Sepatu Crocs Kembali Populer, Rahasianya? Stay Ugly!

28 November 2017 | Theresia Clara

Sepatu Crocs model clog yang sering diejek orang ternyata tetap menjadi pilihan pelanggan setia Crocs hingga saat ini.

Ada yang mencaci, ada pula yang memuji. Perdebatan mengenai sepatu Crocs tidak ada habisnya, namun namanya fashion, tidak mungkin sesuai dengan selera semua orang. Sepatu Crocs hadir sejak tahun 2002, menyambut dunia dengan desain sepatu yang tidak biasanya. Model sepatu Crocs sangat unik, bagian depannya melebar dan bolong-bolong mirip moncong buaya. Tidak banyak orang Indonesia yang tahu kalau model sepatu Crocs ini terinspirasi dari clog, sepatu yang sering dipakai oleh petani Belanda. Bedanya, clog terbuat dari kayu (dan tidak bolong) sementara sepatu Crocs terbuat dari karet. Lama-kelamaan, sepatu Crocs pun terkenal di Indonesia dan sering dipakai oleh orang. Awalnya menganggap sepatu Crocs jelek, tapi semakin dilihat kok keren juga, ya? Hehe!

Clog Belanda, gambar diambil dari AESU.com

Pada tahun 2008, penjualan sepatu Crocs menurun drastis sehingga mereka terpaksa menutup banyak toko dan memberhentikan sekitar 2.000 karyawan. Beberapa tahun kemudian, Crocs Indonesia berusaha bangkit dengan memproduksi rangkaian sepatu Crocs wanita dan pria seperti wedges, sandal jepit, sneakers hingga high heels. Dengan aneka desain sepatu baru, sepatu ikonik Crocs yang bermodel clog pun terlupakan.

Ternyata, dari dulu hingga saat ini, sepatu Crocs yang disebut-sebut jelek itulah yang paling laris terjual!

Nah, baru-baru ini merek tersebut menggandeng desainer Christopher Kane untuk mendesain sepatu Crocs wanita yang bermodel clog agar lebih gaya.

Gambar diambil dari Racked

Gambar diambil dari OhMyGosh

Mengapa Crocs memutuskan untuk kembali mempromosikan sepatu ikonik mereka? Ternyata, dari dulu hingga saat ini, sepatu Crocs yang disebut-sebut jelek itulah yang paling laris terjual! Sekarang, sebagian besar orang sangat mengedepankan kenyamanan dan suka bergaya klasik sehingga sepatu Crocs wanita dan pria sering menjadi pilihan.

[Baca juga: “Dulu Sering Dianggap Jelek, Kini Crocs Menginjak Fashion Runway”]

Sepatu Crocs ini sangat populer di kalangan anak sekolah, atlet dan milenial. Kabarnya sih, mereka suka memakai sepatu Crocs sebelum dan setelah berolahraga karena nyaman, ringan, mudah dicuci dan dapat dipakai ketika mandi agar tidak jatuh. Hal ini terbukti dengan meningkatnya keuntungan perusahaan tersebut sebesar 54% dalam kuarta terakhir, terutama saat masa-masa kembali ke sekolah.

Gambar diambil dari socialbauru.com.br

Ada pula yang memborong sepatu Crocs karena teringat akan masa kecil mereka. Kalau dulu mereka hanya memiliki sepatu Crocs berdesain unisex, sekarang mereka bisa memiliki sepatu Crocs wanita dan pria, plus edisi desainer papan atas. Tidak selamanya sesuatu yang ‘jelek’ itu tidak populer, buktinya Crocs selamat berkat sepatu ikonik mereka!

Komentar Pengguna