Trend & Panduan

Insights

Teknologi

Produk Terbaik

iPrice Deals

Fashion & Kecantikan

Gaya Hidup

Keluarga & Anak

Produk

Kupon

Produk
Kupon
Trend
Wishlist
Hemat Sekarang!
Kategori
×
×
Keinginan Anda akan kami penuhi!
Pantau terus dan jadilah yang pertama memakai wishlist kami:
Wishlist adalah catatan belanja yang bermanfaat, dijamin!
Trend & Panduan

Usaha Bata Menarik Hati Kids Zaman Now, Apakah Kamu Terpincut?

13 November 2017 | Theresia Clara

Bata kini sudah mengubah image mereka demi menarik hati kids zaman now. Apakah mereka berhasil?

Merek Bata sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Sebagai salah satu merek sepatu tertua di Indonesia, hingga sekarang masih ada orang yang tidak tahu kalau Bata justru produk luar negeri. Penduduk negara lain mungkin berpikiran sama karena Bata memiliki struktur manufaktur internasional sehingga mampu menjawab kebutuhan unik para penduduk lokal. Bata sebenarnya merek sepatu dan sandal dari Cekoslowakia, didirikan oleh Tomáš Bata pada tahun 1894.

Di Indonesia, alas kaki dijual oleh PT Sepatu Bata Tbk yang pertama kali melayani konsumen mulai tahun 1939. Hingga awal tahun ‘90an, memakai sepatu dan sandal Bata adalah sebuah kebanggan karena dianggap sebagai alas kaki branded. Harga sepatu dan sandal Bata saat itu tidak terbilang murah. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak merek sepatu internasional masuk ke Indonesia sehingga lambat laun Bata pun terlupakan. Coba kamu tanyakan kids zaman now, apakah mereka memiliki sepatu atau sandal Bata? Apakah mereka pernah masuk ke toko Bata? Apakah kamu sendiri mau memakai sepatu Bata?

...Bata ingin menghapus kesan sepatu murahan di mata kids zaman now.

Pada bulan Juni 2017 lalu, website Marketeers.com mengumumkan kalau penjualan Bata kuartal pertama tahun 2017 ini berfokus pada kids zaman now. Dalam kuartal pertama tahun ini, penjualan merek tersebut mencapai 200 miliar rupiah, naik sedikit dibanding tahun lalu yang berjumlah 198,3 miliar rupiah. Peningkatan itu terjadi berkat penerapan aneka strategi baru. Salah satunya yakni mengubah brand image demi menarik konsumen anak-anak, kaum milenial, dan wanita.

Gambar diambil dari www.techlife.co.id

Beberapa usaha nyata yang dapat kamu lihat adalah sepatu dan sandal Bata yang selalu mengikuti tren jaman fashion kids zaman now, mengeluarkan sepatu sekolah berdesain ciamik serta menjual sepatu, sandal dan tas merek Marie Claire. Kalau dulu Bata identik sebagai sepatu dan sandal untuk orangtua, sekarang kids zaman now dapat menemukan sepatu brogue, Oxford, moccasin, sneakers dan sandal trendi lainnya di Bata. Tidak hanya itu, Bata juga mengubah tampilan outlet dan website mereka sehingga bergaya minimalis dan modern! Bahkan, Bata telah melakukan inovasi konsep outlet yang bernama “Zeus & Angela One” demi menarik hati kids zaman now. Wuiiih, keren, ya? Seperti nama pesawat ruang angkasa, hehe! Konsep ini sudah ada di dua outlet Bata.

Menurut Imran Malik, Direktur Presiden PT Sepatu Bata, Tbk., Bata akan terus membuka outlet dengan konsep baru dan merenovasi toko-toko yang memiliki potensi pasar bagus. Di sisi lain, mereka juga tidak segan untuk menutup toko jika memang sudah tidak bisa dipertahankan. Selain Marie Claire, masih ada beberapa merek baru yang bernaung di bawah Bata seperti Naturalizer, North Star, Weinbrenner dan Power. Melalui strategi ini, Bata ingin menghapus kesan sepatu murahan di mata kids zaman now. Sementara itu, kids zaman now yang duduk di bangku sekolah sepertinya sudah terpincut dengan sepatu Bata. Seperti yang dilansir dari website mediaindonesia.com, penjualan sepatu sekolah Bata hingga saat ini menguasai 10% pangsa pasar di perkotaan dan paling populer setiap tahun ajaran baru.

Gambar diambil dari www.mediaindonesia.com

Bagaimana dengan kamu? Sepatu Bata dan sandal Bata memang tidak berharga sejutaan tapi nyaman, modis dan pastinya bersahabat di kantong. Memakai sepatu dan sandal Bata bukan berarti tidak mampu, tapi menjadi kids zaman now yang cerdas saat belanja, terutama jika kamu belum bekerja.

Komentar Pengguna