Trend & Panduan

Polusi Udara, Jangan Sampai Kulit Kamu Juga Ikut Menderita

06 August 2019 | Fanny Nur Andini

Polusi udara Jakarta kabarnya semakin parah, bukan hanya berbahaya untuk pernafasan, tapi bisa berakibat buruk ke kulit. Penyebab polusi udara di Jakarta utamanya adalah emisi kendaraan bermotor. Apalagi selama musim kemarau, kondisi ini akan terus berlanjut.

Di tengah tingkat polusi udara yang meningkat dan panas yang menyengat di musim kemarau, kita harus semakin menjaga kesehatan kulit. Memangnya kamu tega jika kulit kamu akan semakin kusam dan tidak sehat akibat polusi? Tidak perlu bingung harus mulai dari mana, mulai dulu dengan melakukan tahapan skin care atau perawatan wajah yang sederhana.

Untuk skin care wajah, salah satu kunci untuk mencegah wajah kusam adalah dengan tahapan cleansing alias membersihkan wajah yang menyeluruh. Salah satu tahapan yang populer adalah double cleansing, tapi ternyata dengan kondisi jalanan yang berdebu dan polusi udara di Jakarta serta kota besar lainnya, kita membutuhkan triple cleansing--membersihkan wajah dalam 3 tahap.

Membersihkan wajah dengan micellar water

Foto: Cosmpolitan Indonesia

Apa itu micellar water?

Micellar water adalah pembersih wajah cair yang berbahan dasar air, biasanya digunakan untuk membersihkan makeup dan mencuci muka. Sementara menurut Cassandra Banksong, beauty guru dari Youtube Skin Science, micellar water adalah air soft water yang terbuat dari purified water tanpa kandungan metal berat di dalamnya, serta telah ditambahkan micelles—partikel minyak sangat kecil yang berfungsi untuk bantu mengangkat minyak dan kotoran dari kulit kita. Micellar water jadi langkah pertama dalam membersihkan wajah. Ada 2 tipe produk pembersih wajah, satu untuk kulit normal dan satu lagi untuk kulit kering. Apa bedanya? Jika kamu punya kulit normal, maka kamu bisa pilih micellar water berbasis air. Sedangkan untuk kulit kering, kamu bisa menggunakan oil-based cleanser.

Jadi micellar water yang bagus dan cocok untuk kulit kita seperti apa?

Ternyata, micellar water itu lebih bagus dan cocok untuk orang berkulit kering karena bahan-bahannya yang ringan. Sementara micellar water untuk kulit berminyak, kamu harus deep cleanse dengan makeup remover milk dulu, setelah itu baru gunakan micellar water untuk melanjutkan tahap cleansing.

Mencuci muka dengan pembersih wajah atau facial wash/facial foam

Foto: Teman Cantik

Apa sih perbedaan facial wash dengan facial foam?

Facial wash hadir dalam bentuk gel dan cream, biasanya punya kandungan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit. Sementara facial foam hadir dalam bentuk krim lembut yang berbusa. Bedanya tergantung dari jenis kulit kita. Untuk facial foam punya fungsi mengontrol minyak di wajah dan mencerahkan--untuk kulit berminyak, sementara facial wash lebih berfungsi untuk melembapkan kulit--untuk kulit kering dan sensitif. Namun, fungsi utama keduanya adalah untuk mengangkat kelebihan minyak di kulit wajah sehingga kulit terasa kesat dan bersih.

Ada banyak produk pembersih wajah yang beredar di pasaran, baik di online maupun supermarket, tapi kamu harus memastikan kalau formula dari produk yang kita pakai sesuai dengan kulit kita ya. Micellar water memang mengangkat kotoran yang ada di permukaan wajah, tapi untuk lebih bersih kita harus mencuci muka dengan facial wash dan membasuhnya dengan air. Begitu juga untuk mengangkat kosmetik, tidak cukup hanya dengan facial wash/facial foam, harus didahului dengan micellar water.

Membersihkan sisa debu dengan toner

Foto: Harpers Bazaar Indonesia

Dua langkah memang terasa sudah cukup, tapi buat kamu yang setiap hari terpapar sinar matahari dan polusi udara, kamu butuh 1 langkah lagi untuk memastikan kulit kamu memang sudah bersih. Toner sendiri ada 2 jenis yakni exfoliating toner dan hydrating toner. Hydrating toner punya fungsi untuk menghidrasi kulit sehingga lebih lembap, cocok untuk kulit kering. Sedangkan exfoliating toner punya fungsi menetralkan pH wajah setelah mencuci muka dan juga membersihkan minyak berlebih serta pores alias komedo. Gunakan toner dengan kapas dan usap di kulit wajah dan leher kamu. Ohya, gunakan porsi toner secukupnya, jangan terlalu basah ya karena justru tidak akan mengangkat sempurna.

Toner sendiri biasanya berbasis air dan mengandung bahan-bahan aktif yang fungsinya bukan hanya membersihkan, tapi menenangkan kulit serta mengurangi dark spots pada wajah. Toner juga penting untuk mempersiapkan kulit kamu ke perawatan wajah dan serum, ya sehingga kandungan skin care lanjutan lebih terserap dengan baik.

Selain melakukan triple cleansing, kamu juga harus menjaga kesehatan dengan makan-makanan yang sehat, minum banyak air putih, dan mengkonsumsi berbagai buah serta vitamin C. Bukan hanya itu, kamu juga berikut tips untuk menjaga kulit wajah selain membersihkan wajah dengan rutin:

  • Hindari menggunakan kosmetik berat terlalu sering
  • Kurangi makanan pedas dan berlemak karena bisa memengaruhi kondisi kulit wajah
  • Stay hydrated, alias selalu minum air putih dan juga makan sayur serta buah
  • Batasi kulit dari sinar matahari langsung, jangan lupa gunakan sunblock/sunscreen dengan SPF yang sesuai serta perlengkapan tambahan seperti topi/kacamata hitam.

Gimana, kamu sudah praktekkan belum? :)

Komentar Pengguna