 cm
adidas Samba OG Sepatu Olahraga Pria [B75806]
Dari Rp 1.600.000 Terdapat sejumlah manfaat dari kegiatan olahraga, olahraga pun umumnya banyak dilakukan oleh kaum pria. Selain bisa menjaga bentuk tubuh, para pria juga bisa memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan serta menjaga kesehatan. Namun setiap jenis olah raga yang dilakukan tentu membutuhkan jenis sepatu olahraga yang berbeda. Pemilihan model dan tipe sepatu olahraga yang tepat pun akan memberikan dampak baik pada kesesuaian aktivitas olahraga tersebut. Bagi Anda yang sedang mencari sepatu olahraga pria, Adidas Originals Samba OG Shoes bisa menjadi pilihan yang tepat. Sepatu Bergaya Streetwise Adidas Originals Samba OG Sepatu Olahraga Pria merupakan sepasang sepatu warisan sejarah Adidas Originals. Sepatu ini mempunyai desain yang kembali ke ciri dasar gaya streetwise dan dirancang khusus untuk para pria. Bagian atasnya menggunakan kulit dengan overlay suede untuk menciptakan kembali tampilan dan sensasi original khas Adidas. Dilengkapi pula dengan detail eyelets dan neat stitching untuk menjadikan sepatu yang lebih kuat serta tahan lama. Terdapat label Adidas pada bagian lidah sepatu yang membuat sepatu lebih berkesan saat dikenakan, serta 3-stripes kulit sintesis pada bagian sampingnya. Sepatu Nyaman Untuk Olahraga & Penggunaan Sehari-Hari Selain itu, Sepatu Pria dari Adidas ini pun dirancang dengan outsole karet gom berpola guna memberikan kenyamanan ketika digunakan. Outsole tersebut juga tidak licin untuk menghindari Anda dari tergelincir. Sementara bagian insole sepatu mempunyai bantalan yang ideal untuk berolahraga ataupun penggunaan sehari-hari. Mengingat, sepatu dengan pijakan yang nyaman dapat meningkatkan mekanisme tubuh. Menariknya lagi, bagian tumit sepatu terbuat dari kulit sintesis disertakan furing kulit yang lembut, sehingga tidak menyebabkan lecet pada tumit kaki Anda. Size Chart (Uk) : Size 6.5 (40)Panjang : 25 cm Size 7 (40 2/3)Panjang : 25.5 cm Size 7.5 (41 1/3)Panjang : 26 cm Size 8 (42)Panjang : 26.5 cm Size 8.5 (42 2/3)Panjang : 27 cm Size 9 (43 1/3)Panjang : 27.5 cm Size 9.5 (44) Panjang : 28 cm Size 10 (44 2/3)Panjang : 28.5 cm Size 10.5 (45 1/3)Panjang : 29 cm

Kaos Polo

Kaos polo tidak hanya populer pada olahraga tenis. Kaos berkerah ini juga kondang dikenakan para casual di Eropa saat era 80-an. Keberadaan kaos polo dipadankan dengan tracksuit atau parka. Selain mengakali cuaca dingin, kombinasi pakaian ini pun diandalkan untuk menyamarkan identitas mereka.

Parka

Parka sejatinya merupakan adaptasi dari budaya britpop yang memang kental di Inggris. Para penggemar britpop setali tiga uang dengan sepak bola. Di sanalah akulturasi terjadi, membuat parka berhasil blending dengan tampilan para casual di stadion. Pentolan Oasis, Noel dan Liam Gallagher juga turut memberi andil pada adaptasi gaya casual berparka ini.

Topi

Topi dan (terkadang) kupluk turut lazim dipakai para casual ketika berdatangan ke stadion. Sekali lagi, selain bermanfaat untuk melindungi kepala dari efek cuaca, benda ini mengaburkan perhatian pada mereka.

Komentar Pengguna