Trend & Panduan

Daftar Wajib 9 Peralatan Mendaki saat Pertama Kali Naik Gunung

11 July 2018 | Aldo Fenalosa

Dengan peralatan mendaki ini, tidak akan ada beda pecinta alam senior dengan anak gunung pemula.

Aktivitas naik gunung belakangan jadi salah satu pilihan menarik untuk hangout bersama teman-teman tongkrongan. Banyak orang mengatakan bahwa gunung adalah tempat yang ideal untuk menelanjangi sebuah jalinan pertemanan. Intensitas bra-bre-bro (atau sab-seb-sob) yang dilontarkan dalam keseharian bersama teman-teman tongkrongan akan terasa realitas nilainya ketika mendaki gunung.

Selain itu, rekreasi hiking ke gunung juga bisa memperkaya wawasan terhadap panorama alam yang indah-indah. Wawasan ini pun dapat digunakan untuk aktualisasi feed Instagram agar terlihat lebih indah. Semakin indah, semakin banyak likes dan followers, harapannya begitu, kan?

Tapi, bagaimana kalau naik gunung adalah aktivitas yang baru akan kamu coba untuk pertama kalinya? Pengalaman belum ada, peralatan mendaki gunung apalagi. Daripada terjebak dalam spekulasi keparnoan yang menyurutkan niat naik gunung, lebih baik kamu memantapkan persiapan dengan menyediakan sejumlah peralatan mendaki di bawah ini.

Sepatu Hiking

Camel Frandeli - Genuine Leather - Sepatu Boots Pria Work & Klasik Boot Kulit Asli Original Cordovan Dari Rp 395.000 Selamat datang di Frandeli Official Shop Untuk koleksi sepatu lainnya silahkan kunjungi toko kami dan cek kategori produk ----------------------------------------------- Banyak bertebaran produk yang sama atau Poto hasil Copas dari Toko kami. Tapi kami adalah Sales Distributor Resmi GDNS Di Shopee Indonesia Jadi keaslian produk kita Jamin 100% Original. Hati-hati Produk Replika. Material : Kulit Asli Crazy Horse Out Sole : Fibram Sole Berkualitas Insole/Alas : PVC Nyaman saat diinjak Ukuran : 39 s/d 44 Fiishing rapih, kualitas original, harga murah dan tentunya pasti nyaman saat dipakai Sekedar Catatan : 1. Jika bingung masalah ukuran silahkan sesuaikan saja dengan sepatu yang biasa dipakai. Karena sepatu ini dibuat dengan menggunakan ukuran standar Indonesia 2. Jangan lupa untuk mencantumkan ukuran dan warna yang dipesan dikolom keterangan. Misal : Hitam 41. Jika di Variasi tidak ada pilihan Ukuran, Silahkan konfirmasi ke admin kami melalui fitur Chat/Pesan 3. Pengiriman : a. Pengiriman setiap hari Senin s/d Minggu b. Batas konfirmasi pesanan setiap hari sampai pukul 16:30 WIB. Lewat dari jam tersebut kami proses keesokan harinya. c. Pengiriman dilakukan setiap malam mulai pukul 20:00 s/d Selesai. d. Resi Otomatis (JOB) atau paling lambat H+1 e. Jika status sudah berpindah ke Sedang Dikirim atau Dikirim harap bersabar menunggu dan selalu konfirmasi pesanan sudah diterima atau belum. f. Untuk informasi lainnya silahkan hubungi kami via chat Masih ragu belanja di Frandeli Official Shop? Official Shop adalah akun berlabel merah yang terakreditasi Shopee Indonesia karena Pelayanan, Rating Dan Penjualannya yang tinggi. Selamat Berbelanja Shopeeholic

Fungsi paling dasar sepasang sepatu adalah untuk melindungi kaki dari segala hal yang berpotensi merusak, melukai, melumpuhkan, ketika bersentuhan dan berjalan di berbagai medan. Tapi karena permukaan medan pegunungan cenderung lebih sukar dibandingkan jalanan perkotaan yang dilalui sehari-hari, maka sepatu yang dipakai tidak bisa sembarangan. Sepatu hiking yang punya alas empuk, waterproof, grip tebal dan anti slip merupakan modal yang ideal untuk menjajal medan pendakian di alam liar.

Matras Camping

Terkadang, orang-orang menghindari aktivitas mendaki gunung karena menganggap kegiatan itu hanya menyiksa diri. Misalnya kualitas tidur yang tidak maksimal karena tidak beralas kasur empuk seperti di rumah. Padahal, kualitas tidur saat kemping di gunung juga bisa dimaksimalkan jika kamu punya matras camping yang empuk. Dengan beralaskan matras ini, permukaan tanah yang dingin dan tidak mulus bisa diatasi.

Tas Carrier

carrier Tas Gunung / 70 Liter PALAZZO 36147 Original Dari Rp 185.000 Cek Barang Promo Di Website Kami riung-adventurecom Cek Video Produk Lengkap Di Channel Youtube RIUNG ADVENTURE Semua Gambar Real Picture / Foto Asli 100%. Barang Yang Ada Di Foto Adalah Barang Yang Dijual, Warna Sesuai Iklan SELAMA MASIH TAMPIL BERARTI READY STOK, SILAHKAN LANGSUNG TRANSAKSI BONUS STIKER Selama Persediaan Masih Ada Palazzo 36147 Tas Gunung / Carrier / Keril 70 Liter Info Tas : Bahan : Polyester 300D Mix 1680D Jahitan Punggung Kuat, Double Support. Ukuran 70 Ltr 70X30X25 Cm Ada Handle Samping (Bisa Dijinjing) Ada Raincover. Ada Tali Dada Dan Tali Pinggang > 100% Original > Desain Yg Modis Dan Trendi Cocok Digunakan Untuk Traveling Welcome Dropship & Reseller Toko Offline Berlokasi di Jakarta Barat Bisa di search di Google Maps dengan kata kunci RIUNG ADVENTURE Batas ORDERAN di Kirim Di Hari Yang Sama JNE : Jam 15.00 WIB (Sabtu Jam 12.00WIB) POS : Jam 13.00 WIB (Sabtu Jam 10.00 WIB) GOJEK : Jam 13.00 WIB Ninja Express/ JNT/ Lainnya : Jam 12.00 (Sabtu Jam 10.00 WIB) JABODETABEKKAR Order Pakai JNE Saja YA, Order Pakai POS Kilat Khusus Biasanya Lama Jadi tetap Kami Kirim JNE Tanpa Konfirmasi Minggu dan Tanggal Merah Tidak Ada Pengiriman RESI DIINPUT H+1 Setelah Pengiriman, Please No Complaint :) Tidak Perlu Bertanya Barang Sudah Dikirim Belum / Barang Saya Dikirim Kapan, Bisa DIcek Di Deskripsi Ini... Semua Barang Kondisi Baru dan Bagus Sesuai Spec, Kerusakan Dalam Pengiriman Tanggung Jawab Pembeli Jika Terjadi Retur Salah Kirim/Rijek Ongkos Kirim Dari Pembeli Ditanggung Pembeli Kirim Ulang Kami Tanggung Tidak Ada Keterangan Size/Warna dikirim RANDOM Sesuai Stok Aja Buat Dropshipper HARUS Kasih Keterangan Dropship Oleh....nama toko kamu ,,,,HP) MEMBELI BERARTI SETUJU, TOLONG JANGAN KOMPLAIN YA! Riung Adventure ::: CEPAT , LENGKAP , PROFESIONAL

Tas carrier punya posisi yang sangat vital untuk aktivitas mendaki gunung. Tanpa tas tersebut, kamu tentu tidak bisa membawa segala macam kebutuhan dari mulai berangkat sampai pulang. Karena berfungsi sebagai media penyimpanan, maka durabilitas adalah aspek yang cukup krusial. Idealnya, tas carrier sebaiknya juga punya kapasitas yang sesuai dengan jumlah barang yang akan dibawa.

Memilih tas carrier berukuran kecil hanya akan membuat kepala mumet jika barang yang dibutuhkan nyatanya melebih kapasitas tas itu. Cuac a yang tidak menentu di gunung juga mesti diperhatikan karena sedikit banyak dapat mengancam isi tas. Tapi beruntung, seiring kemajuan teknologi sekarang, tas carrier mendaki gunung hadir dengan pilihan waterproof.

Tenda Camping

Selayaknya fungsi rumah, tenda camping juga berguna sebagai tempat berlindung dan beristirahat dengan nyaman tanpa perlu memikirkan apa yang terjadi di luarnya. Ada banyak ukuran, bentuk, dan jenis tenda camping yang beredar di pasaran. Tapi kalau ingin kenyamanan maksimal, tenda yang ideal mesti dibuat dari bahan berkualitas yang bisa menahan panas, hujan, bahkan harus mampu tahan dari orang-orang yang tidurnya lasak.

Sleeping Bag

Akan nikmat rasanya jika tidur beralas kain yang empuk dan hangat setelah sebelumnya mendaki jauh melewati medan terjal di gunung. Meski udara di gunung jadi sangat dingin ketika malam hari, tapi dengan bersarung sleeping bag kamu tetap bisa merasakan kehangatan seperti di dalam kamar sendiri.

Sleeping bag umumnya dibuat dari bahan pengurung panas seperti material down dan chemical fiber dan punya sistem kerja menyerupai selimut. Tapi, sebaiknya pilih kantong tidur yang berbobot ringan agar kamu tidak terbebani membawanya ke atas gunung.

Jaket Outdoor

Manusia umumnya tidak dapat bertahan lama pada suhu dingin. Makanya, jaket outdoor yang menghadirkan kehangatan sangat penting dibawa ketika mendaki gunung. Selain memberi kehangatan, jaket outdoor juga melindingi kulit dari matahari terik di atas gunung. Jaket outdoor untuk hiking zaman sekarang juga punya desain yang menarik sehingga dapat memperindah penampilan saat ingin selfie bersama rekan pendaki.

Jas Hujan

Gunung kan tidak bisa ditebak, ya… Sebentar-sebentar ada awan mendung melintas di atas kepala kita. Sebentar-sebentar matahari menyorot kita dengan teriknya. Tapi tak ada yang tahu juga kalau tiba-tiba hujan turun pada satu titik dan kita kocar-kacir mencari tempat berteduh. Kamu tidak perlu panik menghadapi situasi itu jika jas hujan telah membalut tubuh. Malah, pendakian di bawa guyuran hujan tetap bisa dilanjutkan jika semua orang mengenakan jas hujan.

Nesting Makan & Kompor Portabel

Pernah membayangkan bagaimana caranya agar tetap leluasa mengatasi masalah perut (alias lapar) di atas gunung? Nesting dan kompor adalah kuncinya.

Nesting yang punya kelengkapan sebagai penanak nasi, piring, wajan penggorengan, hingga memasak air berpadu dengan kompor untuk menunaikan masak-memasak. Dua peralatan ini sengaja dibuat kecil dan portabel agar mudah dibawa ke mana-mana, termasuk untuk mendaki.

Komentar Pengguna