Trend & Panduan

7 Peralatan Hiking yang Wajib Dimiliki Para ‘Hikers’ Pemula

26 October 2017 | Guggy Yusuf Pratama

Baru memulai hobi hiking sekarang? Sebelum itu ketahui dulu peralatan apa saja yang wajib kamu punya dan bawa.

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau kekayaan alam Indonesia sangatlah melimpah. Dimulai dari pantai dan laut hingga kepada hutan dan gunung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Semua tempat itu menjadi tempat tujuan wisata para turis internasional dan turis lokal.

Beberapa tahun terakhir berlibur ke daerah pegunungan sedang banyak diminati. Baik itu para pendaki yang sudah sering atau profesional atau pun pendaki yang baru memulai. Yah kebanyakan sih para pemula dan masih kurang mengerti dengan yang dinamakan hiking.

Bahkan mereka itu sering juga melakukan pendakian ‘nekat’ tanpa pengetahuan lebih. Padahal hiking atau mendaki gunung bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Diperlukan juga persiapan yang sangat matang untuk mendaki terutama gunung-gunung di Indonesia. Tidak hanya persiapan fisik dan mental saja, tapi juga persiapan peralatan untuk melakukan hiking.

Pemandangan terindah ada setelah pendakian yang berat

Maka dari itu, kami ingin memberi sedikit pengetahuan untuk kamu-kamu yang baru memulai hobi hiking. Barang-barang dan peralatan apa saja yang kamu perlukan untuk mendaki gunung agar kamu selalu aman. Inilah beberapa peralatan penting untuk hiking.

Sepatu Hiking

Sebelum mendaki gunung, pastikan dulu kamu memiliki sepatu khusus hiking dan bukannya sepatu biasa yah. Karena sepatu hiking itu memiliki kelebihan-kelebihan yang akan membuat perjalanan mendaki gunung kamu lebih lancar. Contohnya seperti daya mencengkeram yang tinggi, tahan terhadap berbagai cuaca dan juga melindungi kaki kamu secara maksimal.

Tas Gunung (Carrier)

Peralatan yang satu ini “wajib” hukumnya untuk kamu miliki untuk hiking. Pilihlah tas gunung yang tahan air dan ergonomis, mampu memuat banyak barang tetapi tidak “makan tempat”. Tas gunung berwarna cerah akan membuat Anda mudah terlihat saat berada di hutan.

Air Cadangan

Mendaki gunung bukan hal yang mudah dan tentu saja kamu memerlukan banyak air agar tidak dehidrasi. Walaupun banyak tersedia ‘air alam’ di sana, namun akan lebih baik kalau kamu membawa air cadangan sendiri.

Makanan Cadangan

Usahakan untuk membawa makanan lebih dari cukup. Kami menyarankan untuk membawa makanan tambahan untuk satu hari. Jika total waktu Anda mendaki kira-kira dua hari, bawa makanan untuk tiga hari. Lebih baik lagi kamu membawa makanan yang mudah diolah sewaktu-waktu.

Baju Cadangan dan Jas Hujan

Setiap kali naik gunung, selalu sediakan jas hujan atau pun ponco. Selain untuk melindungi tubuh dari siraman hujan, jas hujan juga bisa berfungsi menahan terpaan angin dan suhu dingin. Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat sekaligus cepat kering.

Matras dan Sleeping Bag

Idealnya, kamu membawa sebuah tenda sih. Tapi, jika tenda dirasa terlalu ribet, perlengkapan minimal yang harus kamu bawa adalah matras dan kantong tidur. Keduanya akan melindungi sekaligus membuat tidur kamu lebih nyaman – meski tak senyaman tidur di hotel, pastinya.

Perlengkapan Serba Guna: Pisau, Korek Api, Dll

Gunakan pisau lipat yang multi fungsi. Kamu juga pasti akan membutuhkan korek api untuk membuat perapian, entah untuk memasak, menghangatkan badan, atau melindungi diri dari ancaman hewan liar. Senter combo bertenaga surya dan baterai high-durability juga sebaiknya Anda bawa. Pilih senter headlamp yang lebih praktis.

Itu saja beberapa peralatan penting yang ‘wajib’ kamu bawa sebelum melakukan hiking. Pastikan juga kamu siap secara fisik dan mental yah!

Komentar Pengguna