Trend & Panduan

Tips Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Secara Tuntas

04 April 2019 | Angga Permana

Bau mulut memang bisa menganggu aktifitas kita sehari-hari, bahkan bisa bikin kita minder alias nggak percaya diri, mau tau tips ampuh untuk menghilangkannya?

Bau mulut? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan mulut atau nafas yang ditimbulkan dari mulut seseorang menjadi tidak sedap atau bau. Faktor utamanya memang bisa diakibatkan dari kesehatan mulut si penderita atau bahkan bisa juga karena masalah lambung.

Kesehatan mulut sangatlah penting dijaga, banyaknya bakteri dan mikroba pada mulut menimbulkan aroma yang tidak sedap, jarangnya menggosok gigi setelah makan atau sebelum tidur menjadi penyebab utama mikroba dan bakteri bersarang di mulut. Selain itu, gusi berdarah pun menjadi salah satu faktor penyebab bau mulut. Gigi berlubang pun menjadi salah satu alasan timbulnya bau di mulut karena banyak sisa makanan yang menempel di gigi berlubang tersebut.

Sumber Gambar: Shutterstock

Masalah pada lambung pun menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan nafas seseorang menjadi berbau. Berikut ini ada beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut secara tuntas:

  • Menggosok lidah
  • Menggosok gigi dengan pasta gigi
  • Berkumur dengan obat kumur
  • Tambal Gigi berlubang
  • Rutin menjaga kesehatan lambung

Menggosok Lidah

Sumber Gambar: Shutterstock

Lidah menjadi salah satu anggota tubuh terpenting di dalam mulut yang berfungsi untuk mengecap rasa. Mikroba dan bakteri akan bersarang pada lidah jika tidak dibersihkan secara rutin, semakin banyaknya bakteri yang menumpuk di lidah akan menimbulkan bau yang tak sedap. Lidah perlu disikat 2 kali sehari bersamaan dengan menggosok gigi, gunakan sikat gigi bertekstur lembut dan sikatlah lidah perlahan-lahan agar tidak menimbulkan iritasi. Kotoran akan keluar Bersama ludah yang telah dibersihkan.

Menggosok Gigi dengan Pasta Gigi

Sumber Gambar: Shutterstock

Menyikat gigi memang selalu dipercaya menjadi salah satu hal terpenting dalam membersihkan gigi dari banyaknya mikroba dan bakteri yang menempel di permukaan gigi. Sikatlah gigi dengan pasta gigi ber-flouride untuk hasil yang lebih maksimal. Jenis pasta gigi deep clean gel seperti Colgate bisa kamu jadikan referensi untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di gigi. Sikatlah gigi dengan gerakan vertikal dan sedikit memutar untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jangan menyikat gigi dengan keras karena dapat menimbulkan gusi berdarah, sikatlah secara perlahan.

Berkumur dengan Obat Kumur

Sumber Gambar: Shutterstock

Berkumur dengan garam memang menjadi salah satu cara tradisional untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut. Jika kamu tidak suka dengan rasa asin yang ditimbulkannya, kamu bisa mencoba berkumur dengan obat kumur seperti obat kumur Betadine, Listerine, ataupun Colgate. Dengan rutin berkumur setelah menyikat gigi, kotoran di dalam mulut akan hilang.

Menambal Gigi Berlubang

Sumber Gambar: Shutterstock

Selalu periksakan gigimu secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Gigi berlubang menjadi salah satu faktor yang membuat mesehatan mulutmu terganggu, sehingga timbul bau mulut yang diakibatkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika terdapat gigi yang berlubang, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk dilakukan penambalan.

Menjaga Kesehatan Lambung

Sumber Gambar: Shutterstock

Lambung yang kosong akan terasa perih dan menimbulkan gas asam lambung yag bisa naik ke mulut. Akibatnya, nafas yang ditimbulkan akan menjadi bau dan tidak sedap. Contohnya saja, saat berpuasa lambung menjadi kosong karena tidak adanya asupan makanan selama berjam-jam dan menimbulkan nafas yang tidak sedap. Jika kamu sedang tidak berpuasa, makanlah makanan yang sehat dan bergizi serta tidak berbau tajam agar lambungmu tetap terisi dan nafas tidak berbau.

Komentar Pengguna